7 Tips Untuk Menghemat Gaji Bulanan Bagi Karyawan Kantor

Happy Monday sobat TOG, Menjadi karyawan di perusahaan tertentu merupakan suatu hal yang membanggakan bagi setiap orang. Anda pun akan menerima gaji bulanan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, ternyata banyak sekali karyawan yang masih belum bisa mengelola uang dengan baik sehingga mengalami kebingungan di akhir bulan.

Salah satu kunci yang paling jitu agar Anda tidak merasa sengsara di akhir bulan adalah dengan cara menghemat uang belanja bulanan. Teori saja memang terdengar mudah yang sulit adalah cara kita menjalankannya. Namun, Anda juga tidak boleh menyerah begitu saja demi kesejahteraan hidup di masa yang akan datang.

Sifat dasar manusia yang tak pernah puas agaknya ikut mengambil peran, karena berapa pun besaran gaji yang diterima seakan tidak akan pernah cukup. Semakin besar gaji, semakin besar pula pengeluaran. Lantas, bagaimana menyiasati agar pengalokasian gaji tidak mengakibatkan defisit anggaran?

Info Loker

Mungkin Anda bingung bagaimana tips menghemat gaji bulanan, berikut 7 tips menghemat uang bulanan yang dapat Anda lakukan mulai hari ini.

1. Mulai membuat anggaran bulanan

gaji

Mulailah untuk membuat anggaran bulanan Anda. Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, disinilah Anda harus benar-benar pintar dalam mengatur kebutuhan apa yang memang sangat diperlukan dan kebutuhan apa yang tidak terlalu dibutuhkan.

Buatlah anggaran bulanan dengan membaginya menjadi dua kelompok yaitu kebutuhan primer seperti makanan, ongkos untuk bekerja, tagihan listrik, tagihan air, tagihan kendaraan, cicilan rumah, dan lain sebagainya dan juga kebutuhan tersier seperti shopping, hang out, travelling, dan lain masih banyak lagi yang lainnya.

2. Menabung

Sebagai seorang karyawan tentu saja Anda harus hidup hemat agar tidak sengsara dikemudian hari. Hidup hemat bisa diawali dengan cara menyisihkan gaji Anda untuk ditabungkan. Ya, cara menghemat uang belanja bulanan ini terbukti efektif untuk menekan pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Menabung tidak harus banyak-banyak yang penting Anda rajin dan tertib menyisihkan uang setiap bulannya yaitu sehabis Anda menerima gaji. Yuk, budayakan hidup hemat dengan cara menabung dan mulai lakukan investasi pada gaji bulanan Anda

3. Segera bayar tagihan tidak perlu menunda

gaji

Catatlah segala tagihan yang Anda miliki saat ini karena itu merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai Anda lupa untuk membayar tagihan dan akhirnya Anda yang akan terkena masalah.

Alangkah lebih baik jika Anda membayar semua tagihan pada awal bulan saat baru saja menerima gaji. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari lupa membayar tagihan dan juga mempermudah Anda dalam mengatur keperluan bulanan.

4. Membuat laporan keuangan harian

Jangan takut dianggap pelit karena membuat laporan keuangan harian. Hal tersebut penting dilakukan agar kesehatan finansial Anda senantiasa terjaga. Tak perlu serumit laporan keuangan perusahaan berskala besar, sederhana saja, bisa berupa jurnal yang mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan tambahan jika ada.

Catatlah pengeluaran Anda setiap harinya. Tidak perlu membuat catatan yang sangat rapi karena tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut, cukup membuat catatan yang lengkap dan mudah dipahami oleh Anda sendiri.Dengan melakukan cara tersebut, Anda akan mengetahui kemana saja uang Anda selama ini dan Anda pun dapat menganalisa kira-kira keperluan apa saja yang tidak perlu Anda beli di bulan yang akan datang.

5. Kurangi kebiasaan nongkrong diluar

gaji

Sungguh tidak ada yang salah dengan kegiatan berkumpul/nongkrong bersama dengan teman terdekat atau kerabat. Namun, jika kegiatan ini dirasa tidak bermanfaat, Anda lebih baik menguranginya.

Sebagai contoh, jika sebulan Anda nongkrong sebanyak 8 kali dengan pengeluaran Rp 1,5 juta, kurangi menjadi 4 kali nongkrong alias sekali seminggu. Dengan demikian, Anda berhemat 50%, bukan?

6. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Kartu kredit bisa saja membantu Anda dalam menghemat uang jika digunakan secara bijak. Misalnya saja kartu kredit digunakan untuk promo barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari atau bisa juga digunakan untuk membayar tagihan-tagihan Anda seperti tagihan rumah, tagihan mobil atau motor dan juga tagihan yang lainnya.

Kartu kredit memang dapat memudahkan urusan Anda, namun tidak selamanya demikian karena uang Anda bisa terkuras habis jika menggunakannya secara sembarangan. Penggunaan yang tidak terkontrol justru akan merugikan Anda. Untuk itu, jika memang belum bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, sebaiknya jangan menggunakannya.

7. Pergunakan kupon diskon atau promo untuk berbelanja

gaji

Tidak perlu malu jika Anda membeli suatu barang yang sedang ada diskon atau promo karena ini merupakan cara menghemat uang belanja bulanan yang paling jitu. Pintar-pintarlah dalam mencari informasi yang berkaitan dengan promo atau diskon mengenai barang-barang keperluan sehari-hari dan juga makanan.

Sekarang ini ada banyak sekali supermarket yang menawarkan kupon diskon ataupun kupon promo untuk pembeli yang sudah memiliki kartu langganan. Untuk mendapatkan informasi mengenai promo dan diskon, silahkan sering-sering kunjungi laman internet.

Berapa pun besaran gaji tetap harus disyukuri dan dinikmati. Namun, perlu dicatat bahwa menikmati bukan berarti harus berperilaku konsumtif. Bedakan kebutuhan dengan keperluan, apalagi keinginan.

Jika keperluan dan keinginan lebih dominan dibandingkan kebutuhan, maka berapa pun gaji yang Anda peroleh tidak akan cukup untuk memenuhinya. Aturlah uang Anda sebaik mungkin, agar tidak gigit jari di kemudian hari.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

(Visited 18 times, 1 visits today)