Di balik sebuah tampilan website yang bagus, ada peran penting dari program Back End Web Developer yang menopang semua fitur agar dapat berjalan dengan semestinya. Back End Web Developer juga hanya  berfokus pada fungsionalitas. Unsur-unsur yang ada dalam program Back-End biasanya berupa database, bahasa pemrograman, server website, dan service web dan seorang Back End Web Developer bertugas untuk memastikan fungsi fitur berjalan lancar menuju sistem atau database yang digunakan oleh situs tersebut. Namun untuk menjadi Back End Web Developer diperlukan berbagai kemampuan seperti berikut.

1. Memahami Berbagai Jenis Web Server

Back End Web Developer

Image Source : nesabamedia

Web server merupakan software yang memberikan layanan berbasis data, serta berfungsi untuk menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dengan nama web browser. Fungsinya adalah untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. Oleh karena itu pentingnya bagi seorang Back End Web Developer untuk memahami berbagai jenis web server agar bisa menggunakan web server sesuai kebutuhan agar website menjadi optimal.

2. Mengerti Tentang Database dan HTTP

Database adalah media penyimpanan sebuah data. Di sini, segala data yang berhubungan dengan web akan tersimpan, mulai dari data dari web itu sendiri hingga apa yang dimasukkan oleh pengguna. Nah, untuk memasukkan data, maka pengguna akan menggunakan HTTP yang menyediakan kumpulan perintah di dalam komunikasi antar jaringan. Komunikasi itu berlangsung antara web server dengan komputer client atau bahkan sebaliknya.

Baca juga artikel lainnya : Apa itu Backend Developer? Kemampuan untuk Menjadi Web Developer?

3. Memahami Application Programming Interface (API)

Back End Web Developer

Image Source : tgdigitalsolutions

API merupakan  sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol nantinya akan  digunakan oleh seorang Programmer pada saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk dapat berinteraksi dengan sistem operasi.

4. Mengerti Server Side Programming

Pemrograman Server Side merupakan bagian terpenting pada pemrograman web dinamis. Pada bagian ini pilihan bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari sangat banyak. Mulai dari bahasa  yang sudah ada sejak lama seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Python hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

5. Bisa Melakukan Code Versioning 

Back End Web Developer

Image Source : linode

Mengontrol versi dari kode yang dibuat merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh back-end developer saat ini, karena dia harus memastikan program yang dibuat bisa di kembangkan dan mungkin dikembalikan ke versi yang lebih stabil ketika terjadi error saat pengembangan, code versioning control seperti git/svn juga sangat perlu dikuasai jika bekerja dengan sebuah tim.

6. Wajib Membuat Security yang Baik

Seorang back-end developer tentu harus memikirkan keamanan dari aplikasi yang dia buat agar tidak muncul celah-celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain dan berpotensi merugikan perusahaan dan bahkan dirinya sendiri.

Baca juga artikel lainnya : 5 Keahlian Analis Sistem yang Harus Dimiliki

7. Memiliki Keterampilan Analisis dan Logis

Image Source : 3.bp.blogspot

Selain itu, mereka juga harus memiliki kemampuan untuk memecah masalah dan berpikir secara kritis agar dapat menjadi Back End Web Developer yang andal dan bermutu.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Back End Web Developer. Melihat peranan penting yang ditanggung oleh seorang Back End Web Developer, maka sangat penting untuk menguasai skill tersebut.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 49 times, 1 visits today)