Apa itu DBMS? DBMS atau Database Management System banyak digunakan developer untuk membantu mengelola database. DBMS menjadi tempat penyimpanan dan pengolahan kumpulan data dalam jumlah besar. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai DBMS, yuk, simak artikel berikut.

Pengertian DBMS

Sebelum ke penjelasan seputar DBMS, pahami terlebih dahulu mengenai database. Database merupakan kumpulan informasi atau data yang disimpan dalam sistem komputer. Seluruh informasi dalam database memiliki struktur agar dapat dikelola dengan menggunakan command atau perintah tertentu.

Jadi, Apa itu DBMS? DBMS adalah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan, mengambil, dan menjalankan query pada data. DBMS dirancang khusus untuk menghubungkan database dengan pengguna agar proses pengelolaan data dapat berjalan dengan baik.

DBMS bertugas untuk mengelola data database engine, dan schema database guna memperlancar proses manajemen dan pengorganisasian data. Dengan kata lain, DBMS berperan sebagai interface antara end-user dan database yang memungkinkan untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data dalam database dengan mudah.

Fitur-Fitur DBMS

  • Normalisasi Data

Normalisasi data mengurangi risiko duplikasi data dan meminimalisir kemungkinan munculnya anomali destruktif.

  • Aturan dan Batasan Pengguna

Batasan membantu organisasi mencegah kerusakan tak disengaja pada database oleh pengguna. Pengguna dapat menentukan aturan dan kondisi validasi dan integritas untuk memastikan data memenuhi semantik.

  • Keamanan

Keamanan untuk melindungi integritas database beserta catatan di dalamnya. Keamanan DBMS meliputi enkripsi dalam otentikasi pengguna, dan otorisasi pengguna.

  • Cadangan Data

DBMS mendukung pencadangan data logis dan fisik. Cadangan akan melindungi database dari kehilangan data.

Jenis-Jenis DBMS

  1. Hierarchical Database

Hierarchical Database atau basis data bentuk hirarki mengatur data model dalam struktur seperti pohon. Jenis ini merupakan sistem pengelolaan basis data dengan hubungan parent-child.

  1. Network Database

Network database atau basis data jaringan menggunakan struktur jaringan untuk membentuk hubungan antar entitas di dalamnya. Entitas ini diatur dalam grafik yang bisa di akses melalui beberapa cara.

  1. Relational Database

Dalam Relational Database Management System (RDBMS), hubungan antar data bersifat relasional dan dapat disimpan dalam tabel berisi kolom dan baris.

Contoh DBMS

  • Oracle

Oracle merupakan RDBMS untuk mengelola informasi secara terbuka. Database ini menggunakan teknologi database skala perusahaan.

  • MySQL

MySQL merupakan sistem RDBMS yang digunakan dengan sistem manajemen konten terbuka dan platform besar seperti Facebook dan YouTube.

  • SQL Server

SQL adalah RDBMS yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan administrator basis data mengelola basis data dan data query.

  • PostgreSQL

PostgreSQL banyak dikembangkan untuk menyimpan data utama atau penyimpanan data lainnya untuk banyak aplikasi web, selular, geospasial, dan analitik.

Baca juga Mengenal Redis Database Secara Lengkap


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 50 times, 1 visits today)