Dalam dunia pemrograman, terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang telah digunakan oleh para Programmer. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Java dan Python. Kedua bahasa pemrograman itu cukup sering digunakan oleh para Programmer  di seluruh dunia. Namun jika Anda ingin mempelajari dan membandingkan bahasa pemrograman Java vs Python, manakah yang jauh lebih baik? Berikut kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman Java vs Python

Kelebihan bahasa pemrograman Java

1. Bahasa Pemrograman Java Mudah Untuk Dikembangkan

bahasa Java vs python

Image Source : micacomputers.co.in

Salah satu kelebihan dari bahasa pemrograman Java adalah kemudahan dalam hal pengembangan aplikasi. Hal ini tentu saja sangat membantu para programmer dan developer untuk lebih baik lagi dalam mengembangkan aplikasi yang berbasis Java.

2. Bahasa Java Memiliki Kemudahan Dalam Menyusun Suatu Script

Kelebihan lainnya adalah bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Karen apabila programmer dan developer dalam menyusun sebuah program, harus menggunakan sebuah script, agar program tersebut dapat berjalan.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, script tersebut akan menjadi lebih mudah untuk dibuat dan dipelajari, sehingga beberapa programmer pemula pun sudah bisa mengembangkan sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman Java.

3. Bahasa Java Sifatnya Multiplatform

bahasa Java vs python

Image Source : cdn.intellipaat.com

Bahasa pemrograman java banyak diminati oleh para developer dan programmer karena merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, atau dengan kata lain universal dan bisa digunakan dalam platform apapun. Hal ini tentunya membuat  banyak sekali para pengembang aplikasi yang menggunakan basis bahasa pemrograman Java untuk membuat aplikasi yang diinginkannya.

Baca juga artikel lainnya : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Java

4. Bahasa Pemrograman Java Berorientasi Terhadap Objek

Bahasa pemrograman Java adalah salah satu bentuk atau jenis bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Itu artinya setiap aplikasi yang dibangung dengan menggunakan bahasa pemrograman java akan disesuaikan dengan objek atau bisa juga dengan tampilan dan interface dari aplikasi tersebut.

5. Jika Programmer Beorientasi Pada Usability, Maka Java Sangat Mendukung Hal Ini

bahasa Java vs python

Image Source : miro.medium.com

Keunggulan bahasa pemrograman java berhubungan erat dengan kemampuan aplikasi – aplikasi yang dibuat dengan Java yang dapat bekerja di platform manapun. Dan hal ini berhubungan dengan usability, atau kegunaan dari suatu aplikasi.

6. Bahasa Java Memiliki Sifat yang Dinamis

Sifat dinamis ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan bahasa pemrograman java karena sangat mudah untuk dikembangkan. Struktur kode yang sudah dibuat bisa dengan mudah untuk dilakukannya modifikasi dan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan user hal ini akan menjadi fasilitas yang sangat menguntungkan bagi para developer aplikasi

7. Bahasa Java Memiliki Banyak IDE yang Bisa Dipakai

bahasa Java vs python

Image Source : jetbrains.com

IDE (Integrated Development Environment) merupakan program computer yang memiliki berbagai fasilitas untuk membangun perangkat lunak. IDE ini dibuat untuk menyediakan utilitas yang dibutuhkan untuk membuat perangkat lunak. Sekarang banyak IDE yang dapat membantu mempercepat penulisan kode, membantu ketepatan penulisan kode, dan menunjukan bagian-bagian yang jelas mengandung kesalahan atau keraguan. Anda bisa memakai beberapa IDE untuk membangin aplikasi menggunakan bahasa pemrograman java seperti NetBeans, Eclipse, IntelliJ IDEA, dan Android Studio.

Baca juga artikel lainnya : 7 Cara Cepat Belajar Bahasa Java Untuk Pemula


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

8. Bahasa Java Adalah Akarnya Aplikasi Berbasis Android

bahasa Java vs python

Image Source : miro.medium.com

Akarnya aplikasi berbasis Android.  Android menggunakan aplikasi-aplikasi yang ditulis dengan menggunakan framework dari Java. Aplikasi Java untuk Android tidak hanya terbatas pada mobile gadget tapi juga untuk perangkat elektronik lainnya misalnya televisi dan kulkas yang juga sekarang sudah mulai dikembangkan dengan sistem operasi Android.

Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

1. Java Mudah Didekompilasi

Secara singkat istilah dekompilasi ini adalah pengambilan source code. Jadi, Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah mengalami dekompilasi.

