Apakah Framework Itu?

framework

Apakah Framework itu? Framework dalam web development sama halnya seperti roti, mereka adalah dasar di mana sandwich, yang diibaratkan seperti gabungan aplikasi web, layanan web dan perangkat lunak. Pernahkah anda membuat sandwich dengan roti atau isian yang berbeda? Sama seperti halnya anda yang memiliki banyak pilihan dalam membuat sandwich tentang pilihan roti, isi sandwich, rasa dan lain sebagainya, anda juga memiliki sejumlah pilihan ketika datang ke web app development framework – termasuk, menggunakan framework yang tepat, bahasa, perpustakaan, ekstensi dan sebagainya.

Jadi sebuah framework adalah ‘kerangka’ di mana para desainer dan pengembang membangun aplikasi unik dengan fitur yang diinginkan. Framework ini akan berisi kode-kode umum, struktur pra-template, tetapi bukan UI/UX.

Framework adalah sebuah software untuk memudahkan para programer untuk membuat sebuah aplikasi web yang di dalam nya ada berbagai fungsi diantaranya plugin, dan konsep untuk membentuk suatu sistem tertentu agar tersusun dan tersetruktur dengan rapih.

Tujuan utama framework adalah untuk membuat seluruh proses menjadi sederhana dan menghemat waktu bagi developer dengan membuat tugas yang sulit dan berulang menjadi lebih mudah. Bisa juga dikatakan Framework adalah komponen pemrorgaman yang siap re-use kapan saja, sehingga programmer tidak harus membuat skrip yang sama untuk tugas yang sama. Ada banyak jenis framework yang tersedia dipasaran dan masing-masing memberikan kinerja tinggi dan kelebihan masing-masing.

Sebagian besar aplikasi backend termasuk layanan web, aplikasi web, dan perangkat lunak dikembangkan menggunakan framework ini.

Dengan menggunakan framework bukan berarti kita akan terbebas dengan pengkodean. Karena kita sebagai seorang pengguna framework haruslah menggunakan fungsi – fungsi dan variable yang ada di dalam sebuah framework yang kita gunakan.

Untuk saat ini framework terbagi dua yaitu framework PHP dan framework CSS,
Untuk framework PHP terdiri dari :
– Laravel
– Yii
– Code Igniter
– Symfoni
– Zend Framework
– Cake PHP
– Fuel PHP
– DLL

Dan untuk Framework CSS terdiri dari :
– Bootstrap
– Gumby
– Foundation
– Less Framework
– JQuery UI
– Unsemantic
– Blue Print CSS
– Dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya framework ini, jelas sangat membantu sekali untuk para PHP development dalam mengerjakan tugas atau pekerjaannya. Begitu juga dengan TOG Indonesia, membantu menyediakan lowongan kerja IT sebagai PHP development untuk anda atau keluarga anda.

Salam Sukses

By |2018-06-07T13:05:11+00:00June 7th, 2018|Article, Technology|0 Comments

Leave A Comment

WhatsApp chat