7 Cara Jitu Mengatasi Kebiasaan Kita Menunda Suatu Pekerjaan

Selamat Siang sobat TOG, Problematika yang sering dialami seseorang adalah kebiasaan menunda-nunda suatu pekerjaan. Waktu yang harusnya kamu gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan malah kamu habiskan untuk menjelajahi medsos berjam-jam.

Ketika pekerjaanmu mendekati deadline, barulah kamu panik dan buru-buru mengerjakan. Pada saat itu kamu akan membuat janji-janji palsu bahwa dirimu tidak akan menunda pekerjaan lagi, tetapi pada akhirnya hal itu terulang.

Sebagai pegawai, Anda selalu dituntut untuk menuntaskan berbagai pekerjaan tepat waktu. Namun sayang, banyak pegawai yang justru sering menunda pekerjaan dan membuang banyak waktu untuk menuntaskan salah satu tugasnya. Tentunya kamu sadar bahwa menunda bukanlah hal yang baik, justru akan membuatmu rugi waktu. Tetapi nyatanya, sangat sulit untuk terlepas dari kebiasaan buruk ini.

Info Loker

Berikut ini ada 7 cara jitu untuk mengatasi kebiasaan menunda suatu pekerjaan:

1. Membuat list pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu

menunda

Terlalu banyak hal yang mesti dikerjakan terkadang membuatmu merasa terbebani. Dari rasa terbebani itu, belum apa-apa kamu cenderung akan malas duluan. Kamu pun tak lekas memulai dan tetap menunda pekerjaanmu. Alhasil, kerjaan baru mulai dilaksanakan ketika sudah dekat dengan deadline.

Solusi yang terbaik untuk masalah ini adalah dengan mulai mencatat tugas-tugas tersebut menjadi sebuah list. Karena dengan adanya list ini, kamu akan tahu tugas mana yang akan diprioritaskan terlebih dahulu dan pola pikirmu tidak lagi berfokus pada banyaknya pekerjaan, tetapi pada bagaimana cara menyelesaikannya satu demi satu.

2. Segera langsung kerjakan tidak perlu tunggu “nanti”

Ingatlah bahwa kata ‘nanti’ yang kamu janjikan pada diri sendiri seringnya tidak mempunyai batas waktu pasti. Jika kamu tetap berorientasi pada kata ‘nanti’, kamu tidak akan kunjung memulai dan parahnya, pekerjaanmu tidak akan terealisasikan sama sekali. Tanamkan pola pikir bahwa sekarang adalah waktu yang tepat.

Karena kalau tidak mengerjakan sekarang, mau ditunda sampai kapan lagi?

3. Punya waktu istirahat yang cukup

menunda

Kejenuhan di kantor dapat membuat Anda menunda pekerjaan lebih lama. Faktanya, saat bekerja dalam waktu yang lama tanpa istirahat yang cukup, Anda akan kelelahan dan terpaksa harus menunda pekerjaan terlebih dahulu. Namun dengan istirahat yang cukup, Anda dapat menuntaskan berbagai tugas tepat waktu.

4. Mengerjakan tugas dengan cara yang nyaman

Bekerjalah di tempat yang nyaman menurut Anda. Jika tak nyaman bekerja di rumah, pergilah ke taman atau kedai kopi di mana bisa berpikir lebih lancar. Begitu pula di kantor, carilah tempat yang memiliki sedikit gangguan. Menjauh dari teman sekantor juga bisa membantu Anda lebih berkonsentrasi pada pekerjaan.

Cari tahu cara paling sesuai yang bisa membuatmu merasa nyaman ketika mengerjakan sesuatu. Selain menyenangkan, ini akan sangat berguna untuk mengusir rasa ingin menunda-nunda yang menyebabkan tugas tak kunjung selesai.

5. Mencicil pekerjaan jauh lebih baik daripada mengerjakannya sekaligus menjelang deadline

menunda

Janganlah berpikir bahwa mencicil tugas tidak membantu progress-mu sama sekali. Justru itu lebih baik ketimbang kamu mengerjakannya dalam keadaan panik dan tidak tenang ketika hampir sampai dibatas waktu ketika pekerjaan itu mesti selesai dikerjakan. Dengan mengerjakannya didetik-detik terakhir, tentu hasil kerjaanmu tidak akan maksimal.

Kamu bisa banget mulai mencicil pekerjaan dengan waktu 15-20 menit. Tak perlu buat durasi satu jam atau lebih, yang terpenting adalah kamu konsisten dan tidak menunda-nunda kewajibanmu. Dengan durasi waktu yang cenderung sedikit, kamu tidak akan merasa tugasmu adalah sebuah beban. Dengan berani memulai sesuatu, otakmu akan terbiasa dan sugesti bahwa pekerjaan tersebut sulit akan hilang perlahan-lahan.

6. Sifat perfeksionisme akan membuat pekerjaan jadi lebih lambat selesai

Menunda-nunda pekerjaan juga didasari oleh rasa khawatir bahwa kamu tidak mengerjakannya dengan sempurna. Terlalu berfokus pada kesempurnaan adalah pola pikir yang mesti kamu buang jauh-jauh. Perlu kamu sadari bahwa perfeksionisme dalam mengerjakan sesuatu seringnya membuat kerjaanmu lebih lambat untuk selesai.

Untuk mengatasinya, kamu perlu berpikir yang jauh lebih positif. Jangan pernah takut untuk mengerjakan sesuatu hanya karena khawatir hasilnya tidak sempurna. Yang penting kamu telah melakukannya dengan baik dan tidak setengah-setengah.

7. Memberi reward pada diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan sesuatu

menunda

Tindakan memberi reward pada dirimu sendiri ternyata berguna loh, guys. Kamu akan merasa bangga dan menyadari bahwa kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Selain itu, kamu akan jadi lebih semangat dalam mencapai sesuatu dikemudian hari.

Memberi reward tidak harus dengan sesuatu yang besar. Kamu bisa melakukan hal-hal kecil yang bisa membuat dirimu senang. Kalau kamu tipe orang yang suka nonton film, kamu bisa luangkan waktu untuk ke bioskop ketika pekerjaanmu selesai. Sesuaikan dengan apa yang kamu suka, jangan ragu untuk memberi hadiah pada dirimu.

PT TOG HR Indonesia masih terus mencari para talenta muda berbakat untuk di bidang IT, agar bisa mendapat kesempatan berkarir di perusahaan yang kalian mau atau sesuai dengan skill dan kompetensinya. cek info lowongan kerja disini ya, bisa langsung juga apply melalui e-mail kita di [email protected]

Salam Sukses

TOG INDONESIA

(Visited 37 times, 1 visits today)