Apa Bedanya Software Enginner atau Programmer ?

Artikel ini dibuat karena ada sebagian orang yang masih belum tahu beda dari keduanya apalagi untuk di bagian saat mencoba lamar lowongan kerja di beberapa perusahaan rekrutmen spesialis bidang IT seperti di TOG Indonesia.

Sebut saja ada cerita tentang si A melamar kerja di suatu perusahaan, ketika ditanya oleh bagian HR seperti ini, “Kamu waktu dulu kuliah diajarin arahnya ke Programmer atau ke Software Engineer ?”, Seketika itu juga si A bingung untuk menjawabnya diam karena tidak tahu apa bedanya 🙁

Nah kali ini kita akan membahas ya beda dari Software Engineer atau Programmer.

Apa sih Software Engineer? Apa itu Programmer ?

Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan khusus untuk menulis dan merancang program menggunakan bahasa pemrograman. Sedangkan Software Engineer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk merancang, mengimplementasi dan menganalisis perangkat lunak.

Jadi, pada dasarnya programmer adalah bagian dari software engineer itu sendiri, yaitu pada tahap implementasi perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Wah tapi ini kok sepertinya sama aja ya? hmm coba kita bahas perbedaanya lagi lebih mendetail ya 🙂

Letak perbedaan yang mendetail itu ada di:

1. Programmer

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang programmer :

1. Memahami kode sumber yang ditulis sendiri pada saat ia tidak lagi mengingat detail mekanisme dari program tersebut.
2.Melanjutkan pengelolaan , menyesuaikan , mengembangkan , dan merombak untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan perawatan di masa mendatang.
3.Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah.

2. Software Engineer

Software Engineer lebih dari seorang programmer . Software Engineer selain menulis coding program, mereka juga menganalisa , merekayasa, spesifikasi , dan mengimplementasikan perangkat lunak. Software Engineer juga harus memiliki jiwa kepemimpinan , dan mampu mengelola kelompok kerja agar tetap harmonis .

Keterampilan yang dimiliki Software Engineer:

1. Menguasai hal-hal yang dikuasi programmer, system analyst dan SQA Engineer .
2. Menguasi SDLC (System Development Life Cycle) / siklus hidup pengembangan sistem yang meliputi requiment, design, implementation / construction , testing , dan maintenance .
3. Menguasai metologi software development seperti RUP , Agile, XP , Scrum, dll .

 

Apa Bedanya Software Enginner atau Programmer ?

 

Software engineer adalah orang yang melakukan proses engineering sedangkan programmer adalah orang yang melakukan proses programming . Lalu apa bedanya ? Perbedaanya lagi terletak pada :

1. Kreatifitas

Programmer hanya menulis coding kemudian membuatnya menjadi sebuah perangkat lunak yang siap pakai sedangkan software engineer berfikir bagaimana perangkatl lunak istimewa dikalangan pengguna, mereka benar-bebar berfikir keras tentang fungsi , desain , dll

2. Letak Tugas

Programmer melakukan tugasnya pada tahap construction. Setelah desainer mendesain baru programmer yang mengimplementasikannya dengan menulis koding. Sedangkan software engineer lebih luas atau dapat dibilang semuanya .
3. Upah Kerja
Untuk negara di Indonesia programmer diupah sekitar 5 – 9 juta perbulan sedangkan untuk software engineer 7 – 12 juta perbulan.
Mungkin itu saja perbedaan yang bisa saya bantu tampilkan pada artikel ini, Mau apapun jenis pekerjaannya harus kita jalani dengan semangat dan penuh konsentrasi.
PT TOG Indonesia juga masih membuka untuk beberapa lowongan kerja di bidang IT silahkan kunjungi website kami untuk lebih jelasnya atau bisa untuk tanya-tanya terlebih dahulu melalui e-mail ke [email protected]
Terima Kasih,
Salam Sukses
TOG Indonesia
By | 2018-07-09T18:34:58+00:00 July 9th, 2018|Article, Technology|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat