Backend adalah bagian belakang layar dari sebuah website. Meskipun pekerjaan seorang backend developer ini sifatnya ‘di balik layar’. Seorang backend developer juga memegang peranan yang sangat penting. Tanpa kehadiran seorang backend developer yang baik, kita tentu tak bisa menikmati tampilan website yang menarik. 

Setiap backend dari situs web meliputi dari tiga bagian: server, database, dan aplikasi. Pengembang backend menulis kode yang memungkinkan ketiga komponen ini berinteraksi dan bekerja sama untuk melakukan fungsi dan menyampaikan informasi kepada pengguna akhir.

Contohnya adalah ketika Anda melakukan pemesanan melalui toko online, kita ambil contoh toko online populer di dunia yaitu Amazon atau E-bay, perangkat lunak bagian backend juga akan membuat entri baru di database situs web yang nantinya berisi informasi tentang pesanan Anda (pengguna atau pengunjung) seperti item, harga, dan alamat pengiriman. Ketika Anda ingin mengambil pesanan atau mengubah beberapa informasi, perangkat lunak backend akan menarik entri spesifik Anda dari database web dan mengirim data ke ujung depan situs, di mana Anda dapat mengeditnya.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Web Developer

Jika Anda tertarik berkarir dan menjadi seorang web developer andal, berikut lima kemampuan yang wajib dikuasai.

Bahasa Pemrograman Seorang Backend Developer

 backend developer

Image Source : pentoz.com

Untuk memastikan komunikasi antara server, aplikasi, dan database berjalan dengan lancar, backend developer biasa menggunakan bahasa programming server-side seperti PHP, Ruby, Python, Java, dan Net. Dan untuk membangun aplikasi dan tools seperti MySQL, Oracle, dan server SQL. Ini dibutuhkan untuk mencari, menyimpan, atau mengubah data dan menyajikannya ke coding front-end. Biasanya job description untuk backend developers akan meminta backend developers untuk familier dengan framework PHP seperti Zend, Symfony, dan CakePHP, pengalaman dengan version control software seperti SVN, CVS, atau Git, dan pe

Menguasai JavaScript untuk Membuat Website lebih Fungsionalis

Penguasaan JavaScript jadi sangat penting guna memberikan sentuhan menarik untuk template website. JavaScript memiliki library untuk bermacam plugin dan extension yang dinamakan dengan jQuery.

jQuery dapat membuat penggunaan JavaScript menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan JavaScript ini, Anda bisa membuat web menjadi lebih interaktif dan fungsional. Kita bisa melihat penerapan JavaScript, misalnya pada tombol like di Facebook, kolom komen di Instagram, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel lainnya : 5 Keahlian Analis Sistem yang Harus Dimiliki

Memahami Analytics untuk Mencari Tahu Perilaku Audiensi

 backend developer

smartdatacollective.com

Kemampuan yang satu ini akan sedikit berbeda dengan ketiga skill sebelumnya, tetapi juga memiliki peran yang cukup penting dalam pengembangan website.

Kemampuan analytics lebih ditekankan kepada kemampuan menganalisis statistik dan profil website Anda kembangkan. Dengan bantuan analytics, seorang web developer bakal memperoleh banyak insight terkait persebaran audiensi, kontan macam apa yang banyak populer di situs yang dia bangun, dan lain sebagainya.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Memahami SEO untuk Meningkatkan Kredibilitas Website di Mata Mesin Pencari

Seorang web developer perlu mempelajari SEO untuk mengoptimasi website agar lebih mudah ditemukan pengguna internet. Singkat cerita, strategi SEO digunakan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama mesin pencari.

Sebagai contoh, jika ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata ‘jual mobil’ di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing, maka Anda harus mengoptimalkan situs menggunakan teknik-teknik SEO seperti penggunaan keyword, riset keyword, menanam backlink, dan lain sebagainya.

Photoshop untuk Membuat Website lebih Menarik

 backend developer

Image Source : imag.malavida.com

Setelah Anda menguasai bahasa pemrograman HTML, CSS dan JavaScript, Kemampuan yang wajib Anda miliki selanjutnya adalah pengolahan visual menggunakan Photoshop. Kemampuan ini akan Anda perlukan untuk membuat tampilan atau desain website menjadi lebih menarik dan memikat pengunjung.

Baca juga artikel lainnya : Peran Analis Sistem Di Dalam Dunia IT


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Pertumbuhan e-commerce, startup, ataupun toko online yang sangat pesat membuat masa depan profesi web developer terlihat sangat cerah. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, peluang kerja pengembangan web diproyeksikan tumbuh sebesar 27% dari 2014 sampai 2024. Tingkat pertumbuhan ini tergolong lebih cepat dibandingkan rata-rata peluang pertumbuhan profesi lain Selain desainer grafis dan data engineer, tidak heran bila profesi web developer disebut-sebut sebagai profesi paling menjanjikan akhir-akhir ini.

Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 34 times, 1 visits today)