Memahami contoh deskripsi diri yang tepat, akan membantu seseorang dalam menjelaskan profil singkatnya. Hal ini akan bermanfaat untuk banyak hal, terutama saat mengisi halaman Curriculum Vitae (CV).

CV sendiri berguna untuk berbagai kegiatan. Seperti melamar pekerjaan, beasiswa, untuk pendidikan lanjut, dan banyak lagi hal lain yang membutuhkan CV.

Mendeskripsikan diri di dalam halaman CV penting untuk menarik perhatian yang melihatnya. Khususnya bagi para rekruter. Meski terkesan mudah, namun banyak yang masih kurang paham dalam melakukannya.

13 Contoh Deskripsi Diri untuk Referensi Dalam cv

1. Deskripsi Diri untuk Content Writer

Saya adalah seseorang yang memiliki kreatifitas dan sudah terbiasa dalam membuat konten berupa tulisan. Misalnya seperti artikel, caption di media sosial, dan deskripsi produk di marketplace.

Pengalaman bekerja saya di bidang tersebut sudah berjalan selama satu tahun dan berperan dalam membantu meningkatkan trafik situs web sebesar 40%. Skill kreatifitas yang saya miliki juga membantu saat melakukan kerja sama dengan tim. Saya bisa membantu menemukan ide-ide menarik bahkan solusi atas kendala yang terjadi.

2. Digital Marketing

Saya adalah seseorang yang mempunyai jiwa sosialisasi dan kemampuan adaptasi cukup bagus dengan lingkungan. Selama 6 bulan, sudah menjalani profesi sebagai seorang digital marketing.

Selama itu, saya sudah berhasil membantu perusahaan tempat saya bekerja untuk meningkatkan penjualan produk sebesar 5%. Berbekal kemampuan komunikasi yang saya miliki, target yang dibebankan kepada saya bisa tercapai.

3. Profesi Accounting Manager

Saya merupakan seorang accounting manager yang berpengalaman di bidang akuntansi, tepatnya pada industri food and beverage selama 3 tahun. Saya juga menguasai pengetahuan akuntansi secara umum, penggajian, pembukuan, hingga penganggaran.

Selain itu saya juga ahli dalam penerapan praktik serta prosedur proses auditing yang efisien dan inovatif untuk perusahaan.

4. Seorang Fresh Graduate

Saya merupakan fresh graduate lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan memiliki pengalaman kerja di bidang penulisan selama 3 tahun. Selain itu saya juga pernah menjadi guru kontrak di tingkat SMA untuk materi sastra Inggris.

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan Gaji yang Diharapkan Untuk Fresh Graduate

5. Deskripsi Diri untuk Pindah Jalur Karir

Saya adalah seorang profesional marketing berpengalaman di bidangnya selama 3 tahun. Berbekal pengalaman tersebut, saya memiliki keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Intensitas bertemu dengan klien yang sudah sering, membawa saya bisa memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. Sehingga bisa membantu memenuhi posisi yang dibutuhkan perusahaan saat ini.

6. Deskripsi Diri untuk Lulusan S2

Merupakan lulusan S2 Ilmu Komunikasi di Universitas Ternama. Saya juga memiliki pengalaman magang di salah satu perusahaan startup Indonesia.

Saya juga memiliki agensi jasa penulisan yang sudah berjalan selama 1 tahun bersama rekan-rekan saya. Selama satu tahun ini sudah ada 3 orang pegawai tetap yang bekerja bersama.

Selain itu saya juga memiliki jiwa kepemimpinan serta kerja sama yang baik. Saya pun juga terbiasa bernegosiasi dengan klien saat menawarkan jasa penulisan.

7. Customer Service

Saya merupakan seorang customer service profesional dengan pengalaman kerja lebih dari 4 tahun. Memiliki kemampuan interpersonal yang kuat karena mampu memecahkan permasalahan secara kreatif.

Selama bekerja pada bidang tersebut, saya mampu meningkatkan retensi pelanggan baru. Saya juga berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan sebesar 20%. Saat ini saya hendak mencari posisi kerja sebagai supervisor layanan pelanggan yang relevan dengan jenjang karir sebelumnya.

8. IT Support

Saya merupakan seorang profesional IT yang berpengalaman selama 10 tahun di bidangnya. Pengalaman kerja saya pernah menjadi spesialis dukungan perangkat lunak serta teknisi sistem maupun jaringan pada perusahaan teknologi.

9. Manajemen Bisnis

Saya merupakan seorang profesional dalam bisnis dan mempunyai pengalaman kerja selama 4 tahun pada bidang pengembangan bisnis. Saat ini saya menemukan peluang untuk bisa terjun langsung dalam dunia bisnis manajemen.

Orientasi saya adalah pada pertumbuhan bisnis perusahaan dengan memberikan strategi penjualan, riset pasar, evaluasi pertumbuhan dengan efisien dan tepat. Kemampuan problem solving yang saya miliki juga mampu meningkatkan angka kepuasan klien sampai 70% saat bekerja di perusahaan sebelumnya.

10. Project Manager

Memiliki pengalaman 3 tahun sebagai project manager di bidang produk. Saya sudah mengajukan banyak proyek untuk membantu meningkatkan pendapatan perusahaan. Pencapaian saya pernah meningkatkan pendapatan tahunan perusahaan sebelumnya sebanyak 20%.

11. Designer

Merupakan lulusan S1 Desain Grafis pada Universitas Ternama dan memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut selama 2 tahun lebih. Saya menguasai beberapa software desain grafis.

Seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Adobe Illustrator. Selain itu saya juga handal dalam bidang pembuatan storyboard, mock up, dan visual lainnya untuk kebutuhan marketing.

12. Deskripsi Sebagai HRD

Saya merupakan seorang lulusan S1 Psikologi Universitas Ternama dan sedang mencari kesempatan untuk menjadi staf HRD. Pengalaman saya pernah magang dan menjadi seorang pekerja freelance selama 1 tahun.

Memiliki keahlian dalam pemecahan masalah, berkolaborasi dengan tim, kemampuan berpikir kritis, empati tinggi, dan komunikasi yang baik.

13. Data Analyst

Merupakan seorang lulusan S1 Perpustakaan di Universitas Terbaik. Mempunyai pengalaman di bidang data selama 1 tahun dan saat ini sudah menemukan posisi sebagai analisis data.

Kelebihan yang saya miliki ialah teliti, terstruktur, dan cekatan dalam mengerjakan pekerjaan. Kemampuan tersebut saya terapkan saat bekerja di tempat sebelumnya.

Baca juga: Data Analytics Certification yang Paling Banyak Diminati

Nah, itulah beberapa contoh deskripsi diri yang bisa Anda gunakan untuk referensi penulisan dalam CV. Semoga bermanfaat dan bisa membantu dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan.


Klik dibawah ini untuk informasi tentang IT Training dan Info Loker seputar IT

Hubungi Kami

(Visited 1 times, 1 visits today)