Dunia IT – Untuk di zaman sekarang ini siapa sih yang tidak punya smartphone? Gadget yang punya semua kelengkapan kemudahan dalam satu genggaman. Semua orang pasti punya smartphone dengan berbagai alasan. Lebih dari sekadar urusan komunikasi, smartphone adalah hasil produk kecanggihan teknologi. Semua bisa dilakukan dengan satu klik yang kamu buat di smartphone.

Teknologi merupakan suatu kemajuan intelektual manusia yang paling luar biasa tapi di lain sisi juga mengkhawatirkan. Ketakutan akan penyusup, hacker ataupun virus dirasakan hampir seluruh pengguna teknologi di dunia. Di balik efek manfaatnya yang luar biasa, kecanggihan teknologi bisa berbalik menyerang rasa aman terlindungi dari masalah serius yang mencakup kebocoran data. Jadi apa saja masalah serius itu ?

Berikut ini 5 Masalah Serius Yang Sering Muncul Di Dalam Dunia IT:

1. Sosial Media Snooping

dunia it

Semua orang pasti punya sosial media bahkan terkadang kita tidak bisa hidup tanpa membuka sosial media dalam sehari. Coba saja kamu hitung berapa kali sehari kamu akan cek sosmed, pasti lebih dari 3x sehari, yah mirip-mirip seperti jadwal minum obat ya. Nah, kalo kamu suka banget berinteraksi lewat sosial media, coba deh atur lagi pengaturan privasi kamu.

Selektiflah terhadap orang-orang yang sudah kamu jadikan sebagai teman maupun share semua hal tentang kamu termasuk foto profil dan lokasi kamu tinggal bahkan semua link yang kamu share serta opini kamu terhadap isu apapun. Kenapa? Sekarang banyak orang menyelidiki atau ingin tahu latar belakang kamu via sosial media loh, bahkan mungkin saja termasuk si boss.

2. Jaringan Seluler Hacking

Jangan kira komputer kamu terlindungi dengan proteksi anti virus, namun risiko virus menjangkiti smartphone boleh dibilang lumayan serius. Perkembangan smartphone begitu cepat dan tidak hanya terdiri dari perangkat komunikasi saja.

Teknologi smartphone berkembang cepat dan sama rumitnya dengan komputer. Semua data pribadi termasuk keuangan sudah masuk dalam radar para hacker. Parahnya lagi para hacker tersebut bisa menyewa botnet dan memasukkan berbagai penipuan klik atau sejumlah cybercrime.

” Cybercrime adalah bentuk kejahatan yang terjadi di Internet/ dunia maya. Yang menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan yaitu mengacu pada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer. “

3. Botnets

dunia it

Botnets adalah sekumpulan program yang saling terhubung melalui Internet yang berkomunikasi dengan program-program sejenis untuk melakukan tugas tertentu.  Kata botnet berasal dari dua kata, robot dan network.

Secara tidak langsung komputer kamu merupakan alat pembawa malware yang berbahaya. Begitu virus tersebut berhasil melewati jaringan komputer, mereka akan menjalar tanpa ampun. Semua aplikasi akan terdeteksi dan dijerat. Bukan hanya itu saja, Botnets seperti seorang ketua geng yang akan mengumpulkan teman-teman virusnya. Botnets dikenal sangat berbahaya karena sering digunakan sekumpulan kelompok kriminal untuk menyebarkan malware.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

4. Financial Malware

Pengertian financial malware adalah perangkat lunak jahat (malware) yang telah dirancang untuk memindai sistem komputer atau seluruh jaringan untuk informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Informasi yang dikumpulkan oleh keuangan kemudian dikirim kembali ke pihak ketiga yang mengendalikan program jahat.

Hampir semua bank punya sistem keuangan yang diwujudkan dalam aplikasi yang bisa diinstall ke dalam smartphone kita. Nah sebenarnya ancamannya lumayan serius, mulai dari seseorang yang bisa saja membobol uang di rekening kamu sampai pada data-data perusahaan yang bisa diretas oleh virus financial malware tersebut. Kejahatan financial ini pun semakin terorganisir. Tapi jangan khawatir karena proteksi para institusi finansial pun tak kalah keren.

5. Cyberwarfare

dunia it

Dunia internet dikagetkan dengan penemuan virus yang sangat berbahaya yang dinamai Flame pada Mei 2012. Terungkap pula Flame bukanlah virus komputer biasa, dia merupakan senjata cyber untuk menyerang sebuah negara. Sebelum Flame, terdapat virus komputer Stuxnet dan Duqu yang juga dijadikan virus cyber war. Virus-virus itu digunakan untuk mengambil data-data penting dan menggunakannya secara ilegal.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 27 times, 1 visits today)