Sejumlah aplikasi data mining banyak digunakan oleh para data scientist untuk melakukan analisis data, dan  memecahkan permasalahan algoritma. Data mining sendiri  merupakan proses pengumpulan informasi untuk melihat pola dari kumpulan data yang sangat besar. Data mining digunakan untuk menyusun data mentah, menemukan pola yang belum diketahui, membuat keputusan bisnis. Berikut ini  rekomendasi software data mining yang biasa digunakan oleh data scientist.

1. RapidMiner

RapidMiner merupakan salah satu aplikasi data mining yang banyak digunakan. RapidMiner dapat melakukan text mining, dimana pengguna bisa mengolah teks, dan mengekstrak pola. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga bisa melakukan deep learning, analisis prediktif, dan machine learning. Aplikasi ini juga banyak dimanfaatkan di berbagai kepentingan, seperti bisnis, komersial, pendidikan, penelitian, pengembangan aplikasi.

2. Orange

Dalam hal visualisasi data, orange merupakan software yang ideal digunakan untuk data mining dan machine learning. Orange menggunakan bahasa pemrograman Python, tiap bagian pada orange dinamakan widgets. Orange berfungsi menampilkan tabel data dan memungkinkan pengguna untuk memilih fitur, membaca data, memvisualisasikan elemen data, dan lain sebagainya.

3. Weka

Waikato Environment for Knowledge Analysis (WEKA), aplikasi ini menggunakan algoritma machine learning dalam melakukan data mining. Weka mendukung tugas-tugas data mining, seperti pra-pemrosesan, klasifikasi, regresi, visualisasi, dan lain sebagainya.

4. SAS Data Mining

Statistical Analysis System (SAS), tool ini digunakan untuk data mining, text mining, dan pengoptimalan data. SAS data mining memiliki arsitektur pemrosesan terdistribusi yang berskala. Dengan tool ini, pengguna bisa mengubah dan mengelola data dari banyak sumber untuk mendukung analisis statik.

5. KNIME

Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat analisis data maupun laporan. KNIME seringkali digunakan, terutama dalam penelitian farmasi. Banyak sekali fitur KNIME yang sangat mudah digunakan. Fitur-fitur tersebutlah yang membantu mempercepat pekerjaan. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh KNIME yaitu quick deployment, dan scaling efficiency.

6. Datawatch

Aplikasi ini menawarkan solusi data mining dan business intelligence. Datawatch memungkinkan penggunanya untuk membangun dan menerapkan sistem monitoring dan analisis tanpa harus menuliskan kode.

7. Oracle Data Mining

Tool ini menyediakan algoritma data mining untuk klasifikasi data, prediksi, dan analitik. Algoritma yang dirancang dalam oracle data mining ini memanfaatkan kekuatan database oracle. Tool ini memiliki beberapa kelebihan, seperti kemampuan dalam menggali data dari table dan skema database.

8. Xplenty

Xplenty merupakan solusi untuk proses ETL berbasis cloud dengan pipeline data sederhana. Aplikasi ini menyediakan platform untuk mengintegrasikan, memproses, dan menyiapkan data untuk analisa. Dengan fitur antar muka yang intuitif, pengguna dapat menerapkan solusi replikasi. Xplenty memungkinkan untuk mengimplementasikan fungsi persiapan data yang rumit sekalipun.

Baca Juga: 10 Pekerjaan Freelance di Bidang IT yang Banyak dicari 

(Visited 25 times, 1 visits today)