Faktor yang membuat perusahaan menjadi berkembang dan maju bukan hanya dikarenakan oleh modal dan strategi bisnis yang kuat saja, melainkan  juga dari faktor karyawan atau sumber daya manusia (SDM) yang hebat.

Dengan memiliki SDM yang hebat pencapaian target yang diinginkan perusahaan bukan hal yang mustahil untuk dicapai. Hal ini akan sesuai dengan visi dan misi perusahaan dan tentunya akan memuat perusahaan lebih jauh berkembang.

Kinerja Karyawan

Lalu apa saja yang diperlukan untuk dapat membangun kinerja karyawan atau SDM agar menjadi lebih yang baik? Berikut ulasannya :

Motivasi
Menumbuhkan motivasi kerja para karyawan merupakan hal yang penting karena dengan meningkatnya motivasi kerja karyawan maka secara otomatis dapat membuat semangat dan optimis dalam diri untuk dapat bekerja lebih giat dan menghasilkan sesuatu yang bagus bagi perusahaan.

Bonus
Untuk dapat meningkatkan performa dan kinerja seorang karyawan, pemberian bonus atau reward tidak boleh dilupakan sebab itu merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada karyawan atas pencapaian targetnya.

Pendekatan Personal
Pendekatan yang dilakukan oleh atasan kepada karyawan merupakan hal yang harus dilakukan agar dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam suatu perusahaan. Dengan terjalinnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan dalam suatu perusahaan maka secara otomatis akan mendorong munculnya semangat untuk bekerja lebih giat lagi. Selain itu juga akan membangun kinerja dan performa karyawan.

Training
Pemberian training kepada karyawan dapat menumbuhkan motivasi kerja dan keterampilan yang nantinya dapat diaplikasikan saat kembali pada pekerjaan. Selain itu juga pemberian training dapat membuat karyawan lebih sedikit merasa refresh akibat penatnya rutinitas pekerjaannya.

Pendidikan
Kinerja seseorang juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang dimiliki. Oleh karena itu apabila perusahaan menginginkan kinerja baik dari para karyawan, maka faktor pendidikan juga harus diperhatikan.

Fasilitas dan Sarana
Pemberian fasilitas dan prasarana yang layak kepada karyawan berpengaruh juga terhadap kinerja para karyawan.  Contohnya apabila AC di ruangan mati maka akan menyebabkan ruangan panas dan membuat karyawan meninggalkan ruangan, hal ini dapat menyebabkan menurunnya produktifitas kerja dari karyawan tersebut.

Tidak semua poin diatas bisa diterapkan oleh perusahaan tetapi setidaknya ada beberapa yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan kinerja dan performa para karyawan.

(Visited 2,264 times, 1 visits today)