Bagi calon kandidat interview Data Analyst, berikut dibawah ini adalah bocoran pertanyaan interview yang akan ditanyakan oleh HRD. Sebagai seorang Data Analyst, pastinya tidak hanya mampu untuk menganalisa saja. Kamu harus mengetahui lebih lengkap apa itu Data Analyst, dan apa saja tanggung jawabnya agar kamu bisa diterima kerja. 

1. Apa yang Dilakukan Oleh Seorang Data Analyst ?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan dasar yang akan ditanyakan kepada kamu, namun bobot pada pertanyaan ini sangat besar dan penting bagi HRD. Karena kamu akan diuji pengetahuannya terkait profesi ini. 

Kamu bisa menjawab dan menjelaskan sesuai kemampuan soft skill saja, misalkan dalam hal komunikasi. Beritahukan bahwa sangat penting peran dari seorang analis data di sebuah perusahaan. 

Dan beritahu singkat bahwa cara kerja Data Analyst adalah mengumpulkan, membersihkan, menafsir dan mengubah model data yang nantinya bertujuan untuk memberi laporan pengembangan sebuah model bisnis di dalam sebuah perusahaan.

2. Apa Kriteria yang Tepat Untuk Menunjukan Sebuah Model Develop Data yang Baik ?

Ini juga biasanya ditanyakan oleh seorang HRD untuk interview Data Analyst. Untuk itu kamu harus mengetahui ilmu yang cukup untuk dapat beradaptasi dengan mudah terhadap setiap perubahan didalam sebuah persyaratan bisnis dan yang bisa diukur untuk ditindaklanjuti. 

Karna pada saat pertanyaan in, kamu secara tidak langsung akan di tes apakah kamu mampu untuk membuat jawaban yang sesuai dengan jawaban HRD. 

3. Sebagai Data Analyst, Software Apa yang Biasanya Digunakan ? 

Jika dilihat, pertanyaan ini tidaklah sulit, namun bagi kamu yang belum pernah menggunakan software pengolah data, pastinya akan kesulitan menjawab. Untuk itu, pastikan kamu memahami betul aplikasi yang digunakan oleh para Data Analyst. 

Sebagai bocoran biasanya, Data Analyst sudah terbiasa menggunakan Software Microsoft Excel, SQL dan Python. Atau kamu pernah pakai yang lain juga bisa menjawabnya. Kemudian kamu bisa jelaskan fungsi dari Software yang kamu gunakan, agar lebih meyakinkan HRD. 

4. Apa Hal Menarik yang Anda Suka dari Data ? 

Dengan pertanyaan ini, calon kandidat Data Analyst akan dicari lebih dalam, seberapa paham mereka menguasai atau memiliki pengetahuan tentang sebuah data. Kamu harus bisa menjawab panjang dan semampu kamu. 

Dan berikan bahasa tubuh yang menarik seperti, tersenyum, menggerakkan tangan atau tubuh lainnya. Dan bawa suasana menjadi cair. 

5. Menurut Anda, Seperti Apa Peran Data Analyst 5 tahun Kedepan ? 

Selanjutnya kamu akan ditanyakan visi, atau prospek Data Analyst untuk 5 tahun kedepan. Pertanyaan ini sekaligus menjadikan HRD yakin bila jawaban kamu memenuhi ekspektasinya. 

Karena dengan analisa bisnis perusahaan yang saat ini, kemudian di 5 tahun mendatang akan seperti apa, kamu sebagai calon Data Analyst harus bisa menjawab dengan memberikan prediksi terhadap perusahaan dan karir Data Analyst. 

6. Skill Apa yang Anda Miliki Untuk Menjadi Data Analyst ? 

Bila kamu adalah kandidat dengan pengalaman yang cukup, pasti kamu bisa menjawab dengan mudah pertanyaan ini. Namun bagaimana mereka yang fresh graduate? Kamu harus menjawab skill mengamati dan menganalisa sebuah data yang pernah kamu analisa sebelumnya. 

Misal, kamu pandai di bidang Matematika tentang statistik, visualisasi data atau pemrograman. Beberapa skill tersebut dibutuhkan bagi seorang Data Analyst. Dan tidak lupa yaitu kamu harus pandai berkomunikasi dan menulis. 

7. Apa Perbedaan Analisis dan Analitik ? 

Walaupun seharusnya seorang Data Analyst sudah mengetahui analisis dan analitik, namun ternyata masih ada beberapa orang tidak memahami analisis dan analitik. 

Analisis adalah menjawab pertanyaan penting terkait peristiwa atau kejadian dimasa lalu. Sedangkan analitik adalah perkiraan data dari analisis untuk dimasa depan. 

Misalnya, kamu memeriksa keadaan masa lalu menggunakan analisis untuk dapat mengidentifikasi apakah akan ada penurunan atau peningkatan terhadap penjualan di bulan tertentu. Analisis tersebut, dilakukan untuk memprediksi tren di masa depan. 

Itulah 7 bocoran pertanyaan bagi kamu calon kandidat Data Analyst. Jika Anda sedang mencari pekerjaan data analyst, kami sedang membuka lowongan data analyst untuk penempatan di Jakarta.

Baca juga artikel lainnya : Mengenal Perbedaan Data Scientist, Data Engineer dan Data Analyst

(Visited 120 times, 1 visits today)