Database administrator (DBA) adalah orang yang memiliki tanggung jawab atas kinerja, integritas dan keamanan dari database. DBA juga terlibat dalam perencanaan dan pengembangan database, serta pemecahan masalah apapun atas nama pengguna.  Belajar Database Administrator saat ini sangat penting dan memiliki prospek kerja yang sangat baik. 

Berbagai Skill ini wajib dikuasai jika ingin belajar Database Administrator 

Belajar database administrator

Image Source : mentoryes

  1. Pemahaman umum tentang sistem operasi, misalnya Windows atau Linux
  2. Pengetahuan tentang database
  3. Pemahaman umum dari perawatan rutin, pemulihan, dan penanganan failover database
  4. Pemahaman arsitektur komputasi terdistribusi, contohnya adalah model client-server
  5. Pengetahuan tentang RDBMS, misalnya Microsoft SQL Server atau MySQL
  6. Pemahaman umum dari teknologi storage dan jaringan
  7. Pengetahuan tentang design database

Peranan DBA Meliputi

Belajar database administrator

Image Source : careergirls

1. Bertanggung jawab atas administrasi perusahaan 

Hal ini akan berhubungan dengan database dan analisis, desain, dan penciptaan database baru seperti

  • Database optimasi, data modeling , pemahaman dan pelaksanaan skema, serta untuk menafsirkan dan menulis kompleks Structured Query Language (SQL) queries.
  • Sistem untuk secara proaktif memonitor kinerja optimal dan kapasitas kendala.
  • Menetapkan standar dan praktik terbaik untuk SQL.
  • Melakukan pengembangan di SQL scripting.

2. Analisis data 

Seorang DBA diharuskan untuk menganalisis data yang tersimpan dalam database dan membuat rekomendasi yang berkaitan dengan kinerja dan efisiensi penyimpanan data. Hal Ini termasuk penggunaan indeks efektif, yang memungkinkan “Paralel Query” eksekusi, atau fitur khusus DBMS lainnya.

3. Pengamanan administrasi

Salah satu tugas dari DBA lainnya adalah untuk memantau dan mengelola keamanan DBMS. Yang meliputi penambahan dan menghapus pengguna, pemberian quota, audit, dan memeriksa masalah keamanan

Baca juga artikel lainnya : Mengapa Pekerjaan Seorang IT Manager Cukup Menjanjikan Di Masa Depan ?

4. Database desain (awal)

Pada tahap awal DBA akan berhubungan pada desain awal. Hal ini bertujuan menghilangkan berbagai masalah yang mungkin terjadi. Karena mereka akan mengetahui bahwa DBMS dan sistem, dapat menunjukkan potensi masalah, dan dapat membantu pengembangan kinerja tim dengan pertimbangan khusus.

5. Pemasangan perangkat lunak baru 

Tugas dari DBA lainnya adalah untuk menginstal versi baru dari perangkat lunak DBMS, aplikasi perangkat lunak, dan perangkat lunak lain yang berhubungan dengan administrasi DBMS. DBA atau anggota staf IS sangat perlu untuk menguji software baru sebelum pindah ke sebuah lingkungan produksi.

6. Konfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator

DBA dan administrator sistem akan melakukan instalasi perangkat lunak. Serta untuk mengkonfigurasi hardware dan software agar berfungsi secara optimal dengan DBMS.

Baca juga artikel lainnya : Mau Menjadi IT Super Developer ? Coba Tiru 5 Kebiasaan Coding Ini

7. Data pemodelan dan optimasi

Pemodelan data berfungsi untuk mengoptimalkan sistem tata letak untuk mengambil yang paling keuntungan dari I / O subsystem.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Prospek Kerja Seorang DBA

Belajar database administrator

Image Source : canadianbusinesscollege

Belajar Database Administrator memiliki prospek kerja yang sangat baik dan bekerja dalam berbagai organisasi dan prospek karir yang berbeda-beda. Organisasi yang lebih besar mungkin menawarkan jalur karir yang terstruktur dengan tingkat DBA lebih banyak.

Banyak DBA yang pindah ke pekerjaan yang masih berkaitan, seperti:

  1. Pengembangan sistem
  2. Manajemer proyek
  3. Manajer jaringan
  4. Arsitek database

TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


Jika Anda seorang Programmer serta sedang mencari pekerjaan menjadi Programmer, Anda bisa menghubungi kami. Karena ada ribuan lowongan pekerjaan di bidang IT yang menunggu untuk kamu lamar. silakan klik link di bawah ini.

Contact

Phone: 021-21192578, WhatsApp: 08151622988
Email: [email protected]

(Visited 22 times, 1 visits today)