Jika kita berbicara mengenai VR Developer, mungkin profesi yang satu ini masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Tapi tahukah Anda, bahwa profesi VR Developer ini akan menjadi profesi yang banyak dibutuhkan perusahaan mengingat penggunaan teknologi Virtual Reality yang semakin meningkat. Oleh karena itu, menjadi VR Developer bisa menjadi profesi yang menjanjikan dimasa depan. Jika Anda tertarik untuk menjadi VR Developer, Anda wajib menguasai bahasa pemrograman VR Developer dibawah ini.

C#

Buat Anda yang masih pemula, belajar membuat game di engine Unity adalah pilihan terbaik. Saat ini Unity adalah salah satu game engine yang populer di dunia. Untuk Unity, bahasa pemrograman C# lebih populer digunakan dalam pembuatan aplikasi. bahasa pemrograman C# bekerja dengan baik baik di PC maupun MAC begitupula pada aplikasi VR.

C++

Unreal Engine merupakan engine game yang jauh lebih kuat dan stabil dibanding Unity. Versi Unreal Engine pada saat ini jauh lebih matang dari engine sebelumnya dan lebih sulit untuk dipelajari. Bahasa pemrograman yang digunakan oleh mesin ini adalah C++. Bila Anda hanya ingin membuat games yang sederhana, cukup menggunakan bahasa C# saja. Namun untuk games yang lebih rumit, Anda harus menggunakan Unreal Engine dan bahasa C++.

Java

Bahasa Java yang dikembangkan oleh SUN bekerja dengan baik untuk mengembangkan aplikasi VR namun bukan dalam pembuatan games. Seperti C#, pemrograman yang menggunakan object-oriented ini dapat berfungsi dengan baik di PC dan MAC. Jika Anda merupakan lulusan jurusan sistem informatika, pasti pernah mempelajari bahasa Java. Bahasa Java juga memungkin aplikasi VR menghasilkan gambar 3D di VR dan membaca pergerakan badan. Keren juga yak.

JavaScript

Bahasa yang satu ini lebih mudah dipahami dan banyak digunakan. Bahasa JavaScript juga memiliki syntax yang hampir sama dengan bahasa C. Bahasanya juga dipahami oleh hampir semua browser termasuk WebVR. Jika Anda ingin membuat aplikasi VR untuk web, Anda bisa menggunakan JavaScript.

Pyhton

Bahasa Pyhton juga termasuk bagus untuk pengembangan aplikasi khusus pemula. Bahasa ini juga sangat mudah untuk dipelajari karena bahasanya sangat “to the point”. Dia juga memungkin pengguna untuk mengembangkan aplikasi dengan beberapa baris saja. Orang yang mempelajari Python juga lebih gampang transisi ke C#. Jadi programmer juga tidak butuh penyesuaian terlalu banyak dalam menggunakan bahasa C.

Itulah beberapa bahasa pemrograman VR Developer yang bisa Anda pelajari jika ingin menjadi VR Developer. Semoga sukses..

Baca juga : Berbagai Sertifikat Programmer yang Bisa Tunjang Karir Anda

 

 

(Visited 36 times, 1 visits today)