2. Penggunaan Memory Java yang Cukup Tinggi

Bahasa pemrograman Java memang menawarkan banyak sekali fitur yang luar biasa, mulai dari kemudahan dalam menyusun script, hingga fitur object oriented, yang menjadi salah satu ciri khas dari bahasa pemrograman Java. Akan tetapi sayangnya, semua kelebihan tersebut harus dikompensasi dengan kebutuhan memori yang cukup besar.

3. Perlunya Proses Compiling

Terakhir, Java juga membutuhkan waktu untuk kompilasi sebelum dijalankan. Proses ini berbeda dengan bahasa pemrograman Python yang tidak perlu menjalankan proses compiling.

Kelebihan Pemrograman Python

1. Bahasa Python Mudah Dipelajari

Image Source : miro.medium.com

Mudah dipelajari memang kelebihan bahasa pemrograman Python diantara bahasa pemrograman lainnya. Bahasa ini memiliki sintaks-sintaks yang cukup sederhana dan mudah dimengerti.

2. Bahasa Python Mendukung Internet of Things

Bahasa pemrograman Python merupakan bahasa yang mendukung ekosistem Internet of Things dengan sangat baik. Internet of Things sedang marak dibicarakan atau bahkan dikembangkan di kalangan maker. Internet of Things merupakan sebuah teknologi yang menghubungkan benda-benda di sekitar kita ke dalam sebuah jaring-jaring yang menghubungkan satu sama lain.

3. Bahasa Python Memiliki Library yang Luas dan Banyak

bahasa Java vs python

Image Source : miro.medium.com

Python memiliki library luas dengan beragam modul yang siap untuk Anda gunakan. Terdapat beragam kode untuk beragam keperluan seperti regular expressions, documentation-generation, unit-testing, databases, CGI, email, dan masih banyak lagi. Dengan kelebihan ini, maka Anda tidak perlu lagi menulis kode lengkap secara manual.

Baca juga artikel lainnya : Python vs Java di 2019, Ini Perbandingan, Fitur dan Aplikasi

4. Bahasa Python Mendukung IoT

IoT merupakan teknologi yang dapat menghubungkan benda-benda di sekitar Anda ke dalam sebuah jaringan yang menghubungkan satu dengan yang lain.

5. Bahasa Python Meningkatkan Produktivitas Developer

Image Source : allaboutweb.biz/

Bahasa yang sederhana serta library yang luas dapat membuat developer menjadi lebih produktif. Selain itu, dengan Python Anda juga hanya perlu menulis kode lebih sedikit sehingga Anda mempunyai lebih banyak waktu untuk bisa mengerjakan yang lain.

6. Embeddable

Pyhton juga dapat ditanam atau disematkan. Anda dapat meletakkan kode Python Anda ke dalam sumber bahasa lain seperti C++. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk  menambahkan kemampuan scripting ke dalam bahasa lain.

7. Bahasa Python Memiliki Sistem Pengelolaan Memori 

Bahasa pemrograman Python juga memiliki sistem pengelolaan memori yang auto, garbage collection, sama seperti bahasa pemrograman Java

Kekurangan Bahasa Pemrograman Python

1. Bahasa Python Memliki Kendala Eksekusi yang Lambat

Bahasa Python merupakan bahasa interpreter yang bekerja dengan menggunakan kompiler. Ketika dijalankan, bahasa Pyhton akan bekerja lebih lambat jika dibandingkan dengan bahasa lain. Namun hal ini juga tergantung dari besar atau kecilnya program yang akan dibuat pada bahasa Python tersebut.

2. Bahasa Python Lemah Dalam Komputasi Mobile

Bahasa Python ini lebih cocok digunakan untuk platform desktop dan server tetapi memiliki  kelemahan jika dipakai untuk komputasi mobile. Penggunaan bahasa Pyhthon ini kurang cocok untuk pengembangan ponsel dan pengembangan game.

3. Bahasa Python Memiliki Resiko Kesalahan Run Time

Python diketik secara dinamis sehingga Anda tidak perlu mendeklarasikan tipe variabel saat menulis kode. Meskipun ini memudahkan developer selama pengkodean, namun dapat meningkatan terjadinya kesalahan pada saat run-time.

4. Bahasa Python Kesulitan Dalam Bahasa Lain

Maksudnya adalah para pengguna bahasa Python biasanya akan sangat terbiasa dengan beragam fitur dan library yang luas. Namun hal ini akan membuat mereka mengalami sedikit masalah ketika belajar atau bekerja dengan bahasa pemrograman yang lain.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah penjelasan mengenai bahasa pemrograman Java vs Python, Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua bahasa pemrograman ini, dapat membantu Anda dalam menentukan bahasa pemrograman mana yang cocok untuk dipelajari.

Jika Anda seorang Programmer dan menguasai bahasa pemrograman Java, serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 40 times, 1 visits today)