Di era modern dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini, segala aktivitas mulai beralih dari yang semula offline, menjadi online. Kini, sudah banyak platform CMS yang bisa digunakan untuk membuat website untuk menunjang aktivitas online Anda. Content Management System (CMS) merupakan software yang memiliki fungsi khusus untuk memanipulasi dan membuat secara instan. Mengapa dikatakan instan? Karena penggunanya tidak perlu melakukan coding script website yang rumit. Kebutuhan membuat website yang semakin banyak, memunculkan berbagai macam CMS yang memiliki fungsi berbeda-beda.  Apa saja CMS website populer yang banyak digunakan saat ini?

9 CMS Website Paling Populer Saat Ini

1. WordPress

CMS populer pertama adalah WordPress. Siapa yang tidak tahu WordPress? Kami yakin banyak di antara Anda yang sering mendengar tentang CMS satu ini. WordPress merupakan salah satu CMS website terbaik yang sering digunakan orang-orang. Awalnya, WordPress memang ditujukan untuk platform blogging, namun berkembang menawarkan berbagai macam keunggulan. WordPress yang bersifat open source ini memungkinkan semua orang untuk berkontribusi dalam membuat tools atau plugin untuk CMS ini. WordPress menggunakan bahasa Pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dengan menggunakan pengolahan database MySQL.

2. Joomla

Menggunakan Joomla memang tidak semudah seperti menggunakan WordPress, tetapi Joomla jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan WordPress. Joomla menggunakan lisensi GPL, sehingga CMS ini bisa dikembangkan oleh siapa saja. Banyak sekali fitur menarik yang Joomla tawarkan, seperti support multibahasa, template unik yang bisa digunakan di setiap tipe halaman, dan lain sebagainya. Joomla menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya.

3. Drupal

Drupal bersifat open source, sehingga sampai saat ini sudah banyak pengembang dan komunitas yang ikut serta merawat dan mengembangkannya. Sama halnya dengan Joomla, CMS satu ini menggunakan lisensi GPL. Bahasa pemrograman yang digunakan oleh Drupal adalah PHP. Drupal bisa menggunakan beberapa pilihan database dengan jenis yang berbeda, seperti PostgreSQL, SQLite, MySQL, dan lain sebagainya.

4. Prestashop

Prestashop merupakan platform e-commerce yang digunakan untuk membuat situs toko online. CMS ini hadir dengan fitur-fitur menarik yang mudah digunakan. Prestashop berbasis open source yang bisa digunakan secara gratis dan bisa dikembangkan oleh siapa pun agar selalu update sesuai kebutuhan.

5. Magneto

Mirip dengan Prestashop, Magneto cocok digunakan untuk membuat website e-commerce atau toko online.  CMS ini bersifat open source yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP.

6. OpenCart

OpenCart khusus untuk kebutuhan e-commerce yang banyak digunakan oleh UKM atau personal yang ingin membangun toko online. Karena CMS ini khusus diciptakan untuk kebutuhan e-commerce, fitur yang ditawarkan pun sudah cukup lengkap.

7. Aura CMS

CMS yang satu ini merupakan hasil karya anak bangsa. Aura CMS berbasis PHP dan MySQL, berlisensi GPL. Aura cocok digunakan untuk mebangun website pribadi dan juga membangun website perusahaan.

8. Moodle

Berbeda dari yang lainnya, CMS ini digunakan untuk kebutuhan pembuatan aplikasi E-Learning. Moodle berbasis web yang mana setiap aktivitas pembelajaran terkait materi, diskusi, evaluasi, hingga tanya jawab dilakukan dengan menggunakan bantuan browser. Moodle sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap mulai dari forum, online test, dan masih banyak lagi.

9. CMS vBulletin

CMS yang satu ini merupakan software khusus untuk membuat forum diskusi online. CMS ini sudah dilengkapi dengan modul chat, private message, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Tips Membuat CV untuk Data Analyst yang Menarik Perusahaan Besar

(Visited 32 times, 1 visits today)