Cara memilih hosting untuk website memang susah-susah gampang. Ketika berselancar di internet, Anda pasti menemukan banyak sekali jasa hosting untuk website. Mulai dari yang menawarkan harga termurah sampai dengan yang paling mahal. 

Lantas apa bedanya? Secara umum, yang membedakan harganya adalah dari segi fasilitas yang ditawarkan. Tentunya semakin mahal jasa tersebut, maka semakin bagus pula layanan yang diberikan. Contohnya dari segi kapasitas penyimpanan, kecepatan, keamanan, atau yang lainnya. 

Mengenal Layanan Hosting Website

Bagi mereka yang sering bersinggungan dengan situs web pasti tidak asing dengan istilah hosting. Nah, sebelum membahas ke cara memilih hosting yang tepat, ada baiknya memahami apa sih maksud dari istilah tersebut? 

Jadi, hosting sendiri adalah rumah untuk situs web yang ada di internet. Hosting inilah yang mengelola data pada situs web atau aplikasi milik para pengguna. Berbagai file yang ada di dalam situs web ini nantinya akan tersimpan pada layanan hosting

Seperti gambar, video, script, email, aplikasi, dan lain sebagainya. Fungsi hosting sendiri ada banyak jika dibuat secara mendetail. Misalnya berfungsi untuk membuat halaman situs web, melakukan pengembangan situs web, membuat email profesional, dan banyak lagi yang lainnya.

Cara Memilih Hosting untuk Website Terbaik

Ada banyak sekali layanan hosting yang tersedia di internet, namun Anda bisa memilih mana yang terbaik. Sehingga nantinya dapat membantu mempengaruhi performa dari situs website milik Anda. 

Nah, berikut adalah beberapa cara memilih hosting untuk website agar bisa menghasilkan performa berkualitas. 

1. Mengecek Kualitas Server Terlebih Dahulu

Cara Memilih Hosting

Kualitas server merupakan parameter untuk melihat bagus tidaknya nanti layanan yang akan diberikan. Jangan sampai Anda memilih layanan dengan server yang lambat. Hal tersebut bisa mempengaruhi kecepatan situs web, sehingga performanya bisa menurun. 

Misalnya menyebabkan situs web jadi sulit diakses dan sebagainya. Anda bisa melihat dari berbagai sisi terkait parameter kualitas server hosting. Contohnya dari lokasi server, pilih lokasi yang berada dimana target pelanggan ada berlokasi. 

Apabila ingin membuat situs web dengan target sasaran audiens orang Indonesia, maka pastikan menggunakan layanan hosting dari Indonesia. Spesifikasi lain yang perlu diperhatikan misalnya seperti berikut. 

  1. Kecepatan prosesor, bisa Anda lihat jenis apa yang digunakan;
  2. Kapasitas RAM;
  3. Kecepatan jaringan;
  4. Harddisk, dan lain sebagainya. 

2. Memastikan Dukungan Layanan 24 Jam Nonstop

Cara Memilih Hosting

Hal lain yang tidak kalah penting ialah dukungan layanan server 24 jam nonstop. Sehingga bisa membuat situs Anda dapat diakses kapan saja sesuai kebutuhan audiens. Pastikan tim hosting punya layanan customer support yang berkualitas baik. 

Bukan hanya sebatas siap sedia, namun layanan customer support 24 jam tersebut juga terkait dengan penanganan jika ada permasalahan. Sehingga bisa cepat dan berkualitas nantinya performa situs web Anda. 

3. Cek Harga Paket Layanan

Cara Memilih Hosting

Harga layanan hosting juga bisa menjadi ukuran apakah server berkualitas atau tidak. Umumnya harga yang disediakan sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Semakin mahal harganya maka semakin berkualitas pula layanannya. 

Akan tetapi perlu Anda perhatikan dan waspadai jika ada layanan yang memberikan penawaran tidak masuk akal. Pasalnya rawan juga dengan penipuan, jadi perlu berhati-hati dalam memilih jasa layanan hosting berkualitas, amanah, dan profesional. 

Baca juga : Mengenal Deface Website dan Cara Mengatasinya

4. Cek Fasilitas dan Fitur Tambahan

Pastikan juga melakukan cek terkait fasilitas dan fitur tambahan yang diberikan, apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Jadi jangan asal memilih dengan harga yang terjangkau atau murah saja. 

Anda bisa cek juga layanan yang diberikan. Misalnya kapasitas RAM, kecepatan jaringan, dukungan customer support, dan sebagainya. 

5. Lihat Serta Perhatikan Ulasan Pelanggan Sebelumnya

Hand putting check mark with red marker on poor one star rating.

Memilih jasa layanan berkualitas tentu tidak bisa asal. Apalagi jika melihat dunia digital yang rentan sekali dengan kasus penipuan. Jadi, pastikan memilih yang sudah terpercaya dan profesional. Sehingga Anda tidak akan merugi karena memilih layanan hosting tersebut. 

Jika menggunakan jasa online, cek juga ulasan pelanggan sebelumnya. Apakah mereka memberikan kesan baik atau buruk. Kemudian jelilah juga dalam melihat ulasan, apakah mereka menyembunyikan ulasan buruk atau tidak. 

Sebenarnya akan lebih aman jika Anda memilih jasa layanan hosting yang sudah populer dan terbukti berkualitas. Atau menggunakan yang sudah mendapatkan rekomendasi dari orang yang berpengalaman. 

Simpel bukan? Itulah beberapa cara memilih hosting untuk situs website agar tidak mengecewakan. Memilih hosting berkualitas akan membantu memaksimalkan performa situs web milik Anda. 

 

(Visited 9 times, 1 visits today)