Soft Skill – Seperti yang kita ketahui saat ini, para generasi milenial sudah memasuki usia rata-rata menghadapi dunia kerja. Dan para generasi milenial ini selalu memiliki keinginan sesuatu yang berbeda. Mengapa berbeda? Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh perubahan berbagai aspek kehidupan yang diakibatkan oleh seiring perkembangan zaman. Melihat persaingan kerja yang semakin ketat, tentunya para milenial juga harus memiliki soft skill yang lebih agar dapat bersiang di dunia kerja. Soft skill apa saja yang penting untuk dimiliki milenial agar dapat sukses menjadi profesional muda?

Berikut ini Soft Skill Yang Harus Kamu Miliki :

1. Rasa Ingin Tahu, Kreatif, dan Inovatif

soft skill

Rasa ingin tahu adalah awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan sebuah inovasi. Selain itu, ketiga soft skill ini juga sangatlah berguna dalam hal penyelesaian masalah. Ketika kamu menghadapi sebuah masalah dalam pekerjaan, rasa ingin tahu akan membuat kamu tidak berhenti mencari sumber permasalahan tersebut hingga berhasil mendapatkannya.

Ketika kamu sudah mengetahui sumber masalahnya, kamu harus memikirnya solusi yang tepat dan efisien untuk dapat menyelesaikannya. Kreativitas dan inovasi akan sangat membantu kamu untuk mencari solusi paling efisien untuk masalah yang sedang kamu hadapi.

2. Komunikasi yang Baik

Soft skill yang satu ini memang sangat penting dimiliki baik untuk profesional muda maupun untuk kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Cara mendapatkan soft skill ini dapat kamu mulai dari menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang mendengarkan orang lain bicara, kebanyakan orang akan fokus pada apa yang harus dikatakan selanjutnya, bukan pada apa yang sedang dibicarakan. Dengan belajar untuk mulai mendengarkan dengan baik, maka kamu juga akan dapat belajar berbicara dengan baik, ketidak dua-duanya telah kamu kuasai barulah kamu akan dapat menjadi komunikator yang baik.

3, Mengakses, Menganalisis, Mensintesis Informasi

soft skill

Hari ini, menyebarkan dan mengakses sebuah berita adalah hal yang sangat mudah. Akibatnya, semakin banyak informasi yang datang pada kita namun tidak terbukti kebenarannya. Seorang profesional mudah sudah selayaknya dapat melihat suatu informasi dengan lebih bijak. Tidak hanya mengaksesnya kemudian menelannya bulat-bulat, tetapi juga harus menganalisis dan mensisntesis informasi tersebut agar tahu kebenarannya. Ikut menyebarkan informasi yang tidak jelas kebenarannya akan membuat seseorang terlihat kurang profesional.

4. Kepemimpinan

Tidak semua orang suka untuk menjadi seorang pemimpin, tapi dalam hal karier, soft skill ini harus miliki jika kamu ingin berhasil sebagai seorang profesional muda. Kamu juga tentunya tidak berpikir bahwa akan selamanya bekerja di posisi yang sama, bukan? Setiap orang pasti menginginkan posisi yang semakin tinggi dalam kariernya, maka dari itu kamu tidak bisa menghindar untuk menjadi seorang pemimpin.

Bagaimana cara melatih soft skill kepemimpinan? Yang harus kamu lakukan adalah menjadi berani terlebih dulu, kamu harus siap untuk menjadi pemimpin kapanpun kesempatan itu datang padamu. Jika diberikan kesempatan untuk memimpin sebuah project, terimalah tantangan tersebut, bahkan akan lebih baik jika kamu dapat merekomendasikan dirimu sendiri.

5. Berpikir Kritis

soft skill

Soft skill lain yang harus dimiliki adalah berpikir kritis. Kamu bisa melatih soft skill yang satu ini dengan dua hal, yang pertama adalah membaca buku dan yang kedua adalah memalui debat dan diskusi. Kedua kegiatan ini sangat membantu kamu mengembangkan soft skill berpikir kritis. Membaca dapat membantu kamu dalam mengenal lebih banyak kosa kata, membuka wawasan, dan juga memperdalam pembelajaran tentang berbagai topik.

6. Kerja Sama dan Kolaborasi

Soft skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang profesional muda adalah kemampuan kerja sama dan kolaborasi. Menjadi seseorang yang bisa diajak bekerja sama di dalam tim sangat penting untuk karier kamu. Banyak orang yang mampu bekerja sangat baik jika bekerja sendiri, tapi kesulitan ketika harus bekerja sama. Hal seperti ini akan menyusahkan diri sendiri dan juga menghambat kerja tim, maka dari itu kamu harus mengasah soft skill yang satu ini jika ingin berhasil sebagai seorang profesional muda.

7. Public Speaking

soft skill

Public speaking merupakan soft skill yang cukup sulit bagi sebagian orang. Banyak sekali orang yang merasa tidak mampu berbicara di depan umum sehingga memilih untuk tidak melakukannya. Tapi, jika kamu ingin sukses sebagai seorang profesional muda, kamu harus berani menaklukan soft skill yang satu ini. Pada awalnya mungkin memang terlihat menakutkan, tapi satu-satunya cara untuk dapat menguasainya adalah kamu harus melakukannya sesering mungkin hingga akhirnya kamu terbiasa melakukannya.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 53 times, 1 visits today)