Semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan perusahaan akan profesi AI engineer juga meningkat. Nah bagi kalian yang tertarik untuk terjun dibidang ini, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Artificial Intelligence?

AI adalah mesin atau sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk meniru perilaku manusia. Kok bisa? karena sistem komputer tersbut bisa melakukan ‘pembelajaran’ melalui beragam data dan informasi yang diberikan. Jadi apabila sistem tersbut sering digunakan manusia, lama-kelamaan sistem tersebut akan dapat beradaptasi dengan perilaku penggunanya.

Pengertian AI Engineer

AI engineer adalah profesi yang bertugas membangun atau mengoptimalkan sebuah proses AI pada suatu sistem. Profesi ini akan sangat penting bagi perusahaan jika memiliki beragam sistem, seperti integrasi cloud dengan server, integrasi front-end dan back-end, dan memberlakukan sebuah automasi.

Tugas dan Tanggung Jawab AI Engineer

1. Berkoordinasi data analyst dan business analyst

Jika Anda bekerja dibidang ini, Anda perlu berkoordinasi dengan data analyst untuk mengenal prilaku konsumen dan data lainnya. Sedangkan untuk business analyst, Anda harus berkoordinasi sehingga mengetahui konsep seperti apa yang akan dikembangkan ke depannya.

2. Melakukan automasi perangkat yang digunakan tim data science

Seorang data scientist tentu erat dengan beragam data dan informasi dari konsumen atau pengguna. Dalam konteks itu, seorang AI engineer bertanggung jawab membuat automasi agar data scienctist tidak perlu memasukkan satu per satu data yang dibutuhkan secara manual.

3. Mengetes dan menerapkan model sistem

Tugas selanjutnya adala menerapkan dan mengetes model yang telah dibuat. Selain itu, untuk mengetahui apakah model dapat mengoptimalkan sistem yang telah ada sebelumnya.

4. Menjalankan analisis statistik

Memberikan analisis berdasarkan beragam data dan hasil pengujian dari model yang sudah dibuat sangat penting bagi pengambilan keputusan terhadap pengembangan perusahaan ke depannya.

Skill AI Engineer

Jika Anda ingin bekerja dibidang ini, Anda harus menguasai kemampuan dibawah ini;

  • kemampuan pemrograman
  • statistika
  • matematika dan pemahaman algoritma
  • menguasai perangkat pengolahan big data
  • komunikasi dan pemecahan masalah

Baca juga : Bagaimana Prospek Gaji Game Developer di Indonesia?

(Visited 8 times, 1 visits today)