Apakah Yang Dimaksud Dengan Bisnis Analis ?

Rekan pembaca setia TOG Indonesia, Business Analysis / Bisnis Analis adalah serangkaian tugas, pengetahuan, dan teknik yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan menentukan solusi untuk masalah bisnis perusahaan. Meskipun, definisi umumnya serupa, praktik dan prosedurnya mungkin berbeda di berbagai industri.

Di Industri IT dan Sistem Informasi, solusi sering kali mencakup komponen pengembangan sistem, namun mungkin juga terdiri dari perbaikan proses atau perubahan organisasi. Bisnis Analis juga dapat dilakukan untuk memahami keadaan organisasi saat ini, untuk dijadikan dasar identifikasi kebutuhan bisnis. Namun, dalam kebanyakan kasus, hal itu dilakukan untuk menentukan dan memvalidasi solusi yang memenuhi kebutuhan bisnis, sasaran, atau tujuan.

Apakah itu Bisnis Analis ?

Bisnis Analis adalah seseorang yang menganalisa organisasi atau domain bisnis (nyata atau hipotetis) dan mendokumentasikan bisnis, proses, atau sistemnya, menilai model bisnis atau integrasinya dengan teknologi. Namun dalam sebuah organisasi / perusahaan seorang analyst bervariasi ada BA (Business Analyst), SA (system Analyst) SIA (Sistem Informasi Analisis) dll.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Kenapa harus ada seorang Bisnis Analis ?

Organisasi atau perusahaan yang menggunakan seorang BA mempunyai alasan sebagai berikut:

  • Untuk memahami struktur dan dinamika organisasi di mana sebuah sistem akan digunakan.
  • Memahami masalah saat ini dalam organisasi target dan mengidentifikasi potensi perbaikan
  • Untuk memastikan bahwa pelanggan, pengguna akhir, dan pengembang memiliki pemahaman yang sama tentang organisasi target

Pada tahap awal sebuah proyek, ketika requirement sudah dibuat oleh tim solusi dan design, peran seorang Business Analyst (BA) adalah untuk meninjau dokumen, bekerja sama dengan perancang solusi (tim TI) dan manajer Proyek untuk memastikan bahwa persyaratan sudah jelas.

Peran IT Bisnis Analis

Mulai dari menentukan juga melingkupi area bisnis organisasi, kemudian memunculkan persyaratan, menganalisis dan mendokumentasikan persyaratan, mengkomunikasikan persyaratan ini kepada stakeholders, , mengidentifikasi solusi yang tepat dan kemudian memvalidasi solusi untuk menemukan apakah persyaratan memenuhi standar yang diharapkan.

Bisnis Analis berbeda dengan financial analysis, project management, quaality assurance, organizational development, testing, training and documentation development.  Namun, tergantung pada organisasi, Analis Bisnis dapat melakukan beberapa atau semua fungsi terkait ini.

Bisnis Analis yang bekerja semata-mata untuk mengembangkan sistem perangkat lunak / software bisa disebut dengan  IT business analysts, technical business analysts, online business analysts, business systems analysts, atau systems analysts.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

bisnis analis

(Visited 292 times, 1 visits today)