5 Jenis Karakter Karyawan Dalam Dunia Kerja

Sobat setia pembaca artikel TOG Indonesia, Karyawan adalah aset terpenting yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap kesuksesan sebuah perusahaan. Setiap perusahaan atau organisasi pasti selalu bersaing untuk menjadi lebih dominan dan akhirnya dapat memenangkan persaingan tersebut.

Apakah Anda pernah memperhatikan rekan-rekan kerja Anda di kantor? Apakah ada yang memiliki wajah dan penampilannya biasa-biasa saja tetapi cukup menyenangkan, enak dilihat maupun diajak bicara? Namun jika kita lihat-lihat lebih jauh tidak ada sesuatu yang menonjol pada dirinya, semua terlihat biasa-biasa aja. Tapi herannya walau biasa saja dia tetap keliatan menarik.

Mengenal kepribadian dari seorang karyawan merupakan cara terbaik untuk menilai kinerjanya. Setiap orang memiliki karakter yang khas sehingga tidak menimbulkan kerancuan dalam pengukuran kepribadian. Banyak data yang mendukung bahwa sebuah karakter dapat memprediksi kinerja seseorang dengan lebih baik daripada metode lainnya, termasuk interview dan test IQ. Kepribadian seharusnya menjadi sebuah faktor penentu yang digunakan ketika ingin membuat keputusan (merekrut atau promosi) mengenai karyawan.

Ketika mereka ingin mempromosikan seorang karyawan, maka kepribadian merupakan faktor utama yang sangat penting bagi mereka untuk mempertimbangkan apakah karyawan tersebut layak atau tidak untuk dipromosikan.

Info Loker

Berikut ini merupakan 5 karakter karyawan yang sering ada di dalam dunia kerja:

1. Delegator

 

Karyawan yang berada di level bawah mendapatkan kesempatan untuk bekerja dalam sebuah tim, harus ada satu orang yang bertindak sebagai seorang pemimpin. Orang ini harus dapat memberikan feedback yang membangun dan mendelegasikan pekerjaan berdasarkan kelebihan yang ada pada setiap anggota tim.

2. Decider

Seseorang yang percaya diri dan dapat membuat keputusan sangat cocok untuk mengisi posisi pemimpin. Kemampuan mereka untuk memilih tujuan dengan cepat dan efektif sangat dibutuhkan pada level strategi.

3. Adapter

Orang ini dapat belajar dengan cepat dan mereka cenderung dapat menyesuaikan diri mereka terhadap tugas atau lingkungan kerja mereka. Kepandaian dan intuisi mereka dapat membantu ketika mereka harus berada pada posisi atau peran baru.

4. Ethical Person

Tidak peduli apapun peranan seorang karyawan, tindakan yang mereka lakukan selalu berdasarkan etika dan integritas. Orang dengan jenis kepribadian ini tidak akan berkompromi terhadap moral mereka atau mengambil keuntungan atas pengorbanan rekan kerja mereka.

5. The “people” person

Klien, rekan kerja, dan bos suka sekali dengan tipe ini. Mereka merupakan orang yang menyenangkan, dapat bergaul dengan siapa saja dan mereka selalu dapat membuat suasana yang menyenangkan. Orang dengan tipe karakter seperti ini sangat cocok untuk menjadi seorang manajer atau tim leader.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: recruitment@tog.co.id

(Visited 802 times, 1 visits today)