toghr

Setelah anda lulus dari perguruan tinggi dan mulai mencari pekerjaan, barulah anda ketahui betapa kerasnya dunia kerja. Dunia telah menjadi tempat persaingan yang kadang tidak sehat. Beberapa orang melakukan segala cara agar sukses dalam karirnya, tapi masih banyak orang meraih sukses dengan cara-cara yang positif.

Berikut adalah 10 rahasia sukses dalam karir agar anda unggul di tempat kerja :

1. Inisiatif
Zaman sekarang, dibutuhkan kemampuan untuk memutuskan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu. Sekarang perusahaan menginginkan pekerjanya bisa berpikir sendiri dan bisa mengambil aksi tanpa menunggu perintah. Jadi, coba anda asah dan kembangkan inisiatif anda.

2. Evaluasi Diri
Terus nilai kinerja anda di kantor, cara termudah untuk melakukan evaluasi diri adalah tetapkan target-target harian anda dan batas waktu pengerjaannya. Review di akhir hari sehingga anda bisa menilai kelebihan dan kekurangan anda.

3. Selalu Belajar
Untuk unggul dalam pekerjaan baru anda, jangan terlalu lama terpaku pada nilai bagus yang anda capai saat kuliah, teruslah belajar hal-hal baru dan kembangkan skill anda.

4. Antisipasi
Ada satu quote yaitu “Hope for The Best, Prepare for The Worst” yg mengajarkan kita untuk selalu selangkah lebih maju dalam melakukan pekerjaan. Persiapkan rencana B jika rencana A tidak berjalan dengan baik.

5. Komunikasi
Komunikasi adalah kunci keberhasilan karyawan dan organisasi. Di era zaman “NOW“, banyak cara untuk melakukan komunikasi. Email, telephon, sosmed dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan atasan maupun rekan kerja.

6. Tetapkan Tujuan 
Penting bagi perusahaan Anda adalah bagaimana Anda berkontribusi untuk memenuhi tujuan dan misi perusahaan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pola pikir yang berorientasi pada tujuan ini akan membantu Anda mencapai kesuksesan karir.

7. Lakukan
Nilai tindakan jauh lebih besar dibandingkan dengan kata-kata. Gunakan ini sebagai prinsip anda dikantor.

8. Dapatkan Kepercayaan
Semakin cepat anda mendapat kepercayaan, semakin cepat atasan anda berhenti khawatir terhadap anda dan bisa mengalihkan kesibukannya ke hal-hal lain yang lebih mendesak. Cara termudah adalah memenuhi tenggat waktu pekerjaan dan janji anda. Penuhi komitmen yang sudah anda buat, betapapun sulitnya hal itu.

9. Buatlah Solusi
Tidak sedikit pekerja mengubah masalah mereka menjadi masalah atasan mereka. Jadi, selesaikan masalah anda, atau jika anda tidak berwenang untuk melakukan tindakan, tawarkan solusi kepada atasan anda.

10. Berempati
Menjadi karyawan yang baik juga membutuhkan rasa iba dan pengertian.

Banyak hal yang dapat membantu anda unggul dalam karir. Salah satunya adalah melakukan 10 rahasia sukses ini secara konsisten. Semoga berhasil dan Salam Sukses