Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris

interview
Momen wawancara merupakan momen yang ditunggu para job seeker. Di era zaman “now” wawancara tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia, tidak jarang wawancara menggunakan bahasa inggris.

Alih-alih menjawab pertanyaan dengan tepat, karena grogi bisa jadi jawaban para job seeker melenceng dari yang ditanyakan oleh recruiter. Dengan adanya artikel ini bisa diharapkan bisa menjadi kisi-kisi pertanyaan yang ditanyakan oleh recruiter, jadi bisa kamu persiapan jawabannya. Check it out……

1. “Please introduce yourself”
Biasanya ini adalah pertanyaan pertama para recruiter untuk para job seeker. Bukan hanya tentang nama, tempat dan tanggal lahir. Pertanyaan ini cenderung menanyakan tentang latar belakang pendidikan serta kelebihan kita.

2. “What is your motivation applying here?”
Disini recruiter ingin mengetahui mengapa kamu tertarik melamar di perusahaan tersebut. Jawab saja dengan singkat dan jelas tentang motivasimu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

3. “Do you have any ambitions in your life that you want to achieve?”
Recruiter ingin mengetahui impian yang ingin kamu capai dalam hidup. Jawablah dengan logis terkait dengan pekerjaanmu, bukan hanya impian pribadi.

4. “Please tell me about your strength and weakness”
Pertanyaan ini seringkali muncul dalam wawancara bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Jawablah dengan jujur dan tidak berbelit-belit, kaitkan lah kelebihan dan kekuranganmu dengan pekerjaan. Jangan terlalu berlebihan menjelaskan kelebihan diri, ceritakan juga tentang kekuranganmu, beserta kiatmu mengatasinya.

5. “Do you have any ideas or strategies to develop this company?”
Beberapa recruiter akan menanyakan pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan kemauanmu untuk memajukan perusahaan.

6. “Do you have any other skills that will support your work?”
Jika kamu seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu harus memiliki strategi untuk dapat “menjual diri”. Salah satunya adalah dengan menunjukkan kelebihan kamu yang tidak berkaitan dengan latar belakang pendidikan kamu, tapi dapat bermanfaat bagi pekerjaan tersebut. Misalnya, kamu memiliki kemampuan dalam mengoperasikan software komputer tertentu atau memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa asing.

7. “What is your expected salary?”
Ini dia pertanyaan yang sering ditunggu oleh para job seeker. Untuk menjawab, carilah info terlebih dahulu tentang standar gaji untuk pekerjaan tersebut.

Jadi, itulah sedikit kisi-kisi pertanyaan yang biasa diberikan recruiter dalam bahasa Inggris, semoga berhasil dan salam sukses.

By |2018-05-15T11:23:03+00:00May 15th, 2018|Article, Career|1 Comment

One Comment

  1. […] lebih besar atau menjanjikan. Dengan membaca artikel ini diharapkan dapat membantu anda membuat curriculum vitae (CV) yang dapat menarik minat […]

Leave A Comment

WhatsApp chat