Lowongan Kerja, Setiap orang pasti memiliki minat pribadi, termasuk diri kamu sendiri. Namun, kadang dalam hal menentukan masa depan tentu kamu memiliki pandangan tersendiri mengenai apa yang terbaik bagi kamu. Masa depan sendiri adalah waktu yang sangat rahasia bagi manusia, karena masa depan adalah harapan-harapan terbaik kamu yang tertunda di masa sekarang.


IT Konsultan & Rekruitmen HR Terbaik di Jakarta dan Yogyakarta

IT Professional Service, Managed Services, Training & Development

Hubungi Kami di: +628151622988 (Jakarta) / +6285290880808 (Yogyakarta)

Email:  [email protected] / [email protected]


Setiap orang tentu sudah memiliki bayangan tersendiri terkait dengan masa depan mereka masing-masing. Bagi kamu yang masih sering merasa bingung dengan passion kamu sendiri, dan merasa memiliki ketertarikan dalam banyak bidang tetapi masih belum bisa menspesifikasikannya mungkin kamu perlu membenahi hal tersebut di masa sekarang. Karena hal ini akan sangat erat kaitannya dengan masa depanmu nantinya.

Untuk kalian yang baru saja lulus di bangku sekolah menengah atas (SMA) mungkin kamu bisa memikirkan jurusan yang akan kamu pilih nantinya sekarang agar sesuai dengan bidang yang kamu sukai dan kamu pun akan lebih mudah menggapai masa depan impianmu ketika akan mencari lowongan kerja bandung. Untuk mempermudah kamu dalam menentukannya, mungkin prediksi pekerjaan-pekerjaan paling dibutuhkan tahun 2020 ini bisa memberikan gambaran untuk kamu.


Baca juga: 7 Cara Ampuh Membuat Curriculum Vitae Kamu Menjadi Lebih Menarik Dan Kreatif


Di tahun 2020 mendatang, menurut prediksi akan muncul beberapa tren kecanggihan teknologi yang menggeser peran manusia, perkembangan media komunikasi yang begitu pesat, komunitas yang semakin besar, dan terhubungnya setiap manusia secara global di ranah digital. Perkembangan teknologi ini akan mengubah cara kita hidup dan bekerja. Beberapa pekerjaan akan hilang dan akan muncul profesi baru yang bahkan saat ini tidak ada.

Berikut  ini ada 7 Lowongan Kerja Paling Banyak Dicari Di Tahun 2020:

1. Data Analyst

lowongan kerja bandung

Saat ini, sudah sangat banyak perusahaan yang merekrut ahli data (data scientist) untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data yang diperoleh perusahaan sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan. Uniknya, untuk bisa menjadi seorang data scientist, bukan berarti kamu harus memiliki latar belakang pendidikan sains atau belajar IPA. Profesi ini sesungguhnya bisa dilakukan oleh siapa saja yang punya pengetahuan di bidang komputer dan elektronik, statistik, ekonomi, matematika, manajemen.

Tidak ketinggalan, kamu juga perlu memiliki keterampilan dan kecakapan (soft skills), seperti mampu berpikir kritis, mampu menyaring data, memiliki daya analisis yang kuat, suka bereksperimen, punya rasa ingin tahu yang besar dan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang kuat untuk bisa menyampaikan hasil data-data temuanmu dengan baik di hadapan klien.

2. Digital Marketing

Semakin meningkatnya pengguna internet menjadikan internet sebagai salah satu platform penting dalam memasarkan produk dan jasa dari suatu perusahaan. Di kanal digital ini, perusahaan juga dapat melakukan promosi secara spesifik berdasarkan target market yang ingin diincar, mulai dari umur, lokasi, minat, dan lain-lain. Tidak heran profesi digital marketing ini menjadi salah satu profesi yang paling dicari di masa depan khususnya ketika kamu mencari lowongan kerja bandung karena terdapat sejumlah perusahaan besar disana yang membutuhkan profesi ini.

