Sebagai pengguna internet dan teknologi, tentunya Anda familiar dengan istilah hardware dan software. Namun, bagaimana dengan istilah apa itu brainware? Brainware adalah salah satu komponen komputer yang sangat penting, dan menjadi motor penggerak agar komputer dapat beroperasi. Agar dapat memahaminya lebih lanjut, pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu Brainware. Yuk, simak!

Mengenal Apa itu Brainware Mulai Dari Arti, Fungsi, Jenis, dan Contoh

Apa itu Brainware?

Apa itu brainware? Brainware adalah seseorang yang mampu mengoperasikan perangkat komputer, baik itu perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Tugas utama brainware adalah untuk memastikan jika perangkat komputer yang digunakan dapat bekerja secara optimal dan sesuai keinginan user.  

Brainware kerap disebut juga sebagai alat intelektual yang digunakan untuk mengeksplorasi kemampuan sebuah software dan hardware. Tanpa brainware, hardware dan software tidak bisa dijalankan, ini dikarenakan ketiga komponen tersebut saling melengkapi satu sama lain. Apabila ketiganya seimbang, program komputer menjadi lancer digunakan.

 Fungsi Brainware

1. Administrator

Administrator berperan mengelola sebuah sistem pada komputer maupun jaringan komputer. Tanpa adanya administrator, komputer tidak akan bisa beroperasi secara optimal karena tidak menetapkan rules yang jelas.

2. Programmer

Fungsi brainware yang kedua adalah sebagai programmer. Programmer bertugas merancang sebuah program. Dalam hal ini, programmer akan menentukan bagaimana program komputer berjalan dan memastikan keamanan program terlindungi. 

3. Operator

Operator merupakan seseorang yang menjalankan sebuah sistem atau program, sekaligus merawatnya. Operator juga akan memantau dan memastikan perangkat komputer sudah berjalan semestinya.

Jenis-Jenis Brainware

  • Operator Komputer

Brainware ini bertanggung jawab dalam melakukan proses pengolahan data yang berkaitan dengan komputer. Operator komputer hanya mengikuti instruksi dari programmer ketika menjalankan sistem komputer.

  • Project Manager

Project manager adalah brainware yang bertugas sebagai pemimpin project. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pengaturan, waktu, koordinasi, hingga budget merupakan tanggung jawab project manager sebagai brainware.

  • Trainer

Trainer merupakan brainware yang memiliki cakupan dan pengetahuan yang luas. Sehingga trainer memiliki tanggung jawab penuh dalam mendidik orang lain.

  • Konsultan

Konsultan adalah brainware yang bertanggung jawab dalam memberikan konsultasi atau nasehat. Meskipun hanya demikian, semua yang diutarakan konsultan berdasarkan penilaian, riset, dan uji coba, oleh karena itu konsultan pun dapat dikatakan sebagai brainware.

Contoh Brainware

  • Netter

Netter merupakan contoh brainware yang membantu pengguna internet aktif mencari informasi di internet.

  • EDP Department

Entry Data Processing (EDP) bertugas mengelola data elektronik yang dimiliki sebuah perusahaan dengan teknologi komputer.

  • Network System

Sistem operasi ini bertugas untuk menangani sebuah sistem pada jaringan komputer. Sistem jaringan terdiri dari banyak sekali layanan yang dapat digunakan oleh publik. Sistem ini bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna komputer.

Baca Juga: Kenali Apa ituSelenium Tools Testing Terbaik


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 53 times, 1 visits today)