Definisi dari Apa Itu Ransomware, mungkin terdengar asing di telinga anda. Namun inilah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang ransomware tersebut. Ransomware masuk ke jenis malware kategori berbahaya karena dapat menyerang perangkat keras anda.

Ransomware bekerja dengan cara menyita atau membuat data serta informasi terperangkap sehingga tidak dapat digunakan lagi sebagaimana mestinya. Setelah hal tersebut terjadi, peretas biasanya akan meminta tebusan berupa sejumlah uang atau aset untuk membebaskannya kembali. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang Apa itu Ransomware dan bagaimana cara mencegahnya terjadi kepada anda :

Ransomware menjadi ancaman tersendiri bagi para pengguna penyimpanan data daring yang mana jenis malware satu ini dapat merugikan korban. Dan selain definisi umum dari Apa Itu Ransomware, fakta berbahaya lainnya adalah virus ini dapat melumpuhkan hampir keseluruhan jaringan untuk menonaktifkan sistem.

Para peretas atau hacker umumnya akan memanfaatkan sistem keamanan yang lemah untuk membobol data dan menyandera lebih banyak informasi sebagai bahan untuk meminta imbalan. Karena menurut data, target dari para pelaku ransomware ini berasal dari kalangan pebisnis, perusahaan hingga pemerintah.

Jika anda sudah memahami Apa Itu Ransomware, kini ada beberapa tipe ransomware yang juga perlu anda ketahui :

  • Encrypting web server.
  • Screen Locker
  • Master Boot record
    1. Encryption ransomware dan 
  • Mobile device ransomware

Lalu bagaimana ya caranya agar anda terhindar dari Ransomware ini? Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ransomware jika anda sudah memahami Apa Itu Ransomware:

  1. Instal-lah antivirus untuk ransomware dan pilih yang terbaik
  2. Mengupdate secara berkala antivirus dan menggunakan versi paling terbaru saat menggunakan website atau computer.
  3. Lakukanlah pencadangan dingin yaitu dengan menyimpan data serta informasi berhargamu di hard drive berbeda.

Namun apabila anda telah terlanjur mengalami kasus kejahatan ini, berikut adalah cara untuk mengembalikan data yang terkena ransomware :

Perangkat Lunak

Anda bisa mengembalikan file atau data yang telah terkena ransomware dengan fokus pada riwayat penghapusan dokumen asli. Akan lebih baik jika anda menggunakan sejumlah software atau perangkat lunak seperti Stellar, Recuva dan lain-lain.

Membuat Pencadangan.

Windows dapat melakukan backup otomatis secara berkala dan anda dapat memanfaatkan fitur tersebut. Sehingga ketika anda mengalami serangan ransomware, anda bisa memulihkan data menggunakan pencadangan windows ini. 

Baca Juga Mengenal Deface Website dan Cara Mengatasinya

(Visited 14 times, 1 visits today)