7 Tips Ampuh Untuk Karyawan Yang Introvert Agar Cepat Akrab

Sobat TOG, Introvert dikenal sebagai sosok yang tertutup, pendiam dan sulit untuk berkenalan dengan orang baru. Namun bukan berarti mereka tidak mau menerima dan masuk ke sebuah lingkungan yang baru. Justru bagi seorang introvert kala mereka mulai masuk ke lingkungan yang baru, mereka bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan dan mengerti sesama teman dengan sangat baik.

Memulai percakapan dengan orang baru mungkin jadi hal yang biasa atau bahkan mudah dilakukan. Namun hal ini tak berlaku sama bagi para introvert. Karena mereka lebih suka menikmati waktunya seorang diri, para introvert cenderung menutup diri dari orang lain.

Padahal semakin berkembangnya lingkungan pergaulan kita, kita akan semakin sering bertemu dengan orang baru. Agar bisa memperkenalkan diri dan membuat mereka merasa nyaman, hal tersebut terkadang bukanlah hal yang mudah.

Info Loker

Dibawah ini ada 7 tips ampuh untuk karyawan yang introvert agar cepat akrab:

1. Berikan perhatian penuh ketika akan berbicara. Jangan alihkan kontak mata.

introvert

Langkah pertama, pertahankan kontak mata dengan lawan bicara. Jangan takut atau malah merasa terintimidasi. Ketika kamu berhasil mempertahankan kontak mata, kamu bakal lebih merasa percaya diri dari sebelumnya

Memberikan perhatian kepada seseorang yang berbicara kepada kita tentu menjadi hal krusial yang perlu kamu perhatikan. Sebagai bentuk penghargaan terhadap orang yang mengajakmu berbicara–yang baru kamu kenal, memperhatikannya secara penuh adalah sebuah keharusan. Dengan begitu dia akan merasa nyaman berbicara kepadamu.

2. Jangan memulai percakapan mengenai keluarga atau hal sensitif lainnya.

Keluarga merupakan hal yang nggak wajar untuk dibicarakan kepada orang yang belum kita kenal benar-benar. Kecuali kalian sudah saling kenal sejak lama. Sebaiknya kamu hindari percakapan yang mengarah pada keadaan keluarganya. Kecuali dia yang memulai percakapan dengan topik tersebut.

3. Coba carilah kesamaan dengan lawan bicara.

introvert

Seseorang bisa menjalin hubungan dengan orang lain biasanya dilandasi dengan kesamaan. Nggak ada salahnya ketika kamu ngobrol dengan orang yang baru kenal, kamu mencari kesamaan dengannya. Entah itu persamaan tujuan hidup, cita-cita, atau bahkan nasib. Hal inilah yang bisa menjadi perekat hubungan kalian ke depannya.

4. Tidak perlu khawatir orang lain bakal gak tertarik dengan gaya bicaramu

Buang jauh-jauh kekhawatiran ini. Justru ketakutan ini yang bakal membuatmu takut berbicara. Katakan saja apa yang memang ingin kamu katakan dan jangan memikirkan tanggapan orang lain.

Buang jauh jauh model pikiran seperti ini, karena yang ada malah menghambat kamu untuk bisa akrab dengan lawan bicara kamu nantinya.

5. Jangan main gadget saat sedang fokus mendengarkan

introvert

Kamu pasti ingin kan jika si lawan bicara memberi perhatian penuh dan tertarik pada pembicaraanmu? Lakukanlah hal yang sama kepadanya. Beri perhatian penuh dan jangan biarkan gadget jadi distraksi karena bisa menyinggung si lawan bicara.

6. Sesekali berikan suatu pujian kepada lawan bicara

Siapa sih yang tak suka dipuji? Hampir setiap orang suka dipuji karena kelebihannya yang paling disorot. Nah, kamu juga bisa melakukan teknik ini. Sesekali pujilah si lawan bicara dengan porsi yang sewajarnya. Dia pasti bakal merasa dihargai dan dia juga akan melakukan hal yang sama padamu.

7. Cari kesamaan minat atau hobi

introvert

Jika kamu merasa stuck dan tak bisa menemukan topik pembicaraan yang pas, lakukanlah hal ini. Cari kesamaan minat, hobi, film, musik, atau apapun. Cari benang merah di antara kalian. Dijamin topik pembicaraan bakal ada dengan sendirinya dan berjalan mengalir.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

(Visited 22 times, 1 visits today)