8 Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

8 Tips Ampuh Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Sobat TOG, Memiliki daya ingat yang cukup kuat tentunya menjadi keinginan bagi setiap orang. Hal ini berkaitan dengan fungsi otak yang bekerja untuk berpikir hingga ke alam bawah sadar. Namun terkadang kerja otak dapat menurun meskipun di usia yang masih muda. Sehingga membuat anda memiliki daya ingat yang kurang baik, bahkan membuat anda dapat melupakan hal-hal yang penting.

Otak itu ternyata mirip seperti otot. Kita perlu berolahraga dan makan sehat untuk meningkatkan kekuatan otot kita. Demikian juga untuk otak, jika kamu tidak melatihnya, otak hanya akan menjadi bagian tubuh yang biasa-biasa saja.

Banyaknya beban pikiran bisa membuat daya ingat Anda menjadi lebih lemah dan tentu saja hal ini akan mengganggu Anda baik selama proses belajar atau bekerja. Jika Anda memiliki daya ingat yang lemah lalu bagaimana Anda mau maksimal dalam bekerja?

Info Loker

Berikut ini ada beberapa cara yang ampuh dan tepat untuk meningkatkan daya ingat juga konsentrasi Anda:

1. Perhatikan Asupan Makanan

 

daya ingat

Untuk meningkatkan daya ingat otak, tentunya Anda harus memperhatikan nutris yang anda asup. Menjaga asupan nutrisi untuk otak, sebenarnya sangat mudah. Anda cukup banyak mengkonsumsi sayuran serta mengurangi makanan-makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Beberapa nutrisi yang baik untuk otak antara lain adalah MCT (Medium-Chain-Triglycerides) dan omega 3. Untuk omega 3, anda bisa mendapatkannya dengan mudah dari ikan salmon, kedelai, bayam, makanan laut, dan minyak ikan. Sedangkan MCT bisa anda dapatkan dari minyak kelapa.

2. Olahraga yang teratur

Olahraga yang teratur juga dinilai sebagai cara menjaga daya ingat yang efektif. Olahraga teratur dapat memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak, mendorong perkembangan sel saraf baru, mengurangi resistensi insulin, mengurangi peradangan, serta merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak. Setidaknya Anda disarankan untuk melakukan olahraga, seperti berjalan kaki, selama 45 menit sebanyak tiga kali seminggu.

3. Menjaga Kualitas Tidur

daya ingat

Kebanyakan orang terlalu lama tidur yang menyebabkan otak tidak digunakan untuk berpikir dalam waktu yang lama, atau sebaliknya ketika Anda memaksa untuk begadang dan menggunakan otak terlalu lama dan tidak istirahat.

Untuk menjaga daya ingat agar tetap kuat, anda harus tetap menjaga kualitas dari tidur anda sehari hari. Dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas, tentunya bisa membantu pengoptimalan dari kerja otak. Tidur yang cukup minimal 6-8 jam setiap harinya untuk mendukung kinerja otak anda.

4. Aktif Bersosialisasi

Jangan putuskan hubungan silaturahmi dengan orang-orang di sekitar Anda. Bercengkrama dengan teman, sahabat, dan orang-orang tercinta adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Berkumpul dengan mereka, memungkinkan Anda terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

Bersosialisasi dengan orang-orang yang mempunyai minat dan kesukaan yang sama dapat menghilangkan stress dan depresi. Kedua hal tersebut dapat memberi kontribusi terhadap penurunan daya ingat. Anda tidak boleh melewatkan waktu berkumpul dengan teman atau orang yang Anda cintai. Selain itu bertemu dengan orang yang berbeda dan menciptakan perbincangan dengan mereka dapat menjaga otak Anda tetap tajam.

5. Sering Membaca

daya ingat

Mungkin salah satu kebiasaan ini ada yang menyukainya ada juga yang tidak. Karena bagi beberapa orang membaca merupakan hal yang membosankan dan juga membuat Anda mudah mengantuk. Padahal semakin banyak membaca maka daya ingat semakin terasah.

Mengikuti sistem pisau semakin diasah akan semakin tajam, maka otak akan ikut terasah jika semakin membaca. Luangkan waktu,  walaupun hanya untuk membaca hal-hal kecil seperti artikel atau berita sekilas yang sering ada pada ponsel pintar sekarang ini.

6. Memainkan Permainan Yang Mengasah Otak.

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan permainan-permainan otak. Dengan permainan otak tersebut akan membuat otak bisa sedikit berpikir dan membuat sel-sel di dalamnya tetap dapat terhubung. Jika anda jarang mengasah kemampuan otak anda, maka sel-sel yang ada di dalam otak akan mudah terdegenerasi sehingga membuat anda mudah lupa.

Banyak sekali permainan otak yang bisa anda pilih. Misalnya catur, permainan ini membutuhkan fokus dalam berpikir untuk menentukan langkah yang selanjutnya dilakukan. Rutinlah untuk mencoba melatih otak setidaknya 20 menit di dalam sehari. Jika anda tak terlalu menyukai jenis permainan otak, anda bisa mencoba untuk mempelajari bahasa asing ataupun mengembangkan hobi serta kemampuan yang baru.

7. Visualisasikan Ingatan Melalui Gambar

daya ingat

Para ilmuwan membuktikan bahwa bagi manusia, gambar itu lebih mudah di ingat daripada kata-kata. Jadi jika kamu sering membayangkan atau memvisualisasikan data atau fakta, kamu akan jadi lebih mudah untuk mengingatnya. Kamu bisa melakukan ini mulai dari hal-hal kecil. Misalnya, jika kamu harus membeli tomat di supermarket, bayangkanlah dirimu mengangkat sebuah tomat raksasa yang ukurannya lebih besar dari sebuah mobil. Dijamin kamu pasti dapat mengingat hal itu!

8. Atur aktivitas Anda

Sering sekali seseorang lupa akan barang yang ia taruh karena diletakkan di sembarang tempat. Ingat berapa kali Anda harus membeli pensil, pulpen, atau alat-alat tulis lain karena Anda sembarangan menaruhnya. Untuk itu, cobalah merapikan hidup mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang di tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Ini akan membuat otak Anda lebih fokus sehingga daya ingat tetap terjaga.

Maksimalkan juga pemakaian gadget, kalender, dan alarm, untuk membantu mengingat rutinitas sehari-hari. Agar aktivitas makin terbantu, aturlah jadwal sehari-hari agar tetap sama sehingga otak mudah mengingatnya.

Gaya hidup sehat tidak hanya kunci untuk tubuh yang sehat tapi juga dapat meningkatkan daya ingat, terus terapkan gaya hidup yang sehat demi kelancaran Anda belajar dan bekerja. Dengan daya ingat yang baik tentu akan mempermudah Anda dalam mendapatkan hasil kerja yang lebih baik dan mendapat hasil yang juga maksimal.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

By |2018-11-06T13:53:55+00:00November 6th, 2018|Article, Career|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat