Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa yang populer karena sudah digunakan oleh para Programmer dalam berbagai perusahaan di dunia. Dan Java telah ada sebagai bahasa pemrograman dan bertahan selama 20 tahun terakhir ini.  Jika Anda tertarik dalam mempelajari satu dari banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini. Mungkin belajar Java bisa Anda perhitungkan. Bukan tanpa alasan Anda perlu mempelajari bahasa Java. Karena bahasa Java memberikan Anda kemudahan dari program mereka yang sederhana dan masih banyak lagi alasan penting mengapa Anda perlu belajar bahasa Java.

Berikut 7 alasan mengapa kita harus belajar Java

1. Bahasa Java mudah dipelajari

belajar java

Image Source : linkedin.com

Bila Anda melihat syntax yang ada pada program Java, kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, dan sedikit sekali karakter-karakter asing. Hal ini menjadikan program Java mudah dibaca dan juga mudah untuk dipelajari. Sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik, Java memang didesain agar mudah untuk dipahami oleh pengguna, dan menghasilkan produk dengan cepat melalui bahasa ini.

2. Java merupakan Multiplatform

Keuntungan utama dari bahasa Java adalah dapat dijalankan di beberapa platform/sistem operasi komputer saat ini, itu memang sesuai dengan prinsipnya yaitu tulis sekali, jalankan dimana saja. Dan berkat hal ini Java digunakan oleh para Programmer.

3. Memiliki open source library yang sangat lengkap

belajar java

Image Source : jaxenter.com

Java  memiliki kelengkapan library/perpustakaan(kumpulan program-program yang disertakan dalam pemrograman Java) yang akan memudahkan Programmer dalam membangun aplikasinya.

Baca juga artikel lainnya : Python vs Java di 2019, Ini Perbandingan, Fitur dan Aplikasi

4. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek

OOP (Object Oriented Programming– Pemrograman Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat pada bahasa pemrograman Java adalah objek.  Ini merupakan cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai kelompok objek yang saling berinteraksi. 

Objek-objek ini ada secara independen, mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerintahkan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu. Kelas bertindak sebagai modul sekaligus tipe. Sebagai tipe maka pada saat jalan, program menciptakan objek-objek yang merupakan instan-instan kelas. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak mengijinkan pewarisan jamak namun menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang lebih elegan.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Mempunyai dukungan dari komunitas

belajar java

Image Source : res.cloudinary

Untuk saat ini Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Ini membuktikan bagaimana Java dapat membantu para developer untuk mempermudah pengembangan aplikasi. Java memiliki banyak sekali forum-forum yang aktif, stackoverflow, organisasi yang menyediakan open source dan beberapa grup dari pengguna Java untuk membantu segalanya.

Baca juga artikel lainnya : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Java

6. Bahasa Java Terdistribusi

Bahasa Java sengaja dibuat untuk membuat aplikasi menjadi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada bahasa pemrograman Java.

7. Bahasa pemrograman Java gratis dan ada dimana saja

Java tidak memungut biaya untuk aplikasi yang dibuat, karena sejak awalnya Java sudah gratis. Faktor ini menjadikan Java semakin populer, dari Programmer sebagai individu atau dari segi organisasi yang akan mengembangkan programnya dengan strategis. Java ada dimana saja. Benar sekali, Java ada di mobile, dekstop, card, dan sebagainya, begitu pula dengan banyaknya Programmer Java.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah berbagai alasan pentingnya kita belajar bahasa pemrograman Java. Tentunya jika selama konsep pemrograman berorientasi objek masih menjadi salah satu yang terbaik, maka Java akan tetap semakin solid dan bertahan sampai di masa depan.

Jika Anda seorang Programmer dan menguasai bahasa pemrograman Java, serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 50 times, 1 visits today)