Analis sistem merupakan penjabaran dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam berbagai bagian komponennya yang bertujuan agar bisa mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam masalah atau hambatan yang nantinya akan timbul pada sistem, sehingga nantinya bisa dilakukan beberapa proses untuk mengatasi hal tersebut seperti penanggulangan, perbaikan dan juga pengembangan.

Nantinya akan ada orang atau kelompok yang akan melakukan perbaikan atau perancangan suatu sistem dinamakan dengan sistem analis. Sistem analis merupakan orang atau kelompok yang melaksanakan pengembangan sistem. Sistem analis menekuni suatu permasalahan ataupun kebutuhan pada suatu sistem dan sistem analis juga orang yang bertanggung jawab atas terjadinya proses analisis ataupun perancangan pada sistem informasi.

Analis sistem juga memiliki beberapa fungsi didalamnya. Oleh karena itu fungsinya itu mengidentifikasikan masalah-masalah dari pemakai / user. Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user, sehingga dapat mencapai bisnis yang telah dirundingkan dalam organisasi ataupun perusahaan. Memilih berbagai alternatif  metode pemecahan masalah sangat penting dalam membantu untuk merencanakan  dan menerapkan sebuah rancangan sistem yang sesuai dengan permintaan user.

Tahapan Pada Analisis Sistem

analis sistem

Image Source : cdn.staticaly.com

Tahapan Analisis Sistem merupakan kegiatan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan – permasalahan, kesempatan – kesempatan, hambatan – hambatan yang terjadi dan kebutuhan – kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Selain itu, tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan sistem dan sebelum tahap desain sistem. Tahap ini merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan dalam tahap ini menyebabkan kesalahan pada tahap selanjutnya.  Berikut tahapan analisis sistem :

1. Mengidentifikasi Masalah

analis sistem

Image Source : sosiologis.com

Identifikasi masalah merupakan langkah awal yang sangat penting dan harus dilakukan dari analisis sistem. Pada tahapan ini, harus bisa untuk mendefinisikan sebuah masalah yang dihadapi, serta harus dipecahkan agar sistem dapat berjalan dengan baik setelah masalah yang ditemui sudah diselesaikan sejak awal.

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Lebih Jauh Tentang Sistem Outsourcing Di Indonesia

2. Memahami Kerja Sistem yang Ada

Langkah ini dilakukan dengan mempelajari secara rinci bagaimana sistem yang sudah ada berjalan. Untuk mempelajari operasi pada sistem ini diperlukannya data yang dapat diperoleh dengan melakukan penelitian terhadap sistem tersebut

3. Menganalisis Sistem

analis sistem

Image Source : konsultanbisnis.id

Berdasarkan data yang sudah diperoleh dari tahap sebelumnya, maka tahap selanjutnya adalah perlu dilakukannya analisis dari hasil penelitian yang sudah dilakukan untuk mendapatkan pemecahan masalah yang akan dipecahkan.

Baca juga artikel lainnya : Menelisik Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Outsourcing

4. Membuat Laporan

Laporan perlu dibuat sebagai dokumentasi dari penelitian. Tujuan utamanya adalah sebagai bukti secara tertulis tentang hasil analisis yang sudah dilakukan.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah penjelasan lengkap mengenai Analis sistem,  memang analis sistem memiliki peran yang sangat besar dalam sebuah sistem oleh karena itu, pentingnya memperhatikan tahapan analisis sistem agar sebuah sistem dapat berfungsi dengan baik kedepannya.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 31 times, 1 visits today)