10 Soft Skill ini Wajib Dimiliki Oleh Seorang Leader

Selamat siang untuk para pembaca setia TOG Indonesia, Pada hari ini, kita akan membahas 10 Soft Skill ini Wajib Dimiliki Oleh Seorang Leader

Yuk mari kita cari tahu apa saja 10 soft skill tersebut.

––

Kompetensi merupakan kombinasi antara ketrampilan (skill), atribut personal, dan pengetahuan (knowledge) yang tercermin melalui perilaku kinerja (job behavior) yang dapat diamati, diukur dan dievaluasi.

Kompetensi juga merupakan faktor penentu keberhasilan kinerja.

Kompetensi terbagi dua, yakni soft competency dan hard competency.

Soft competency merupakan kompetensi yang berkaitan erat dengan kemampuan untuk mengelola proses pekerjaan, hubungan antar manusia serta membangun interaksi dengan orang lain

sedangkan

Hard competency  adalah kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktifitas pekerjaan sesuai dengan jabatannya masing-masing

Contoh dari hard competency yang berkaitan dengan seluk beluk teknis yang berkaitan dengan pekerjaan yang ditekuni.

Misal : electrical engineering, accounting skills, marketing research, dll.

Kompetensi Manajerial (soft competency) adalah jenis kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan untuk mengelola pekerjaan dan membangun interaksi dengan orang lain.

Misal : problem solving, leadership, communication, dll

––

10 Soft Skill ini Wajib Dimiliki Oleh Seorang Leader

Seorang leader memiliki peran krusial untuk memimpin timnya dan dituntut memiliki kompetensi yang mumpuni. Kompetensi tersebut baik hard skill maupun soft skill.

Leader dalam satu perusahaan tidak melulu seorang Manager, akan tetapi juga termasuk Group Leader, Supervisor, Section Head, Superintendent dan lainnya yang jelas memiliki anak buah.

Di bawah ini adalah 10 soft skill ini wajib dimiliki oleh seorang leader :

#1 : Inisiatif

Kecakapan untuk menjalankan inisiatif perbaikan mutu kerja tanpa harus diperintah; bersikap proaktif dan memiliki self-motivation yang tinggi untuk menuntaskan pekerjaan; serta cakap dalam mengajukan usulan/masukan untuk peningkatan mutu kerja.

#2 : Leadership

Kecakapan untuk menetapkan dan mengkomunikasikan sasaran kerja tim, mengelola dan membagi sumber daya tim secara efektif; serta melakukan monitoring dan arahan agar sasaran kinerja tim dapat tercapai secara optimal. Cakap dalam memberikan motivasi dan membina kemampuan anggota tim menuju level kompetensi yang makin unggul.

#3 : Orientasi pada Kualitas Kerja Prima

Kecakapan untuk mengerjakan tugas dengan tuntas, tepat waktu dan dengan mutu hasil pekerjaan yang prima atau sesuai, bahkan diatas standar mutu yang telah ditetapkan.

#4 : Kemampuan Memecahkan Masalah

Kecakapan untuk menganalisa masalah, mengidentifikasi sumber penyebab masalah dan hubungan antar berbagai faktor masalah; dan kemudian merumuskan alternatif solusi yang relevan dan aplicable.

#5 : Perencanaan Kerja

Kecakapan untuk menyusun perencanaan kerja secara sistematis dan terjadwal dengan baik; melakukan alokasi sumber daya berdasarkan hasil perencanaan; serta melakukan monitoring untuk memastikan rencana kerja dapat berjalan dengan efektif.

#6 : Kerjasama

Kecakapan untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak yang terkait; merumuskan tujuan bersama dan berbagi tugas untuk mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan; serta saling menghargai pendapat dan masukan guna peningkatan kinerja tim.

#7 : Negotiation Skills

Kecakapan untuk merumuskan dan mengkomunikasikan tawaran kebutuhan perusahaan kepada mitra negosiasi; melakukan persuasi disertai dengan data dan argumen yang solid agar kepentingan perusahaan dapat dipenuhi oleh mitra negosiasi; serta mampu membangun hubungan bisnis yang win-win.

#8 : Learning Skills

Kecakapan untuk melakukan proses pembelajaran aktif – baik secara mandiri ataupun berkelompok; menunjukkan minat yang memadai untuk terus mengembangkan ketrampilan diri; dan proaktif dalam melakukan sharing knowledge diantara sesama karyawan.

#9 : Mentoring and Developing Others

Kecakapan untuk merumuskan agenda pengembangan untuk para anggota (anak buah); melakukan pembinaan dan monitoring untuk melihat peningkatan ketrampilan anggota; dan mampu memberikan masukan/saran yang konstruktif untuk pengembangan kompetensi anggota.

#10 : Communication Skills

Kecakapan untuk mengutarakan pikirannya (baik secara lisan ataupu tertulis) dalam bahasa yang sistematis, jelas dan mudah dipahami oleh mitra bicara. Mampu menerima dan merespon pembicaraan dari pihak lain dengan baik.

––

Baca juga:

– Kalimat Terlarang di Hadapan Boss

– Tanda-tanda Lowongan Kerja Palsu

– Tips Membuat CV Untuk Yang Baru Lulus Kuliah

––

Sekian untuk artikel hari ini semoga bermanfaat untuk anda semua, PT TOG Indonesia masih terus membuka lowongan kerja untuk di bidang IT, apabila berminat anda bisa mengunjungi website kami dan langsung apply CV disana.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

TOG Indonesia

(Visited 79 times, 1 visits today)