Data mining merupakan serangkaian proses yang digunakan untuk mengklasifikasikan, memprediksi, dan mengumpulkan informasi dari kumpulan data dalam jumlah besar. Proses data mining ini berfokus pada penemuan pola-pola dari data tertentu. Dalam penerapannya, klasifikasi dan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan menggunakan algoritma. Berikut daftar algoritma data mining dengan popularitas tinggi dan banyak digunakan.

Algoritma Data Mining Terbaik di Tahun 2021

Algoritma Data Mining Terbaik

1. Algoritma C4.5

Algoritma C4.5 banyak dikenal sebagai algoritma untuk klasifikasi data, yang memiliki atribut-atribut numerik dan kategorial. C4.5 membuat classifier dalam bentuk pohon keputusan (Decision Tree).  Bila diartikan, pohon keputusan adalah metode pengambilan keputusan dengan mengikuti titik awal alur (root node). Pohon keputusan juga berguna untuk mengeksplorasi data dengan membagi kumpulan data yang besar menjadi kumpulan record yang lebih kecil dan memerhatikan variabel tujuannya.

2. Algoritma K-means

Algoritma K-means merupakan metode clustering non hirarki yang membagi data ke dalam satu atau lebih cluster. Data yang memiliki karakteristik sama dikelompokkan  ke dalam cluster yan sama, sedangkan data yang berbeda akan dikelompokkan ke dalam cluster yang lainnya.

3. Algoritma Naïve Bayes

Naïve bayes Classifier merupakan sebuah metode klasifikasi yang berdasarkan teorema bayes. Algoritma ini digunakan untuk mengklasifikasikan data dengan menggunakan metode probabilitas dan statistik, yang bertujuan memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman di masa lampau.

4. Algoritma Apriori

Algoritma apriori adalah sebuah metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu data-set. Hasil algoritma ini memudahkan pihak manajemen dalam pengambilan keputusan.

5. Algoritma Support Vector Machines

SVM merupakan metode machine learning yang biasa digunakan untuk klasifikasi dan regresi, untuk menemukan hyperplane. Algoritma data mining SVM menggunakan hyperplane untuk membagi data menjadi dua  kategori.

6. AdaBoost

Adaboost merupakan salah satu algoritma supervised pada data mining yang diterapkan untuk membuat model klasifikasi. Pengklasifikasian pada Adaboost bertujuan untuk mendapatkan beberapa data, dan mencoba memprediksi kumpulan elemen data baru. Algoritma ini dapat digunakan dengan algoritma lain untuk meningkatkan kinerjanya.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Data Mining dari Pengertian Sampai Penerapannya

(Visited 43 times, 1 visits today)