3. Public Relations (Hubungan Masyarakat)

lowongan kerja bandung

Public Relation atau yang biasa disebut humas ini sangat erat kaitannya dengan hubungan dengan pemerintahan sehingga sangat dibutuhkan. Masih ingat kan kasus ojek online vs taksi konvensional? Kasus ini membuktikan kalau inovasi di bidang teknologi tidak selalu langsung diterima oleh masyarakat. Teknologi pun juga tidak bisa lepas dari kebijakan pemerintah. Makanya, profesi di bidang humas, khususnya government relation, menjadi sangat dibutuhkan untuk menanggulangi kasus yang seperti ini.

Peran humas atau yang lebih dikenal dengan publik relation juga sangat krusial bagi sebuah organisasi. Humas memiliki peran dalam menciptakan citra baik organisasi , mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, klien ataupun para investor.

4. Pekerjaan yang Berkaitan dengan Ilmu Komputer dan Matematika

Bidang pekerjaan terkait data yang juga diperkirakan akan semakin diperlukan pada tahun 2020 antara lain termasuk programmer, information security analyst, dan terutama software developer. Anda mungkin sudah melihat sendiri munculnya kebutuhan akan profesi ini melalui pesatnya pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia, mulai dari transportasi online, e-commerce, hingga reservasi tiket penerbangan dan hotel via online.


Baca juga: 5 Fakta Menarik Dalam Hal Pencarian Contoh Lowongan Pekerjaan


5. Marketing

lowongan kerja bandung

Dibutuhkan orang-orang pemasaran untuk bisa menyampaikan keunggulan penawaran perusahaan kepada berbagai tipe klien. Akan tetapi, marketing yang dimaksud di sini juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Jika kamu memiliki skill di bidang online advertising, digital marketing, dan pengelolaan media sosoial maka kamu sangat beruntung. Mengapa demikian? Karena skill-skill seperti itulah yang akan sangat dibutuhkan untuk bekal menjadi seorang pekerja marketing di tahun 2020.

6. SEO Specialist

Akhir-akhir ini, seiring perkembangan teknologi dan informasi, pekerjaan di bidang ini pun semakin meningkat dan bertambah, salah satunya adalah SEO Specialist. SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization, dimana dengan menggunakan SEO diharapkan kata kunci / keyword yang ditargetkan bisa di index di halaman pertama dalam mesin pencari (Search Engine), contohya google. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video, pencarian akademik, pencarian berita dan mesin pencari vertikal industri-spesifik.

Sedangkan, SEO Specialist adalah orang yang ahli dalam mengoptimalkan SEO, sehingga halaman website suatu perusahaan menjadi yang paling terdepan saat seseorang melakukan pencarian terhadap kata kunci tertentu. Dengan begitu seorang SEO Specialist menjadi sangat penting dalam Marketing Strategy suatu perusahaan. Umumnya SEO Specialist dibutuhkan di perusahaan digital marketing. Lowongan pekerjaan untuk SEO Specialist diprediksi akan terus meningkat hingga di tahun 2020.

7. Web/Mobile App Developer

lowongan kerja bandung

Seiring perkembangan gaya hidup digital masyarakat saat ini, kebutuhan untuk menciptakan sebuah aplikasi digital kian meningkat. Pemain besar di industri aplikasi ini adalah aplikasi di sistem operasi Android dan iOS. Lihat saja sekelliling kita, sekarang pesan ojek, memesan makanan, memesan kamar hotel, belanja, dan lain-lain semua bisa dilakukan dengan aplikasi di ponsel kita. Melihat situasi ini, banyak bermunculan para developer iOS dan Android untuk memenuhi kebutuhan dalam pembuatan aplikasi.

Situasi ini pun menjadi lahan pasar yang sangat besar bagi para developer yang ingin menghasilkan pendapatannya melalui aplikasi yang dibuat. Semakin banyak perusahaan, mulai dari perusahaan rintisan (start-up) hingga perusahaan global sekalipun mulai mengembangkan aplikasi web/mobile untuk menjangkau konsumen mereka. Tidak heran profesi pengembang aplikasi akan semakin dicari dan dibutuhkan hingga di tahun 2020 mendatang.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments: IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 796 times, 10 visits today)