Saat ini kebutuhan perusahaan akan profesi developer bisa dibilang cukup banyak. Profesi developer sendiri dibagi beberapa bidang seperti, mobile developer, java developer, ataupun software developer. Oleh karena itu, peluang kerja dibidang developer ini sangat bagus untuk karier Anda dimasa depan. Nah bagi Anda yang tertarik untuk menjadi developer yang Andal, berikut TOG indonesia akan memberikan tips cara menjadi developer yang Andal.

5 Cara Ampuh Menjadi Developer

1. Mengenal dan mempelajari coding

Jika Anda serius ingin berkarier di bidang ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal dan mempelajari coding.

Belajar coding bisa dilakukan secara autodidak dengan memanfaatkan platform belajar coding yang tersebar dan tersedia di internet. Misalnya, Treehouse atau Code Academy. Anda juga bisa memilih ingin menjadi developer apa, setelah itu baru bisa memutuskan bahasa pemrograman apa yang dibutuhkan untuk menjadi developer yang Anda inginkan.

2. Latihan menulis kode

Setelah Anda mengenal dan mempelajari teori tentang coding, memang dapat meningkatkan pengetahuanmu. Karena, tanpa adanya praktik langsung tentu kamu tak akan tahu seperti apa cara menulis kode yang benar dan bisa diimplementasikan untuk membuat aplikasi. Saat baru pertama kali menulis kode, Anda akan merasa kesulitan, .

3. Ikut bootcamp

Dengan mengikuti bootcamp Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan insentif dari para mentor yang sudah berpengalaman.

Kalau Anda tertarik untuk mengikuti bootcamp, Anda bisa mencari bootcamp yang sudah tersedia banyak di internet.

4. Bergabung komunitas

Jika Anda mengikuti komunitas developer, salah satu keuntungan yang bisa didapat adalah meningkatkan skill dan memperbanyak networking Anda.

Saat ini sudah ada banyak komunitas untuk para developer. Di sana Anda bisa berdiskusi dan saling berbagi ilmu mengenai dunia IT.

5. Ikut program magang

Cara yang paling efektif untuk menjadi seorang developer yang profesional adalah mengikuti program magang. Ketika Anda menguasai skill yang dibutuhkan, sebaiknya cari pengalaman terjun langsung ke dunia kerja dengan ikut program magang.

Magang juga menjadi kesempatan untuk mempraktikkan pengetahuan yang sudah Anda pelajari.

Jangan lupa tuliskan pengalamanmu saat magang di CV dan tunjukkan pencapaianmu di portofolio ketika ingin melamar pekerjaan diperusahaan sebagai developer.

Baca juga : Tips Ampuh Manajemen Waktu untuk Developer dijamin Sukses

(Visited 38 times, 1 visits today)