Terdapat berbagai bahasa pemrograman yang bisa Anda temui dalam dunia programming. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Golang atau bahasa Go dari Google. Meskipun bahasa Go terbilang masih cukup baru dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, namun bahasa Go telah digunakan oleh berbagai perusahaan startup yang ada di Indonesia. 

Bahasa Go adalah bahasa pemrograman yang ekspresif, ringkas, bersih dan efisien. Pada saat ini perkembangan pada perangkat komputer terbilang sangat cepat namun hal ini tidak diimbangi dengan banyaknya programmer  yang menemukan kerumitan pada Java atau C++ sehingga harus menuliskan beberapa kode lagi menggunakan Phyton atau JavaScript, disisi lain isu terhadap konsep garbage-collection dan parallel-computation yang belum didukung baik oleh beberapa bahasa pemrograman,termasuk munculnya teknologi ulticore yang membuat kekhawatiran dan kebingungan sehingga para pengembang masih mengandalkan dukungan teknologi dari sistem operasi.

Bahasa Go merupakan bahasa pemrograman yang dikompilasi yang mana proses kompilasinya lebih cepat dibandingkan C, concurrent, garbage-collected, dan termasuk tipe bahasa pemrograman statis yang dikembangkan oleh Google yang langsung berkomunikasi dengan processor (tanpa menggunakan interpreter).

Bahasa Go ini dirancang oleh dan untuk pengembang aplikasi yang menulis, membaca, mengurangi celah, dan memelihara sistem perangkat lunak yang besar.

Berikut alasan bahasa pemrograman Golang lebih baik dari bahasa pemrograman lainnya

Concurrency

bahasa pemrograman

Image Source : image.slidesharecdn

Konkurensi sangat dibutuhkan dalam lingkungan komputasi modern yang menggunakan multicore web server dengan multiple client. Jika komputer yang dijalankan menggunakan single processor maka program masih tetap mendukung konkurensi namun tidak secara paralel. Namun memang pada awalnya konkurensi dimaksudkan untuk menangani multi-processor dan menjalankan aplikasi secara parallel (sebagai contoh: penggunaan goroutine, threads )

Baca juga artikel lainnya : Mengapa Para Programmer Wajib Mempelajari Go Language ?

Garbage Collection

Bahasa Go telah  mendukung garbage collection, hal ini untuk mereduksi waktu dan pekerjaan programmer dalam mengembangkan aplikasi. Programmer tidak perlu melakukan pembebasan memori (free memory) ketika selesai menjalankan operasi tertentu karena hal ini sudah otomatis ditangani oleh garbage collector. Selain itu bahasa Go menyediakan pointer dalam melakukan manajemen memory dan menghilangkan pointer arithmetic untuk menghindari kebingungan pengguna.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Open Source

bahasa pemrograman

Image Source : dev.to

Bahasa Go menjadi sebuah proyek publik open source under BSD Licence pada bulan November 2009 dan banyak sekali para developer yang juga mengembangkan modul-modul lain yang bisa dimanfaatkan

Bahasa Go mendukung bahasa UTF-8 

Bahasa Go mendukung bahasa UTF-8 tidak hanya terbatas pada string tetapi juga dalam penulisan kode programnya. Go menjaga efisiensi penggunaan kode program dengan melemparkan error jika variabel tidak digunakan dalam program dan dapat dikompilasi di multi-platform. Performa aplikasi di Go tentu saja dapat dipastikan lebih cepat dan penggunaan memori lebih sedikit dibandingkan dengan Java atau Scala

Baca juga artikel lainnya : Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Golang

Bahasa Go dapat digunakan sebagai Backend

Image Source : miro.medium

Bahasa Go juga dapat digunakan sebagai backend untuk menangani Youtube, App Engine,Google Drive, Google Map, Cat-V, SoundCloud, dotCloud, Canonical, Heroku,Iron.io, SkyDB, Heka Mozilla’s, Docker, NSQ realtime distributed messaging platform, CloudFlare, Gobot dan beberapa perusahaan lainnya sudah mulai mengadopsi dan mengembangkan aplikasinya dengan menggunakan bahasa Go ini.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Itulah alasan mengapa bahasa Go berkembang cukup pesat dan lebih baik dari bahasa pemrograman lain, selain itu berkat keunggulan yang dimiliki oleh bahasa Go, oleh karena itu bahasa Go  telah digunakan oleh berbagai perusahan startup besar yang ada di Indonesia.

Jika Anda seorang Programmer dan sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

 

(Visited 27 times, 1 visits today)