cv

Mendekati lebaran seperti saat ini, banyak sekali terdengar “curhat-an” rekan kerja yang mencoba mencari sumber pendapatan yang lebih besar dengan cara berpindah ke perusahaan lain yang lebih besar atau menjanjikan. Dengan membaca artikel ini diharapkan dapat membantu anda membuat curriculum vitae (CV) yang dapat menarik minat recruiter.

Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam CV anda :

1. Ringkas
Pastikan CV anda tidak lebih dari 3 halaman, informatif dan jika memungkinkan menggunakan bahasa Inggris. Dengan berkembangnya zaman, membuat recruiter memilih calon pelamar yg memiliki skill lebih untuk di proses lebih jauh.

Contoh, bio profil anda menyebutkan :

Saya adalah Manajer Proyek Teknis dengan pengalaman kerja 5 tahun. Saya tengah mencari tantangan baru yang dapat mengembangkan latar belakang IT saya serta kemampuan manajemen sumber daya“.

Tidaklah buruk, namun tidak begitu menarik juga. Bagaimana dengan :

*5 tahun berpengalaman sebagai Manajer Proyek Teknis
*Spesialisasi bidang pada pembuatan website, situs-situs e-commerce, dan website peluncuran penjualan
*Memiliki pengetahuan khusus tentang pasar ecommerce
*Keahlian yang telah diuji dalam menyusun peluncuran pengadaan website penjualan yang meningkatkan kepopuleran dan keuntungan bagi beragam industri dan produk.

Pernyataan diatas berfokus pada kekuatan pelamar dan apa yang didapat oleh perusahaan nantinya. Jika anda pemilik usaha, cv manakah yang anda panggil untuk interview??

2. Photo
Cantumkan foto berwarna yang menampilkan senyum anda. Anda bisa mencoba berlatih di depan kaca untuk mendapatkan “angle” senyum terbaik anda. Jangan lupa untuk menggunakanlah kamera beresolusi tinggi. Tidak disarankan menggunakan foto liburan anda untuk melamar pekerjaan.

3. Pengalaman
Cantumkan jabatan, periode kerja dan nama perusahaan, maximal 4 pekerjaan terakhir. Sertakan pencapaian anda selama bekerja. Anda tidak perlu menulis job desc agar terlihat banyak dan penuh.

4. Training
Cantumkan training yang anda kuasai dan tidak lupa lampirkan pula sertifikatnya.

5. Skill
Buat list keahlian anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.

6. Referensi
Anda bisa menambahkan nama atasan anda sebagai referensi, lengkap dengan nomor telephon yang bisa dihubungi. Pastikan sudah mendapatkan ijin dari yang bersangkutan untuk mencantumkan nama mereka di CV anda.

Demikian tips yg bisa diberikan, semoga berhasil dan SALAM SUKSES.

(Visited 27 times, 1 visits today)