Pada dunia pemrograman di zaman dulu biasanya dikuasai oleh kaum pekerja Pria tidak sedikit ada yang dari kaum Wanita, Dari data statistiknya pun sebesar 73% pekerja dibidang komputer adalah Pria. Eh tapi tunggu dulu bukan berarti dari kaum Wanita tidak ada kemampuan untuk bisa menggunakan komputer atau pun menguasai dibidang pemrograman. Untuk zaman sekarang saja sudah mulai banyak programmer wanita yang telah berkontribusi di bidang perkembangan teknologi.

Yuk kita lihat siapa saja wanita yang dulu pernah membuat bahasa pemrograman di dalam dunia coding?

5 Bahasa Pemrograman ini Dulunya Ternyata Dibuat Oleh Wanita

1. ARC Assembly

5 Bahasa Pemrograman ini Dulunya Ternyata Dibuat Oleh Wanita

Di tahun 1950 merupakan awal sejarah dari perkembangan komputer, bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan adalah Assembly. Assembly sendiri adalah bahasa pemrograman yang berinteraksi langsung dengan mesin.

Salah satu bahasa Assembly yang pertama kali dikembangkan ditulis oleh programmer wanita bernama Kathleen Booth yang lalu diberi nama ARC Assembly. Adapun diberi nama ARC Assembly karena bahasa ini pertama kali dikembangkan untuk komputer ARC (Automatic Relay Calculator).

ARC Assembly ini sebenernya dikembangkan untuk membuat pemrograman komputer lebih mudah dan lebih dapat diandalkan dengan membiarkan programmer menulis instruksi mesin dalam bentuk mnemonic pada assembler yang akan diterjemahkan ke dalam kode mesin.

Mnemonic adalah teknik untuk mengingat informasi yang sangat sulit untuk diingat kembali

 

2. Address

5 Bahasa Pemrograman ini Dulunya Ternyata Dibuat Oleh Wanita

Salah satu operasional komputer pertama yang dapat diprogram di Eropa bernama MESM, yang dibuat oleh Uni Soviet pada tahun 1950. Namun, mereka kesulitan memprogram MESM menggunakan kode mesin.

Kateryna Yushchenko dan timnya pun akhirnya ditugaskan untuk mengembangkan operasi komputer tersebut dan mereka pun berhasil mengembangkan bahasa pemrograman baru untuk memudahkan pekerjaan mereka yang disebut dengan Address pada tahun 1955.

Bahasa pemrograman Address ini digunakan di Uni Soviet selama lebih dari 20 tahun loh. Fakta lain dari seorang Kateryna Yushchenko juga merupakan wanita Uni Soviet pertama yang mendapat gelar “Doctor of Physical and Mathematic Sciences” di bidang pemrograman.

 

3. COBOL

5 Bahasa Pemrograman ini Dulunya Ternyata Dibuat Oleh Wanita

COBOL, bahasa pemrograman komputer yang satu ini digunakan untuk menyelesaikan persoalan bisnis, mungkin pernah kamu dengar? Karena orientasinya berfokus pada suatu masalah, bahasa ini sering disebut juga dengan istilah Problem Oriented Language

Tapi apakah kamu tahu bahwa COBOL adalah bahasa pemrograman buatan wanita, dibuat oleh programmer wanita yang bernama Grace Hopper bersama timnya. Kalian tidak menyangka bukan, compiler pertama ternyata dibuat oleh seorang wanita?

Grace Hopper membuat A-0, compiler pertama di dunia untuk mesin UNIVAC. Setelah mengembangkan A-0, Grace Hopper juga mengembangkan beberapa bahasa pemrograman lainnya seperti ARITH-MATIC dan B-0, yang kemudian menjadi FLOW-MATIC.

Agar dapat digunakan oleh orang nonteknis, COBOL menggunakan perintah-perintah yang mudah dimengerti. Maka dari itu, COBOL meminjam fitur-fitur dari FLOW-MATIC.

 

4. FORMAC

5 Bahasa Pemrograman ini Dulunya Ternyata Dibuat Oleh Wanita

Jean Sammet dikreditkan sebagai pencipta bahasa pemrograman FORMAC (Formula Manipulation Compiler) yang merupakan ekstensi dari FORTRAN yang mampu melakukan manipulasi aljabar pada tahun 1962.

Jean Sammet sendiri adalah seorang ahli matematika wanita yang dipekerjakan oleh IBM pada tahun 1961. IBM mengembangkan FORTRAN terutama untuk perhitungan matematika dan komputasi ilmiah.

FORMAC menjadi bahasa pertama yang banyak digunakan untuk melakukan perhitungan matematika simbolik.

 

5. Logo

5 Bahasa Pemrograman ini Dulunya Ternyata Dibuat Oleh Wanita

Untuk mengajarkan bahasa pemrograman kepada anak-anak, tentunya akan lebih mudah jika menggunakan kata-kata atau kalimat. Namun di tahun 1960-an bahasa pemrograman yang digunakan secara luas kebanyakan menggunakan angka dan simbol.

Maka dari itu, dibutuhkan bahasa pemrograman baru yang bisa digunakan dengan kata-kata atau kalimat dalam pemrogramannya agar lebih mudah dipahami oleh anak-anak.

Untuk mengatasi masalah ini, Cynthia Solomon dan timnya di Cambride, Massachusetts mengembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut Logo untuk mengajarkan pemrograman bagi siswa kelas 7 pada akhir 1960-an.

Salah satu aplikasi Logo yang paling terkenal adalah Turtle Robot, yang bisa diperintahkan oleh pengguna untuk menggambar bentuk geometris menggunakan pena.

 

Sekian artikel hari ini tentang 5 bahasa pemrograman yang dulunya ternyata dibuat oleh Wanita, ternyata mereka dulu sudah memberikan banyak kontribusi besar ya di dalam dunia coding dan mencatat sejarah juga sebagai para programmer wanita. Jadi untuk saat ini apa masih meragukan kemampuan programmer wanita di dalam dunia pemrograman ?

Untuk para programmer wanita yang sedang mencari info lowongan kerja khusus di bidang IT, PT TOG Indonesia masih banyak open jobs terima CV/Resume kalian ya, silahkan kirim bisa via E-mail atau via POS.

 

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

TOG Indonesia

(Visited 29 times, 1 visits today)