8 Persiapan Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Mengikuti Job Fair

Selamat Siang sobat TOG, Pameran lowongan pekerjaan (job fair) merupakan ajang melamar pekerjaan sebanyak banyaknya. Dalam acara ini, banyak stan-stan perusahaan berbondong-bondong membuka lowongan pekerjaan. Tentu saja, stan (booth) tersebut sangat memudahkan para pencari kerja karena mereka tidak harus datang ke kantor atau mengirim lamaran kerja dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya untuk melamar.

Job Fair merupakan event yang paling dinanti oleh para pencari kerja. Biasanya job fair ini berlangsung selama 3 sampai 7 hari yang diselenggarakan di kota-kota besar Indonesia. Peserta dari job fair tersebut adalah perusahaan-perusahaan berbagai bidang maupun lembaga sosial yang sudah memiliki nama yang cukup besar.

Pada event job fair ini, selain memudahkan Anda untuk bertemu dengan perusahaan yang diinginkan juga Anda kan dihadapi dengan persaingan dari calon pekerja lain yang memiliki tujuan yang sama.

Oleh karena itu, ketika Anda hendak mengikuti event job fair ini harus dalam keadaan siap mental dan persiapan yang cukup matang.

Info Loker

Lalu, persiapan apa saja yang harus kita lakukan? Berikut 8 Persiapan wajib kamu lakukan saat mengikuti job fair agar dipanggil wawancara:

1. Mempersiapkan CV terbaik

job fair

Curriculum Vitae atau lebih dikenal dengan CV ini merupakan hal yang sangat penting untuk melamar pekerjaan. CV ini berisikan tentang biodata diri Anda dan juga data-data pengalaman Anda dalam bekerja.

Oleh karenanya, persiapkan CV tersebut dengan sebaik mungkin. Mulai dari kejelasan nama, alamat, riwayat pendidikan, prestasi, dan juga riwayat pekerjaan yang pernah Anda lakukan. Hindari pula membuat CV dengan berlebihan hingga mencapai lebih dari 3 halaman. Kuncinya adalah CV tersebut bisa menggambarkan diri Anda secara jelas dan padat.

2. Buat daftar perusahaan favorit

Engga perlu takut keliatan naif dengan kamu buat daftar perusahaan-perusahaan favoritmu, karena dengan begitu kamu bisa milih job fair yang cocok buat didatengi.

Kalo ternyata emang engga ada perusahaan yang dimaksud, baiknya sih jangan buang waktu, langsung aja fokus ke perusahaan berikutnya yang udah jadi catatan di daftar list kamu tadi.

3. Berpakaian rapi dan sopan

job fair

Selain persiapan dari segi CV dan tempat acara, perisapan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan berpakaian rapi dan sopan. Anda bisa menggunakan pakaian rapi, sopan, dan juga terbaik. Pakailah pakaian yang memang biasa Anda gunakan untuk mencari kerja.

Penampilan Anda yang menunjang pun akan menjadi daya tarik sendiri bagi HRD yang berjaga di job fair tersebut.

Jangan sesekali menggunakan pakaian santai, karena akan dianggap seperti menyepelekan atau tidak ada tekad yang kuat untuk bisa bekerja di perusahaan yang sedang anda incar.

4. Membawa perlengkapan pendukung

Setelah kamu siap dengan hard copy CV, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang mendukung lainnya seperti alat tulis, softcopy CV, laptop, KTP, fotocopy ijazah dan perlengkapan lainnya yang memang menunjang keperluan Anda untuk mengikuti job fair.

Membawa perlengkapan pendukung di atas sifatnya wajib terlebih jika Anda belum mengetahui kondisi saat job fair. Perlengkapan pendukung tersebut, bisa jadi bahan cadangan utama yang Anda perlukan di saat kondisi-kondisi urgent yang tidak menentu.

Jika perlengkapan pendukung tersebut Anda bawa, tentu saja kesempatan untuk diwawancara akan terbuka lebar. Karena Anda memiliki persiapan yang cukup matang dibandingkan peserta job fair lainnya.

5. Ramah pada orang lain

job fair

Untuk bisa menarik perhatian orang lain terutama pihak HRD perusahaan yang dituju sebaiknya Anda harus bersikap ramah. Tentu saja dengan memasang wajah ramah tersebut, bisa membuka pintu rezeki Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Bersikap ramah ini tidak hanya ditujukkan kepada pihak HRD perusahaan, melainkan kepada sesama calon pekerja yang notabenenya adalah saingan Anda. Boleh jadi, dengan sikap ramah tersebut Anda bisa mendapatkan teman yang cocok dengan Anda.

Secara manusiawi, Tak akan ada yang nyaman melihat ataupun dekat-dekat dengan orang yang memiliki muka masam atau tak bersahabat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu bersikap ramah.

6. Istirahat lebih awal

Seperti yang diketahui bersama, bila Anda istirahat lebih awal akan membuat Anda lebih fresh dan sehat di pagi hari. Jika Anda bergadang tentu saja akan membuat wajah tidak fresh dan mempengaruhi mood serta konsentrasi Anda.

Tentu, Anda tidak ingin gagal dalam wawancara bukan? Oleh karenanya, berusahalah untuk tidur lebih awal agar bisa bangun lebih cepat dan bisa berburu job dengan fit. Selain istirahat lebih awal, jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu jika memang ingin datang ke tempat job fair lebih pagi. Sarapan ini sangat berguna untuk bisa meningkatkan konsentrasi Anda selama mencari pekerjaan di job fair.

7. Berdoa

job fair

Tak ada usaha yang sukses bila tak diiringi dengan berdoa. Oleh karenanya sebelum dan sesudah menyerahkan lamaran berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk diberikan yang terbaik. Jika memang sudah menjadi rezeki Anda, maka segala sesuatunya akan dimudahkan termasuk dalam hal wawancara.

Jika Pekerjaan tersebut belum menjadi rezeki Anda, yakinlah akan ada rezeki lain  yang lebih besar yang layak untuk Anda dapatkan.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di recruitment@tog.co.id

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

 

 

(Visited 132 times, 1 visits today)