Jika ingin melakukan pengembangan website, Anda harus mengenal apa itu CSS. Kini, mayoritas website menggunakan CSS sebagai tools untuk proses pengembangan. CSS digunakan  untuk mengatur tampilan sebuah website, agar  menjadi lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lengkap apa itu CSS, cara kerja, beserta fungsinya dalam website. Simak sampai selesai, ya!

Mengenal Apa itu CSS dan Fungsinya Dalam Website

Apa itu CSS?

CSS semakin naik daun dan menjadi buah bibir banyak orang. Pasalnya, sebagian besar  pengguna website sundah menggunakan CSS.

Cascading Style Sheet (CSS) adalah bahasa pemrograman yang mampu mengontrol format tampilan halaman sebuah website. CSS ini dapat mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup. Selain itu, CSS juga dapat menyimpan banyak pekerjaan. Mengingat pemrograman ini memiliki kemampuan untuk mengontrol tata letak pada beberapa halaman website sekaligus.  

Pada dasarnya HTML dan CSS saling berkaitan erat, sehingga kinerja keduanya tidak bisa dipisahkan. HTML sendiri merupakan bahasa markup, dan CSS memperbaiki style, kedua bahasa pemrograman ini akan bekerja  dengan beriringan nantinya.

Fungsi CSS

Tentunya, sebagai pemrograman yang populer CSS memiliki fungsinya sendiri dalam pengembangan website. Berikut fungsi dari CSS :

  • Menentukan font selain default pada browser;
  • Menentukan warna dan ukuran teks;
  • Menerapkan warna untuk background website;
  • Memasukan style ke dalam style sheet;
  • Mendesain layout, dan variasi tampilan di berbagai perangkat berbeda.

Cara Kerja CSS

Secara default, CSS bekerja dengan memakai bahasa inggris sederhana berbasis sintaks. Kemudian, CSS juga sudah didukung dengan berbagai rules yang harus ditaati. HTML dirancang untuk mendeskripsikan konten, yang nantinya dibantu dengan CSS untuk memberikan sedikit modifikasi. Kombinasi keduanya dapat membuat tampilan website sesuai yang diinginkan.  

Pengaplikasian pemrograman ini cukup mudah, mengingat struktur CSS ini cukup sederhana.  Struktur CSS terdiri dari beberapa selector dan block, sehingga pengguna bebas memilih elemen yang diinginkan untuk melakukan deklarasi. Selector bekerja dengan mengarahkan elemen menuju ke halaman HTML. Block bekerja untuk memisahkannya dengan titik koma.

Keuntungan CSS

1. Mempercepat Proses desain

Dengan CSS, membuat desain yang sama pada HTML tidak perlu dilakukan dengan menyalinnya satu per satu ke setiap halaman. Anda dapat memanggil kembali halaman web tanpa harus menyalin baris kode fungsi berkali-kali hanya dengan sekali ketik fungsi CSS saja.  

2. Halaman Lebih Cepat Dimuat

Anda tidak perlu menuliskan atribut tag pada HTML di setiap file.  Karena satu kali aturan  CSS sudah menerapkan tag pada file lainnya yang membutuhkan. Dalam satu file hanya mengandung beberapa baris kode untuk dimuat,  kode inilah yang membuat proses download menjadi lebih cepat.

3. Style Beragam

CSS dikenal dengan berbagai style yang dapat memberikan tampilan berbeda dari yang lainnya. Sehingga website Anda semakin diminati oleh banyak orang.

4. Kompatibel di Berbagai Macam perangkat

CSS dioptimalisasi lebih dari satu perangkat, baik pada perangkat versi lama maupun baru.

Baca Juga: Kenali Apa itu PostgreSQL dan Perbedaanya Dengan MySQL

(Visited 31 times, 1 visits today)