Cara Mudah Mendapat Pekerjaan

search

Selesai masa kuliah, saatnya fresh graduate memasuki babak baru dalam kehidupan yang sebenarnya, yaitu dunia kerja. Beberapa mendapat pekerjaan sesuai dengan keahlian yang diambil saat kuliah, namun tidak sedikit yang mendapat kerja tidak sesuai dengan apa yang dipelajari saat kuliah.

Tingkat pengangguran di Indonesia per Februari 2018 berjumlah 6.87 juta orang atau 5.13% penduduk Indonesia. Dari jumlah tersebut, 6,31% nya lulusan Universitas. Ini terjadi bukan karena tidak adanya lowongan kerja, namun banyak dikarenakan cara dan usaha para fresh graduate yang kurang efektif dan maksimal. Di jaman dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sangatlah mudah memperoleh informasi lowongan kerja, baik media cetak maupun media elektronik (baca : internet). Ratusan lowongan kerja di koran, ratusan lowongan kerja di jobfair dan ribuan lowongan kerja terposting di internet / job portal.

Berikut ini tips untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat yang bisa anda aplikasikan saat mencari pekerjaan.

1. Perluas Jaringan Relasi Pertemanan Anda
Dengan jumlah teman yang banyak, maka anda bisa mendapatkan banyak info lowongan kerja lebih cepat bahkan bisa membantu mereferensikan anda ke perusahaan tempat relasi anda bekerja.

2. Manfaatkan Teknologi Secara Bijaksana
Anda bisa mencari informasi lowongan kerja yang tersebar di internet maupun media cetak. Saat ini, mulai menjamur di internet situs-situs lowongan kerja/job portal. Anda bisa coba memanfaatkan jasa situs-situs tersebut. Dengan adanya situs-situs tersebut, informasi lowongan kerja jadi lebih cepat dan terbaru

3. Memanfaatkan Campus Hiring
Di kampus-kampus biasanya diadakan event campus hiring oleh pihak perusahaan. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mencoba peruntungan anda. Bisa saja setelah lulus, anda tidak perlu lagi mencari pekerjaan, namun pekerjaan yang mencari anda.

4. Gunakan Jasa Perusahaan Outsourcing atau Headhunter
Selain 3 cara diatas, cara yang satu ini dibilang paling mudah. Dengan menggunakan jasa perusahaan outsourcing atau headhunter, anda hanya tinggal menunggu di rumah dengan tenang, sedangkan perusahaan outsourcing tersebut yang bekerja untuk anda mencarikan pekerjaan yang sesuai untuk anda.

Pepatah bilang, banyak jalan menuju Roma. Jadi jangan putus asa dalam mencari pekerjaan. Jangan lupa banyak berdoa selain berusaha.

Salam Sukses

By |2018-05-25T17:23:21+00:00May 25th, 2018|Article, Career, Uncategorized|1 Comment

One Comment

  1. […] => Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan […]

Leave A Comment

WhatsApp chat