Dalam proyek pengembangan, Git menjadi komponen paling penting bagi para developer. Git adalah tools yang sering digunakan untuk pegembangan software yang wajib dikuasai, baik itu oleh programmer maupun developer. Apa itu Git? Mengapa tools ini penting bagi developer? Nah, bagi Anda yang belum memahami Git, kami sudah menyiapkan penjelasannya. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas.

Apa itu GIT dan Mengapa Penting bagi Developer?

Mengenal Apa itu GIT

Sebelum mengenal apa itu Git,  ada baiknya Anda pahami dahulu tentang Version Control System. VCS adalah sebuah software yang terintegrasi dan digunakan untuk mengelola perubahan source code.

VCS memungkinkan developer untuk menelusuri sejarah perubahan kode serta memahami alasan mengapa kode-kode ini diubah. Singkatnya, pengontrol versi ini bertugas mencatat setiap perubahan pada file proyek yang dikerjakan secara bersama-sama,  maupun sendiri.

Git merupakan salah satu version control system tersebut, yang digunakan untuk menjalankan sebuah proyek kecil maupun besar. Git juga dikategorikan sebagai VCS terdistribusi (Distributed Version Control System), dimana penyimpanan database Git tidak hanya berada dalam satu tempat saja. Setiap developer yang mengerjakan proyek yang sama menggunakan Git, mempunyai penyimpanan code di komputernya masing-masing.

Mengapa GIT Dibutuhkan?

Proyek pengembangan baik itu aplikasi maupun website, tools Version Control seperti Git sangat dibutuhkan untuk melancarkan pekerjaan developer. Dari segi fungsionalitas, Git memiliki keamanan, kinerja, dan keamanan yang dibutuhkan oleh banyak developer, baik personal maupun tim.

Git memudahkan proses pelacakan dan perubahan dari sebuah dokumen. Tools ini menyimpan secara otomatis perubahan yang ada, seperti penambahan code dan perubahan versi software. Dengan begitu, developer bisa lebih mudah melihat perubahan pada kode software atau website. Tentunya hal ini sangat membantu developer dalam melakukan proyek pengembangan. Dengan penyimpanan perubahan yang jauh lebih efektif, tak heran tools ini sangat digemari oleh para developer.

Kelebihan Git

1. Branching

Git memiliki fitur branching, dimana fitur ini memungkinkan pembuatan cabang pengembangan yang berpusat pada satu repository. Selain itu, dengan Git branch, pengembangan fitur baru untuk aplikasi bisa dilakukan tanpa mengganggu pengembangan di branch utama.

2. Merging

Merge merupakan suatu command dalam Git untuk menyatukan kembali branch yang bercabang atau dengan kata lain mengintegrasikan kembali branch menjadi satu. Contohnya, pada saat melakukan percobaan pembuatan cabang dari satu data yang ada, hasil eksperimen bisa di merge atau disatukan dengan mudah.

3. Integrasi Built-in

Git memiliki fitur built-in pada semua tools dan produk, dimana Git support ini memudahkan untuk mengatur integrasi, uji coba secara otomatis, dan masih banyak lagi. Dengan fitur ini, pekerjaan akan lebih mudah dan efisien.

4. Produktivitas Tim

Tim bisa mengerjakan proyek di branching masing-masing secara offline, sebab setiap orang sudah memiliki code lokal yang tersimpan di komputernya. Tool code dalam Git mendorong kolaborasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja tim. 

5. Banyak Source

Git adalah tools yang bersifat open source dan sudah menjadi standar version control yang digunakan. Tentunya banyak sekali source atau komunitas yang bisa membantu ketika terjadi permasalahan dalam melakukan pengembangan menggunakan Git.

Baca Juga: Memahami Lebih Lanjut Apa itu Aplikasi Native


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 48 times, 1 visits today)