Apakah Yang Dimaksud Dengan AWS ?

Mengenal apakah itu AWS

 

Salah satu layanan Amazon yang akan dibahas adalah Amazon Web Service (AWS). Layanan ini sebenarnya sudah ada dari tahun 2002 namun saat ini baru booming seiring banyaknya perusahaan yang membutuhkan infrastruktur cloud. Amazon Web Service juga memberikan layanan yang memberikan penggunanya untuk memanfaatkan cloud sebagai tempat menyimpan data yang terintegrasi juga mudah untuk dikustomisasi. Jadi, kamu masih bisa melakukan atau menambahkan  kreativitas dalam menggunakan layanan ini.

Siapa Pengguna layanan AWS terbesar ?

 

Slack, User pengguna saat ini sudah mencapai 5 Juta per hari dan itu aktif, lebih dari 30 Juta pesan mengalir melalui Slack setiap minggu baik itu melalui integrasi dengan layanan lain, maupun di dalam internal slack.

Slack adalah suatu aplikasi yang mendukung untuk berkomunikasi dengan tim. 

Banyak orang yang menggunakan Slack hingga 10 Jam atau lebih, berbeda dengan aplikasi seperti Facebook atau Twitter, yang orang hanya sesekali mengecek disaat meeting, atau waktu senggang lainnya. Slack menggunakan sejumlah produk AWS seperti EC2 dengan tipe instance I3 yang support NVME SSD, Elastic Load Balancer, EMR, S3, VPC, Route53, Athena, SNS, SQS, CloudFront dan CloudWatch.

Salah satu keunggulan dari Slack ialah kemudahan membuat aplikasi diatas Slack, seperti integrasi dengan github, jenkins dan pagerduty. Saat ini AWS Lex sudah terintegrasi dengan Slack. Dengan Lex, membuat bot menjadi sangat mudah.

 

Netflix, Dengan menggunakan AWS Global Deployment, Netflix mampu menjangkau banyak negara, mampu membuat banyak instance aws untuk dipergunakan dalam skenario testing maupun development dalam hitungan menit.

Di tahun 2009, Netflix kemudian beralih menuju Infrastruktur cloud AWS. Developer Netflix kemudian diberi kebebasan untuk menjalankan instance di atas AWS. Sedangkan di masa lalu, mereka harus bicara kepada tim Infra, dan ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

Layanan AWS bisa juga membuat Netflix untuk melakukan scale secara elastis, yaitu ketika traffic meningkat, mereka bisa menambah instance, dan ketika traffic sudah turun mereka bisa mengurangi jumlah instance, dan ini adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan internet global seperti Netflix.

 

Airbnb, merupakan sebuah community marketplace yang memperbolehkan pemilik properti dan traveler untuk saling terhubung satu sama lain dengan tujuan menyewa tempat berlibur yang unik di seluruh dunia. Aktivitas para komunitas Airbnb kebanyakan dilakukan via website perusahaan dan melalui aplikasi iPhone / Android. Untuk sekarang ini Airbnb mendukung penyewaan property di 25,000 kota dan dalam 192 Negara.

Airbnb menggunakan AWS sejak hari pertama mereka memulai bisnis, dan hingga tahun 2013 Airbnb sudah memiliki 9 Juta pengunjung, dari angka tersebut tidak menunjukan sedikitpun pengurangan pengunjung, hingga pada suatu malam, jumlah pesanan Airbnb mencapai angka 150,000.

Beberapa produk yang sudah digunakan oleh Airbnb diantaranya EC2, ELB, EMR, RDS, S3, DynamoDB, Elasticache, dan Route53.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Siapa yang pertama menggunakan AWS ?

Airbnb menggunakan AWS kali pertama bisnis mereka dijalankan. Bisnis seperti Airbnb yang berkembang sangat pesat, membutuhkan layanan penyedia cloud yang sangat cepat juga. Kata cepat tersebut bisa kita ambil contoh ketersediaan server. Ketika di saat itu diperlukan 100 server, aws bisa melakukannya dengan mudah dan dalam hitungan menit. Proses scalingtersebut sangat berdampak pada berjalannya bisnis, kita tidak membuat sesuatu kesalahan pada aplikasi yang disebabkan kekurangan server atau server tidak mampu menangani request.

Netflix lalu melakukan migrasi di tahun 2009 dari server tradisional ke cloud provider AWS. Jika sudah mengalami sulitnya berhadapan dengan data center tradisional, dengan bermigrasi ke cloud provider aws, pasti akan merasa lebih nyaman, karena tidak perlu terlalu memikirkan server dan tidak diperlukannya standby di Data Center.

Kenapa menggunakan AWS ?

Selain menawarkan kemudahan, salah satu keutamaan dari AWS adalah fitur “pay as you go“, yaitu bayar ketika dipergunakan. Seperti AWS EC2pricing model yang akan digunakan adalah per jam untuk jenis deployment on-demand. Lalu untuk bagian Kinesis Streams adalah shard hourPUT Payload Unit, dan extended data retention. AWS juga menyediakan simple monthly calculator yang bisa kita pergunakan untuk memprediksi berapa biaya yang akan dikeluarkan

Dan dengan biaya yang cukup murah, kita memiliki layanan yang powerful, contohnya kinesis streams, tanpa perlu me-manage aplikasi streaming seperti apache kafka, kita bisa menyelesaikan masalah yang sama dengan waktu yang lebih singkat. Efeknya, kita bisa men-deliver fitur lebih cepat, kita bisa fokus pada pengguna, kita bisa fokus pada bisnis, dan kita tidak perlu memikirkan “scaling”.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 68 times, 1 visits today)