Mobile Developer merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang dengan spesialiasi dalam teknologi mobile, misalnya membuat aplikasi untuk Android, iOs Apple, dan Microsoft. Seorang mobile developer perlu menguasai bahasa pemrograman dan pengembangan software sesuai dengan platform-nya, misalnya Java untuk Android, Objective-C untuk iOS, dan C# untuk Microsoft phone. Berikut selengkapnya mengenai cara menjadi mobile developer.

Lebih Mengenal Mobile Developer

Tanggung jawab seorang mobile developer adalah sebagai berikut.

  • Mendiskusikan persyaratan dari klien dengan rekan kerja
  • Mengembangkan application programming interfaces (APIs)
  • Menggunakan dan mengadaptasi aplikasi yang sudah ada dalam bentuk mobile
  • Membuat kode, mengetes, dan memonitor perubahan dokumen untuk aplikasi
  • Memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja aplikasi
  • Melakukan inovasi terhadap aplikasi bersama dengan rekan kerja

Profesi mobile developer biasanya ditujukan untuk lulusan di bidang IT atau jurusan apapun yang terkait dengan IT. Sebelum melamar kerja sebagai mobile developer, Anda bisa magang dulu di perusahaan pengembang aplikasi mobile

Selain bahasa pemrograman, keterampilan penting lain yang penting untuk dimiliki oleh mobile developer adalah keterampilan berorganisasi, matematika, problem solving, up to date dengan perubahan, menginterprestasikan rencana teknis, dan berkomunikasi.

Mobile developer juga memiliki jenjang karier, seperti iOS Developer, Android Developer, dan Video Game Developer.

Cara Ampuh Menjadi Mobile Developer

Cara Menjadi Mobile Developer

Sumber Foto : blog.hacktiv8.com

1 Mulai belajar coding

Saat ini banyak platform untuk belajar coding yang sudah tersedia di internet, misalnya Code Academy. Anda bisa memulai belajar bahasa pemrograman untuk mengerti tentang pengkodean melalui platform tersebut.

2. Mengikuti bootcamp

Jika keterampilan coding sudah dimiliki, Anda bisa belajar bagaimana pengembangan aplikasi mobile dilakukan melalui berbagai bootcamp.

3. Bergabung komunitas

Anda bisa bergabung dengan komunitas Mobile Developer yang ada. Di sana Anda bisa berdiskusi dan saling berbagi ilmu mengenai dunia mobile development. Apalagi jika Anda mengalami kesulitan saat mengembangkan aplikasi, pasti akan ada yang memberitahu untuk menyelesaikan kendalan tersebut.

Dengan mengikuti komunitas, Anda juga bisa mendapatkan banyak teman baru yang memiliki tujuan yang sama. Jadi Anda akan lebih mudah termotivasi untuk terus belajar.

4. Terus Belajar dan Latihan

Cara menjadi seorang mobile developer yang andal adalah dengan terus belajar dan latihan. Tak hanya itu, Anda juga harus selalu konsisten untuk terus belajar dan berlatih agar skill yang dimiliki bisa terus terasah.

Itulah beberapa cara untuk menjadi Mobile Developer yang Andal, semoga berhasil.

Baca juga : Kisaran Gaji Mobile Developer di Indonesia

 

 

(Visited 48 times, 1 visits today)