Tugas utama dari seorang Business Development Manager adalah untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnis dengan meningkatkan posisi perusahaan di pasar.

Karena peranan yang sangat penting tersebut, banyak startup yang mencari peran seorang Business Development Manager demi menunjang perkembangan bisnis perusahaannya agar menjadi lebih cepat.

Nah, jika Ada ingin mempertimbangkan karier di posisi tersebut, ada baiknya kamu simak ulasan terkait skill yang harus dikuasai Business Development Manager agar mendapat gaji yang cukup besar

Keterampilan Komunikasi & Interpersonal

Business Development Manager yang baik harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Mereka dituntut untuk berkomunikasi, menyajikan, menegaskan, dan berbicara kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat. Dia juga harus bisa memanggil prospek dengan percaya diri untuk mendapatkan klien baru.

Keterampilan Kolaborasi

Business Development Manager bukan pertunjukan satu orang. Ini melibatkan kolaborasi dengan banyak pihak dari dalam dan luar perusahaan. Setiap pengembang bisnis yang baik harus dapat membangun hubungan, mempengaruhi, mengelola konflik dan menavigasi melalui politik kantor untuk menyelesaikan sesuatu.

Keterampilan negosiasi

Untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan, Anda perlu belajar kapan harus berkompromi dan kapan harus mengambil sikap. Untuk meyakinkan prospek Anda untuk melakukan apa yang perlu dilakukan, Anda perlu memenangkan hati, pikiran, dan kepercayaan mereka.

Keterampilan Manajemen Proyek

Business Development Manager yang baik dalam beberapa hal juga manajer proyek. Mereka harus dapat menetapkan tujuan, merencanakan dan mengelola proyek, mengelola risiko yang terlibat, menghitung anggaran, biaya, waktu dan tim yang mengerjakan proyek yang sedang berjalan.

Penelitian & Strategi

Seorang Pengembang Bisnis perlu memiliki keterampilan riset dan analisis strategis yang kuat. Ini diperlukan untuk menjadi tolak ukur kompetisi dan menjaga perusahaan tetap unggul.

Keahlian komputer

Setiap karyawan yang layak harus memiliki setidaknya keterampilan komputer dasar. Namun demikian, Manajer Pengembangan Bisnis harus memiliki kompetensi tinggi yang bekerja dengan Microsoft Office. Bahkan perangkat lunak CRM adalah suatu keharusan untuk pekerjaan ini juga.

Kecerdasan Bisnis

Mengetahui semua tentang layanan dan produk bisnis Anda sangat penting untuk Pengembang Bisnis apa pun. Namun mengetahui segala sesuatu tentang pesaing Anda juga akan memberi Anda leverage yang Anda butuhkan untuk mengungguli mereka.

Setiap pengembang bisnis yang terhormat akan melakukan analisis pasar yang diperlukan yang diperlukan untuk mengidentifikasi posisi perusahaan saat ini. Dia akan melakukan analisis tentang apa keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan dibandingkan bisnis sejenis di sektor ini. Pengembang bisnis harus dapat mengumpulkan data yang mereka butuhkan untuk menyiapkan analisis yang akurat.

Selain semua keterampilan yang disebutkan di atas, Manajer Pengembangan Bisnis yang luar biasa selalu haus akan pengetahuan. Mereka suka tetap up to date dengan masalah ekonomi terbaru di industri. Selalu terorganisir dan bekerja di bawah tekanan terus-menerus adalah bagian dari rutinitas Pengembang Bisnis.

Selain itu, pengetahuan dalam Manajemen Penjualan , Pemasaran , Manajemen Strategis dan Perencanaan Bisnis adalah kekuatan yang dapat mereka gunakan untuk menumbuhkan bisnis Anda. Dikombinasikan dengan keterampilan yang dirinci di atas dan kualitas yang dijelaskan dalam artikel ‘ Kualitas Teratas yang harus dicari saat mempekerjakan Pengembang Bisnis ‘, Anda dapat yakin bahwa bisnis Anda berada di tangan yang baik.

Baca juga artikel lainnya : Keuntungan Menggunakan Jasa IT Konsultan di Jakarta


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.tog indonesia


(Visited 17 times, 1 visits today)