Model perusahaan IT merupakan langkah awal evolusi dari Graphic Designer menjadi UX Designer. Proses bisnisnya kurang lebih seperti ini, klien datang dengan permintaan, lalu klien dan si perusahaan merundingkan estimasi waktu dan uang yang dibutuhin untuk penyelesaian permintaan tersebut. Bisa dengan harga yang udah ditetapkan diawal (fixed bid) ataupun harga yang didasarin waktu pengerjaan atau hourly.

Sambil mengikuti proses bisnisnya, mari kita telusuri lebih detail lagi dari sisi keahlian yang dibutuhin dari seorang UX Designer di Perusahaan IT dengan Outsourcing.

UX Research

ux designer

Pada model perusahaan ini minim sekali dibutuhin keahlian user research kaya menyebarkan survey atau interview sebelum pengerjaan desain, karena semakin lama proses pengerjaan maka semakin bertambah pula biaya yang perlu dibayar klien. Jadi pada tahap awal, UX Designer cukup melakukan competitor dan trend research yang bisa kita pakai dalam proyek baru ini.

Wireframing

Pembuatan wireframe juga sebagian besar udah diatasi oleh Consultant yang aktif berkomunikasi dengan klien, sehingga UX Designer tinggal menyulap wireframe tersebut jadi high-fidelity design pakai research yang udah dilakuin sebelumnya.

Prototyping

ux designer

Kalau klien sudah menyetujui desain yang kita buat, maka UX Designer bakal membuat prototype untuk dikomunikasikan kepada tim Developer, agar segala interaksi yang ada pada desain di-implementasi-in dengan tepat. Prototype juga bisa dibuat dengan aplikasi seperti InVision ataupun Marvel, atau bisa juga berupa HTML+CSS.

UX Writing

Untuk desain penulisan atau copywriting setiap komponen sebenarnya juga udah dibuat oleh Consultant pada tahap pembuatan wireframe, sehingga UX Designer gak perlu memfokuskan energi tambahan untuk tahap ini.

Empati

ux designer

Karena banyaknya proyek yang berdatangan dan bisa dengan persona user yang jauh berbeda, misal bulan Januari kita ngerjain suatu produk untuk software sebuah rumah sakit dan bulan selanjutnya produk pasar properti. UX Designer gak diwajibkan untuk memiliki empati tinggi karena seorang klien biasanya udah datang dengan apa yang dia inginkan baik didasarin persona usernya ataupun asumsinya sendiri.

Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal sebagai anggota tim tentu diperlukan karena kita bakal selalu berkolaborasi dengan Consultant dan Developer selama proyek berlangsung. Terkadang juga kita diharuskan untuk siap berkomunikasi langsung dengan klien, baik untuk sekedar presentasi atau bahkan untuk langsung bekerja dari perusahaan klien atau biasa disebut on site.

Komunikasi Visual

Komunikasi visual tentu selalu jadi acuan utama seorang UX Designer, bagaimana dia bisa membuat karya yang diinginkan klien dan mempresentasikannya dengan indah, tentu jadi poin utama kepuasan klien.

Analytics

Begitu produk akhirnya selesai dan rilis ke publik, disitu bisa dibilang proyek selesai dan bakal lepas dari tangan seorang Designer, karena gak dibutuhinnya pemeliharaan desain lanjutan kaya user-testing atau data analytics, sehingga UX Designer bisa segera mulai masuk ke proyek lain yang udah menunggunya.

Kecepatan

Dengan proyek yang bermacam-macam dan timeline yang agak mepet kaya disebutin sebelumnya, UX Designer dituntut untuk bekerja dengan gaya cepat dan tentu tetap deliver. Siap berpindah ke proyek selanjutnya begitu semua udah disebut selesai, juga siap menerima timeline yang kadang kaya ngebangun Rara Jongrang.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia

(Visited 40 times, 1 visits today)