Pasca liburan panjang biasanya semangat kerja seringkali menurun akibat terlalu lama tidak meninggalkan rutinitas kerja dan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja kerja kita. tidak bisa dipungkiri, selama libur aktivitas yang kita lakukan hanya berlibur dan bersenang-senang, apalagi waktunya panjang. Tak heran, banyak di antara kita yang masih merasa kurang dan sayang mengakhiri liburan tersebut.

Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Nah, ini dia tips bagaimana cara membangkitkan semangat kerja pasca liburan, mari kita simak :

Libur secara total saat libur
Pastinya dong, tapi ada juga yang tidak begitu. Masih saja memikirkan pekerjaan di saat liburan. Laptop, ponsel tak bisa lepas dari genggaman. Bahkan tak jarang hampir setiap saat cek email dan pesan apakah ada hal penting yang menyangkut pekerjaan. Ini nih yang membuat liburan jadi tak tenang. Tegaskan pada diri sendiri bahwa di saat libur ya libur, kerja ya kerja. Jadi saat kita bekerja kembali, pikiran kita benar-benar fresh dan nyaman sehingga energi bisa kembali pulih. Saat berlibur, saatnya menikmati kebebasan hidup tanpa memikirkan pekerjaan.

Mulai dengan sesuatu yang mudah
Saat mulai memilih dan memilah pekerjaan, coba untuk cari pekerjaan yang lebih mudah diselesaikan lebih dulu. Ibarat mesin nih, kamu juga perlu pemanasan. Jika pekerjaan dikerjakan dari yang paling mudah lebih dahulu, kamu masih punya tenaga dan pemikiran ekstra untuk mengerjakan hal yang sulit. Dengan catatan, hari itu tidak ada deadline. Jika memang yang sulit merupakan deadline kamu, ya itu dulu yang harus dikerjakan.

Jangan tergoda lembur
Benar bahwa pekerjaan yang ditinggalkan menumpuk, dan kamu punya tanggung jawab untuk diselesaikan. Tapi, jangan sampai kemudian, kamu ambil jatah waktu di luar pekerjaan alias lembur. Ingat loh, kamu masih punya keluarga dan kehidupan di luar sana yang juga menanti untuk mendapatkan perhatian ekstra. Selesaikan semuanya di kantor dengan memaksimalkan waktu yang ada. Dengan kamu bisa memanage waktu dengan baik, kamu bisa mengerjakan semua deadlinemu dan bisa mengerjakan hal lain di luar waktu kerja misalnya melakukan usaha sampingan atau belajar berinvestasi lewat simulator strategi bisnis yang mengajarkan bagaimana mencapai kebebasan finansial.

Jangan sungkan minta bantuan
Walau itu sudah jadi tanggung jawab pekerjaanmu tapi jika merasa ada yang kesulitan tak ada salahnya kok minta bantuan rekan kerja lain. Tapi kamu harus lihat situasi dan kondisi juga. Kalau rekan kerja lain sedang sibuk cobalah untuk mengerjakannya sendiri dulu, cari bantuan lewat mesin pencari google misalnya.

Itulah beberapa tips cara membangkitkan semangat kerja pasca liburan. Semoga Bermanfaat 🙂

(Visited 28 times, 1 visits today)