7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Dalam dunia kerja tidak hanya dibutuhkan kemampuan teknis atau hard skill, tapi juga ada yang dinamakan dengan soft skillSoft Skill atau kemampuan di luar kemampuan teknis dan akademis itu berguna untuk menunjang hard skill Anda.

Soft skills merupakan skill yang penting saat Anda sudah berada di dunia kerja.  Memiliki skill yang memenuhi semua kriteria tugas pada job description saja tidak cukup.

Soft skill adalah kemampuan di luar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal.

Contohnya seperti kemampuan Anda bicara di depan umum atau menjalin hubungan dengan rekan kerja

Tetapi pastikan terlebih dahulu Anda memiliki soft skills yang tepat dalam dunia kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang telah dilamar, seperti bekerja sama dalam tim, pengaturan waktu yang baik, multitasking dan sebagainya.

Soft skill apa saja yang wajib untuk dikuasai dan ditingkatkan agar Anda dapat lebih berkembang?

Info Loker

Berikut ini 7 diantaranya adalah:

1. Komunikasi yang baik

7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Anda tidak bekerja sendri, tapi bersama dengan banyak orang. Hal itu menuntut Anda untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Jika tidak punya soft skill ini maka Anda akan kesulitan untuk membangun relasi dan berkembang.

Cara mendapatkan soft skill ini dapat kamu mulai dari menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang mendengarkan orang lain bicara, kebanyakan orang akan fokus pada apa yang harus dikatakan selanjutnya, bukan pada apa yang sedang dibicarakan. Dengan belajar untuk mulai mendengarkan dengan baik, maka kamu juga akan dapat belajar berbicara dengan baik, ketidak dua-duanya telah kamu kuasai barulah kamu akan dapat menjadi komunikator yang baik.

2. Kerja sama tim

7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Menjadi seseorang yang bisa diajak bekerja sama di dalam tim sangat penting untuk karier kamu. Banyak orang yang mampu bekerja sangat baik jika bekerja sendiri, tapi kesulitan ketika harus bekerja sama.

Hal seperti ini akan menyusahkan diri sendiri dan juga menghambat kerja tim, maka dari itu kamu harus mengasah soft skill yang satu ini jika ingin berhasil sebagai seorang profesional muda.

Baca jugahttps://toghr.com/5-cara-agar-kamu-bisa-tepat-waktu/

3. Manajemen Waktu

7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Dalam dunia kerja, menjadi tepat waktu adalah hal yang sangat penting. Datang terlambat atau menyeselaikan tugas lewat dari deadline adalah sebagian contoh bahwa kamu tidak memiliki manajemen waktu yang kurang baik.

Dan hal ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang kurang disiplin dan tentunya tidak profesional. Meskipun kamu bukan orang yang suka menjadwalkan segala hal, tapi sebuah timeline dan jadwal kerja harian adalah suatu hal yang penting.

4. Jiwa kepimpinan

7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Harus yakin bahwa setiap orang mempunyai jiwa kepemimpinan dalam dirinya masing-masing. Karena hal tersebut bukan merupakan kemampuan yang dibawa sejak mereka dilahirkan.

Ada orang-orang yang bisa memaksimalkan kemampuan kepemimpinan mereka namun tak sedikit juga yang sulit untuk menemukan jiwa seperti ini. Dengan memiliki jiwa kepemimpinan, seseorang bisa dengan mudah menginspirasi orang lain untuk lebih berfikiran maju.

5. Kemauan untuk belajar

7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Jadilah orang yang mau belajar dan menambah pengetahuan di dunia kerja, meski itu bukan bidang utama Anda. Jika menutup diri dan tidak mau belajar, maka Anda tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga perusahaan tempat Anda bekerja.

Ingat untuk selalu bersedia mempelajari hal baru dan berperan di dalamnya sambil mengembangkan skill yang dimiliki. Jangan pernah menolak untuk melakukan sesuatu tanpa mencobanya terlebih dulu.

Baca jugahttps://toghr.com/8-kalimat-yang-tidak-akan-diucapkan-oleh-orang-cerdas/

6. Kemampuan problem solving

7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Bukan perkara mudah ketika seseorang harus memecahkan sebuah permasalahan dalam dunia kerja. Ada hal-hal tertentu yang hanya bisa dilakukan orang-orang kritis yang memiliki kemampuan problem solving.

Bukan hanya itu saja, seseorang yang memiliki kemampuan memecahkan masalah pun dituntut harus bisa mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi perusahaan. Kamu bisa melatih soft skill yang satu ini dengan dua hal, yang pertama adalah membaca buku dan yang kedua adalah melalui debat dan diskusi.

7. Kreatif dan inovasi

7 Soft Skill Ini Wajib Dikuasai Dan Ditingkatkan

Karyawan yang kreatif dan mampu berpikir out of the box, itulah yang dicari oleh setiap perusahaan. Ide yang orisinal akan dihargai sangat mahal. Sosok yang kreatif biasanya juga berani memulai sesuatu yang berbeda sehingga bisa membawa inovasi baru bagi perusahaan.

Kreativitas dan inovasi akan sangat membantu kamu untuk mencari solusi paling efisien untuk masalah yang sedang kamu hadapi.

soft skill  di atas yang wajib dikuasi dan ditingkatan . Semua soft skill ini tentunya akan lebih baik jika sudah diasah sejak bangku perkuliahan atau bahkan bangku sekolah. Sebagian orang mungkin saja lebih menonjol dalam beberapa soft skill dan merasa kurang di beberapa soft skill lainnya tapi pada sadarnya kemampuan tersebut dapat terus ditingkatkan jika memang terus dilatih dengan baik.

PT TOG Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita ya.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

(Visited 54 times, 1 visits today)