5 Alasan Penting Perusahaan Besar Wajib Menggunakan Layanan Data Center

Selamat Siang Sobat TOG Indonesia dimana pun anda berada sekarang, Data Center atau pusat data merupakan sebuah sistem penyimpan data terpadu yang dirancang khusus untuk menyimpan dan mengamankan seluruh data yang berkapasitas besar dalam sebuah sistem komputer. Data center ini diperlukan untuk melindungi semua data dari berbagai kemungkinan adanya kerusakan, kehilangan atau terjadinya sebuah bencana pada sistem komputer perusahaan.

Karena data yang dikelola bersifat kompleks, rumit, besar dan bersifat krusial, maka sekalipun data tersebut telah disimpan di dalam sebuah komputer server lokal maka untuk menjaga keamanan data dan resiko dari berbagai kerusakan atau bencana makan Data Center tetap diperlukan.

Info Loker

Untuk bisa melakukan kegiatan operasional dengan tenang dan nyaman, sebuah perusahaan memerlukan Data Center. Data Center ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengakses data mereka sewaktu-waktu. Data Center dapat memberikan jaminan keamanan data bagi perusahaan penyewa layanan tersebut.

Sebagai pelaku bisnis atau pengelola perusahaan tertentu, Anda tentunya ingin agar data Anda selamat, bukan? Oleh sebab itu, Data Center bisa Anda jadikan sebagai solusi. Berikut ini 5 alasan penting perusahaan besar wajib menggunakan layanan Data Center.

1. Efisiensi Waktu

data center

Perawatan pusat data selain memerlukan anggaran juga waktu. Untuk membuat agar pusat data Anda tetap bisa berjalan normal, Anda perlu melakukan maintenance secara berkala. Untuk itu, Anda harus membuat jadwal maintenance tersebut yang ditujukan sebagai tanggung jawab divisi IT di perusahaan Anda. di lain sisi, divisi IT juga memiliki proyek lain yang harus segera diselesaikan.

Dengan keharusan untuk melakukan maintenance pusat data secara berkala, tentunya bisa Anda bayangkan berapa lama waktu yang harus terbuang. Berbeda jika Anda menggunakan layanan pusat data. Karena tidak harus melakukan maintenance, maka anda pun bisa menghemat lebih banyak waktu.

2. Meminimalisir Risiko Downtime

Khususnya bagi perusahaan berskala besar, downtime yang terjadi bisa memberikan kerugian dalam segi finansial. Setiap detiknya selalu berharga. Semakin banyak frekuensi downtime pada suatu pusat data maka semakin banyak kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan Anda. sebaliknya, jika Anda mempercayakan pusat data Anda kepada vendor layanan yang sudah memiliki sertifikat minimal Tier 3, Anda tak perlu mengkhawatirkan lagi dampak downtime yang mungkin terjadi. Pada akhirnya hal ini akan berdampak pada kualitas yang Anda berikan untuk konsumen Anda.

3. Data Anda Aman

data center

 

Dengan “menitipkan” data Anda pada layanan pusat data, Anda tak perlu khawatir ketika terjadi bencana. Semisal di lokasi perusahaan Anda berada terjadi banjir atau gempa bumi. Tentunya infrastruktur pusat data Anda juga akan mengalami kerusakan, bukan? Sehingga memerlukan waktu untuk pemulihan. Jika Anda mempercayakan pusat data Anda pada vendor tertentu yang jauh dari lokasi terjadinya bencana, maka anda tetap bisa melakukan kegiatan operasional tanpa harus menunggu waktu pemulihan karena data Anda masih aman berada di pusat data vendor.

4. Skalabilitas yang Lebih Tinggi

Ketika Anda telah berhasil membuat pusat data secara internal di perusahaan Anda, Anda mulai memakainya. Ternyata setelah beberapa tahun berjalan, Anda membutuhkan pusat data dengan kapasitas yang lebih besar sehingga Anda pun harus menambah infrastruktur lagi. Proses penambahan infrastruktur bukan hal yang sederhana tetap Anda memerlukan serangkaian proses. Dengan memakai layanan pusat data, Anda tidak perlu melakukan itu semua. Anda bisa menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan sewaktu-waktu.

5. Menghemat Pengeluaran Perusahaan

data center

Anggaran tidak hanya diperlukan ketika Anda membeli semua keperluan infrastruktur untuk pusat data Anda. Jangan lupa bahwa instrumen-instrumen infrastruktur ini juga memerlukan perawatan agar tetap bisa berjalan normal. Tentu hal ini akan mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya tambahan, bukan? Belum lagi jika terjadi kerusakan. Anda memerlukan biaya tambahan lainnya. Pengadaan pusat data di dalam lingkup perusahaan cukup memakan biaya.

Apabila Anda sedang membutuhkan pelatihan training tentang CERTIFIED DATA CENTER PROFESSIONAL (CDCP) di PT. TOG Indonesia yang mana apabila rekan-rekan berminat bisa berkunjung ke website kita atau bisa langsung menghubungi untuk nomor telepon kita disini -> Phone: 021-21192578,  WhatsApp: 08151622988

Kita PT TOG HR Indonesia merupakan perusahaan IT outsource indonesia yang bergerak dalam kategori IT Professional Service, Managed Service dan Training & Development saat ini masih terus membuka peluang kerja bersama para rekan-rekan yang mau bekerja sama dengan kita, Dalam hal ini kita juga sudah banyak bekerja sama dengan para klien ternama seperti Adira Finance, ANTIKODE, Bank Indonesia, MNC Finance, CSUL Finance dan masih banyak lagi. Apabila ada rekan-rekan yang berminat bekerja sama dengan kita silahkan kirim CV Lengkap ke [email protected] dengan subject WEB_Name_Position_Nationality.

Salam Sukses

TOG INDONESIA

 

(Visited 9 times, 1 visits today)