Di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini, internet sangat mudah diakses oleh semua orang. Namun, di sisi lain, karena kemudahan tersebut muncullah beberapa masalah terkait keamanan perangkat komputer. Untuk menjaga keamanan tersebut, maka dibutuhkan solusi efektif seperti penggunaan Firewall. Apa itu firewall, dan apa pentingnya firewall untuk jaringan komputer? yuk, simak artikel berikut.

Pahami Apa itu Firewall dan Pentingnya untuk Jaringan Komputer

Apa itu Firewall?

Apa itu firewall? Firewall adalah sistem keamanan yang melindungi komputer dari berbagai ancaman jaringan internet, seperti virus, malware, spam, dan lain sebagainya. Dengan firewall, akses ilegal dan tidak sah dari jaringan pribadi dapat dicegah.

Firewall bertugas untuk melakukan monitoring dan mengontrol semua akses yang boleh masuk dan tidak dari jaringan internet ke komputer. Dapat dipastikan dengan adanya firewall, data pada komputer atau server web yang terhubung tidak bisa diakses oleh siapapun.

Jenis-Jenis Firewall

  • Next Generation Firewall

Next generation firewall memiliki fitur utama yaitu pengecekan detail paket, evaluasi sumber paket, dan penentuan penilaian identitas paket. Firewall ini terbagi menjadi beberapa bentuk, yaitu hardware, software, dan cloud.

  • Packet Filtering Firewall

Cara kerja firewall ini adalah dengan mengecek paket sistem. Pengecekan meliputi validasi alamat IP, nomor port, tipe, dan lain sebagainya.

  • Proxy Firewall

Proxy firewall atau application-level gateway bekerja dengan memproses nilai sumber paket dan isinya.

  • Stateful Inspection Firewall

Firewall ini berfungsi untuk mengecek packet source dan membuka isi paket tersebut. Sistem ini akan meningkatkan keamanan, namun mengurangi performa komputer.

Manfaat Firewall

Keamanan tentu menjadi alasan utama firewall digunakan. Berikut beberapa fungsi lain dari penerapan firewall :

  1. Melindungi Data dari Serangan Hacker

Akses internet yang sering tanpa mengontrol traffic, akan meningkatkan peluang terkena serangan peretasan. Untuk mencegah hal tersebut, perlu selalu mengaktifkan sistem perlindungan dari firewall. Firewall diibaratkan sebagai tembok yang menjaga data internal dengan akses luar. Dengan firewall, hacker atau pengguna asing tidak bisa mengakses data pribadi yang dimiliki.

  1. Block Konten yang Tidak Diinginkan

Selain memblokir pesan spam yang mengandung virus, fitur firewall juga dapat memblokir konten website dari alamat yang spesifik pada perangkat komputer. Firewall dapat mengatur secara manual mana website atau konten-konten yang tidak boleh diakses melalui komputer.

  1. Mengakses Layanan VPN

Firewall memfasilitasi penggunaan Virtual Private Network (VPN). Dengan VPN, konten atau website yang diblokir oleh pihak provider dapat diakses kembali. Tentunya hal itu dapat meningkatkan produktivitas kolaborasi, dan data sharing.

  1. Game Online Lebih aman

Firewall dapat mencegah dan memblokir dengan cepat malware atau pesan virus pada saat bermain game online.

 Pentingnya Firewall

Firewall dapat mencegah koneksi ilegal atau traffic yang mencurigakan masuk ke dalam jaringan komputer. Oleh karena itu mengapa sistem keamanan ini sangat penting untuk terus diaktifkan. Selain itu, firewall mampu mengurangi risiko pencurian data, penyalahgunaan informasi, dan kebocoran rahasia perusahaan.

Baca Juga: Network Penetration Testing: Pengertian, Tipe, dan Cara Kerjanya

(Visited 90 times, 1 visits today)