UI/UX

UI dan UX. Apa kira-kira yang terbersit dalam pikiran orang awam? Sejenis makanan kah? Atau nama sebuah planet di luar angkasa.

Pertama, mari kita coba mengerti dulu kepanjangan dari UI maupun UX. UI adalah User Interface, sedangkan UX adalah User Experience. Keduanya berhubungan dengan tampilan pada sebuah website atau tampilan dari sebuah aplikasi.

Dari kepanjangannya, kita bisa tahu bahwa keduanya adalah hal berbeda. Sebelum membahas UI dan UX, mari kita pahami dahulu tentang HCI Concept. HCI adalah Human Computer Interaction. Hal ini berhubungan dengan UI atau UX Design.

Apa yang kita lakukan dengan device, komputer, atau laptop selama ini, merupakan bagian dari HCI. Saat anda menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, gesture, dan anda bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut, hal itu yang dinamakan interaksi.

Belajar UI/UX Design kita juga harus tahu interaksi 2 hal tersebut. USER & DEVICE. Kita harus mendesain bagaimana apps, web, dan platform yg lain bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang disuguhkan.

User Interface (UI)
User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah :

Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Untuk mudahnya UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang anda buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Anda bisa mendapatkan inspirasi desain dari behance.com, dribbble.com atau webdesignserved.com.

User Experience (UX)
User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah:

Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Bahasa gampangnya, UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang anda buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Dasar dari User Experience Design ini bisa anda pelajari di situs uxapprentice.com (berbahasa inggris) atau di uniteux.com (situs blog berbahasa indonesia)

Banyak orang yang salah mendifisinikan bahwa UI adalah sama halnya dengan UX, padahal kedua hal tersebut berbeda namun saling terhubung. Dan tugas dari UI/UX Designer sendiri bukan berarti hanya bisa membuat design suatu aplikasi atau website yang keren dan bagus, tetapi bagaimana membuat aplikasi tersebut terlihat simple, dan mudah untuk digunakan orang pada umumnya.

Salam Sukses

(Visited 31 times, 1 visits today)