Proses Wawancara User dan HRD adalah tahapan untuk berkomunikasi secara langsung antara pihak perusahaan/institusi dengan calon karyawan untuk klarifikasi kualitas kandidat secara soft skill dan hard skill. Pihak user adalah orang yang memegang posisi penting yang nantinya akan menjadi atasan langsung dari kandidat. Sedangkan pihak HRD adalah orang yang akan pertama kali melakukan interview  sebelum melanjutkan ke interview user.


Artikel yang berkaitan:


Proses interview seringkali menjadi tahapan paling akhir atau kedua terakhir dalam tahapan seleksi rekruitasi dari pihak perusahaan swasta ataupun lembaga negeri. Tujuan dari tahapan ini seringkali menjadi pengukur sekaligus klarifikasi kualitas kandidat yang dapat dinilai secara langsung oleh pihak user dan HRD perusahaan/institusi terkait sebelum dinyatakan lolos.

Proses interview user

Proses interview user adalah proses komunikasi langsung antara kandidat dengan orang yang nantinya akan menjadi atasan langsung terkait pemahaman mendalam tentang segala sesuatu yang menyangkut posisi yang akan dipegang oleh kandidat. Secara keseluruhan, pertanyaan yang diajukan oleh user tentunya berbeda tergantung pada tipe perusahaan dan posisi yang dipegang oleh user itu sendiri.

Namun secara umum, tipe pertanyaan yang akan ditanyakan oleh user adalah sebagai berikut:

  • Alasan mengambil posisi yang dipilih oleh kandidat
  • Kesiapan menghadapi tekanan dari posisi yang dipilih
  • Cara untuk terus bisa berkembang
  • Cara membagi waktu antara pekerjaan dan urusan pribadi
  • Kemampuan eksisting yang dimiliki dan menunjang untuk posisi yang dipilih
  • Kesiapan untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

Kunci utama dalam proses interview User bergantung pada kemampuan kandidat dalam memahami karakteristik dari user yang dihadapi karena pada proses ini penilaian cenderung bersifat subjektif. Hal ini disebabkan para pemegang posisi memiliki hak prerogatif untuk memilih pekerja yang akan menjadi bawahannya yang tentu saja user cenderung melihat dari kesesuaian sifat, kebiasaan, cara bersikap, cara berkomunikasi, dan hal subjektif lainnya dari kandidat.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

Proses interview HRD

Proses interview HRD adalah proses komunikasi langsung antara kandidat dengan pihak HRD dari perusahaan/institusi terkait pemahaman lebih lanjut dari pihak HRD terhadap kualifikasi dari kandidat. Seringkali terdapat informasi yang masih ambigu dalam dokumen yang diberikan oleh kandidat sehingga perlu dipastikan dan diperdalam lagi dalam proses wawancara.

Secara umum, tipe pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pihak HRD diantaranya:

  • Identitas diri (nama, tingkat pendidikan, jurusan)
  • Aktivitas akademik dan non-akademik yang dilakukan saat masa perkuliahan (bagi yang freshgraduate)
  • Posisi dan proyek apa saja yang pernah dilakukan di perusahaan/institusi sebelumnya (bagi yang berpengalaman)
  • Alasan memilih perusahaan/institusi tersebut
  • Kemampuan eksisting apa saja yang dimiliki (terutama kemampuan mengoperasikan software)
  • Kesiapan untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

Kunci utama dalam proses interview HRD bergantung pada kemampuan kandidat dalam menjelaskan seluruh kualifikasi dengan jelas dan sistematis karena pada proses ini penilaian cenderung bersifat objektif. Hal ini disebabkan pihak HRD ingin mengambil kandidat yang memiliki kualifikasi terbaik agar ketika di dalam perusahaan/institusi dapat memberikan kontribusi yang maksimal dan tidak memerlukan banyak pelatihan sehingga akan menghemat keuangan perusahaan.

Kesimpulannya, proses wawancara merupakan tahapan untuk show-off kemampuan semaksimal mungkin agar meyakinkan pihak user maupun HRD bahwa kandidat memang memiliki kualifikasi yang mumpuni sehingga layak untuk lolos interview diterima di perusahaan/institusi terkait.


TOG Indonesia can provide IT professionals for temporary, fixed-period placement in your company for project-based assignments:  IT Developer, Software Tester, Project Manager, Business Analyst, System Analyst, Security Engineer, etc.

Please FOLLOW our Social Media: —> Facebook, Twitter, Instagram, and Linkedin

We provide competent trainers in the field of Information and Technology with a certified and proven track record for developing human resources from leading multinational and national companies in Indonesia. To formalize the training program while creating a strong foundation for educational programs, Triple One Global Indonesia develops by combining high quality IT education and IT Training to add broad insights into the latest developments.

tog indonesia

(Visited 9,372 times, 10 visits today)